Budidaya Ternak Lebah
Beekeeper atau dalam bahasa Indonesia, disebut sebagai peternak lebah, merupakan pekerjaan yang jarang ditemui di kota-kota besar.
Namun siapa sangka, menjadi seseorang yang membudidayakan ternak lebah, ternyata pekerjaan ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menarik tanpa harus memiliki keahlian khusus.
Apa itu Lebah Madu
Lebah madu adalah serangga sosial yang hidup dalam suatu keluarga besar yang disebut koloni, yang mendiami satu sarang lebah. Hal ini berbeda dengan pola hidup kebanyakan spesies serangga yang bersifat soliter (senang menyendiri). Lebah madu merupakan serangga sosial yang paling banyak diketahui dan menjadi perhatian para peneliti. Di dalam satu koloni terdapat seekor lebah ratu (queen) sebagai pemimpin koloni, ratusan lebah jantan (drone) dan puluhan ribu lebah pekerja (worker). Biasanya koloni lebah terdiri dari seekor ratu, 20.000 – 30.000 lebah pekerja dan ratusan lebah jantan. Selain itu, di dalam sebuah koloni juga terdapat telur, larva dan pupa.
Di dalam koloni lebah, terdapat lebah-lebah yang dikategorikan menjadi 3:
1. Lebah Ratu (Queen)
Di dalam satu koloni lebah hanya terdapat seekor ratu, badannya paling besar dalam koloni. Lebah ratu berasal dari sel telur yang dibuahi. Ovariumnya berkembang sempurna dan mampu menghasilkan telur yang nantinya menetas menjadi calon ratu, lebah pekerja dan lebah jantan.
2. Lebah Jantan (Drone)
Lebah jantan merupakan anggota koloni dari kehidupan sosial lebah madu yang berasal dari telur-telur yang tidak dibuahi (unfertilized). Jumlahnya dalam koloni berkisar dari beberapa puluh sampai beberapa ratus ekor. Ukuran tubuh lebah jantan lebih besar dari lebah pekerja, tetapi lebih kecil dari lebah ratu. Fungsi lebah jantan dalam koloni sepanjang hidupnya adalah sebagai lebah pemacek, yakni mengawini ratu muda. Seekor lebah jantan hanya dapat kawin sekali selama hidupnya, karena setelah berhasil mengawini ratu, lebah ini akan mati.
3. Lebah Pekerja (Worker)
Lebah pekerja merupakan kelompok yang jumlahnya paling besar dalam koloni. Sama halnya dengan lebah ratu, lebah pekerja juga berasal dari sel telur yang dibuahi. Dalam satu koloni lebah madu A. cerana jumlahnya bisa mencapai 30.000 ekor dan 60.000 ekor pada koloni A. mellifera. Lebah pekerja adalah lebah betina yang organ reproduksinya tidak berkembang sempurna dan tidak dapat menghasilkan telur pada kondisi normal.
Keuntungan Budidaya Lebah
1. Madu 100% Murni
Madu yang kamu peroleh dari hasil budidaya sendiri kemurniannya terjamin 100% tanpa adanya campuran bahan lainnya.
Tentunya madu ini jauh lebih berkhasiat dibanding madu campuran.
2. Biaya Hemat
Budidaya serangga yang satu ini terbilang murah dibanding budidaya lainnya.
Kamu tak perlu menyediakan anggaran khusus untuk pakan, karena lebah bisa mencari makanannya sendiri.
3. Tak Perlu Proses Perkawinan
Selama proses budidaya, kamu juga tak perlu melakukan proses perkawinan lebah untuk meningkatkan jumlahnya.
Lebah akan melakukan proses perkawinan secara alami dengan caranya sendiri.
4. Harga Jual Tinggi
Hasil panen dari budidaya ini sangat menjanjikan, sebab harga jual madu berkisar pada Rp80 – Rp90 ribu per kilogram.
Budidaya sekala besar sendiri bisa menghasilkan 100 kilogram madu sekali panen.