Super, Sports & Hypercar
Ada begitu banyak pilihan model mobil, mulai dari sedan, MPV/mobil keluarga, SUV hingga pick-up. Semua dibuat berdasarkan kebutuhan konsumen akan sebuah alat transportasi.
Namun selain model tersebut di atas, ada pula pilihan mobi yang dibuat berdasarkan performanya. Mobil tersebut kerap disebut sebagai sportscar, supercar hingga hypercar.
Bagi sebagian orang, istilah 'sportcar, supercar, hypercar' mungkin tidak terlalu asing didengar. Ketiga istilah ini digunakan untuk menggambarkan mobil mahal dengan performa yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
Untuk membedakan sportcar, supercar, dan hypercar, sebenarnya bisa dilihat melalui kecepatannya, kekuatan mesin, teknologi, harga, desain, dan jumlah yang diproduksi.
Meski begitu, ketiga istilah tersebut mempresentasikan definisi mobil yang berbeda. Supaya kamu lebih tau, berikut ini ulasan tentang perbedaan sportcar, supercar, dan hypercar, yang dirangkum dari berbagai sumber:
Sportscar
Awalnya dibuat untuk mobil dengan mengutamakan performa, handling serta aspek fun to drive lebih optimal. Jika dilihat desainnya, sportscar umumnya memiliki dimensi lebih kompak, sleek (pipih) dan berpintu dua. Namun pada perkembangannya, dikenal pula dengan sebutan sport sedan untuk mengakomodir sedan 4 pintu dengan performa layaknya sebuah sportscar.
Meski lebih ngebut dari mobil penumpang biasa, ini masih di kelas entry level mobil performa. Sportscar bisa empat atau dua pintu, seperti Dodge Challenger, Ford Mustang, Mazda Miata, Chevrolet Corvette, Toyota Supra, atau Porsche 911.
Nah soal performanya, rata-rata mobil yang masuk kategori sportscar maksimal mentok di angka 500 dk. Jenis ini juga bisa bermesin depan, tengah atau belakang. Begitu juga penggeraknya, bisa belakang, 4-roda, atau depan yang bisa dibilang jarang.
Supercar
Seperti namanya, mobil jenis ini dirancang dengan performa super, baik dari teknologi yang digunakan, desain, mesin, hingga harga yang fantastis. Supercar memiliki tampilan khusus dengan desain bodi bongsor, lebar, dan memiliki Ground Clearance rendah.
Tenaga mesinnya berkisar dari 500 hingga 700 HP dengan akselerasi dari 0-100 kilometer per jam. Supercar diproduksi secara terbatas dan para pemesan bisa memilih interior maupun eksterior kendaraan ini. Mobil supercar umumnya menerapkan Mid-Engine (posisi mesin di tengah) dipadu dengan mode penggerak AWD atau RWD yang merupakan roda belakang atau empat, dan bisa dipastikan bukan penggerak roda depan.
Dodge Viper, McLaren 720S, Porsche 911 Turbo, Corvette Z06, Audi R8, Ferrari 488 GTB, Lamborghini Huracan, adalah contoh beberapa jenis supercar.
Muscle Car
Nah, selain mobil mewah sportcar, supercar, dan hypercar, ada juga jenis mobil Muscle Car. Performa mobil satu ini jauh melampaui supercar karena dirancang dengan mesin tipe V8 ukuran besar. Muscle car memiliki mesin super cepat dengan mesin lebih bertenaga dibandingkan supercar.
Desain bodi muscle car dominan berbentuk kotak untuk menambah kesan klasik tapi tetap macho. Beberapa jenis muscle car di antaranya Dodge Challenger SRT Hellcat 2017, Dodge Charger SRT Hellcat 2017, Chevrolet Camaro ZL1 2017, Shelby GT500 2013, dan Equus Bass 770 2015.