Fakta Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll mungkin paling terkenal karena bulu berwarna putih yang halus dan mata biru yang cerah.
Kucing ragdoll dikenal sebagai kucing yang memiliki bulu panjang berwarna putih dengan motif abu disekitar mulut dan mata biru. Selain itu, kucing ragdoll merupakan jenis kucing ras yang memiliki usia lebih panjang dibandingkan jenis kucing lain. Hal yang paling menarik, kucing ragdoll menyukai air sehingga waktu mandi akan lebih menyenangkan.
Berikut ini fakta kucing ragdoll:
1. Patuh dan kalem
Meskipun tetap aktif bila diajak bermain, kucing ras ini pada umumnya kalem, patuh, dan dikenal tak banyak suara atau mengeong. Namun, kecenderungan ini memunculkan beberapa pemahaman keliru bahwa mereka tahan rasa sakit. Sama seperti hewan lainnya, kucing Ragdoll tetap bisa merasakan sakit.
2. Suhu Dapat Menentukan Warna Bulu Ragdoll
Bukan hanya genetika yang berkontribusi pada warna bulu Ragdoll. Biasanya, warna bulu kucing tertentukan oleh beberapa set gen, sedangkan pola pada bulunya tertentukan oleh gen pengubah. Seperti kucing Siam, Ragdolls memiliki gen pengubah khusus yang mencegah pigmen berkembang pada bulu dan menyebabkan albinisme. Namun, pengubah itu hanya dapat memengaruhi pigmentasi bulu kucing pada suhu antara 37 dan 39 derajat celsius. Atau saat kucing desang ada dalam kandungan ibunya atau terpapar suhu yang sangat hangat. Ketika tubuh Ragdoll turun di bawah 37 derajat celsius, gen warna bulunya kembali aktif dan mampu mengirimkan pigmen ke bulunya. Karena tubuh kucing biasanya memiliki suhu yang lebih rendah pada sekitar hidung, telinga, kaki, dan ekornya, dalam sanalah pigmen biasanya berada. Kebanyakan Ragdoll terlahir sepenuhnya putih dan mengembangkan tanda mereka selama beberapa minggu pertama kehidupan. Karena mereka tidak lagi terpapar kehangatan rahim ibu mereka.
3. Ragdoll Menyukai Air
Banyak jenis kucing yang tidak menyukai air. Namun, kondisi ini berbeda dengan kucing Ragdoll. Kucing Ragdoll menjadi salah satu jenis kucing yang menyukai air. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah memandikan kucing Ragdoll. Waktu mandi menjadi salah satu waktu yang menyenangkan bagi kucing Ragdoll. Jadi, pastikan kamu memandikan kucing Ragdoll dengan tepat. Perhatikan air yang kamu gunakan untuk memandikan kucing jangan terlalu panas dan dingin. Kamu juga wajib menggunakan sampo khusus kucing. Setelah semuanya bersih, bilas seluruh tubuh kucing. Pastikan jangan ada sabun yang tersisa.
4. Memiliki Usia Lebih Panjang
Kucing Ragdoll menjadi salah satu jenis kucing yang memiliki usia cukup panjang dibandingkan jenis kucing lainnya. Umumnya, kucing Ragdoll memiliki usia 15-20 tahun. Usia kucing Ragdoll semakin panjang ketika kucing lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Berada di dalam ruangan menurunkan risiko paparan penyakit dari luar yang memicu gangguan kesehatan pada kucing Ragdoll.
5. Ragdolls Adalah Salah Satu Ras Kucing Terbesar
Seperti Maine Coons, Ragdolls adalah kucing yang cukup besar. Laki-laki bisa mencapai 9 kilogram, sementara perempuan bisa mencapai sampai 7 kilogram. Tapi jangan biarkan ukuran mereka yang besar meragukan Anda. Ragdoll sangatlah penyayang, lucu, dan sangat suka kalau Anda gendong. Itu sama-sama menguntungkan untuk Anda yang akan mendapatkan latihan lengan dan pelukan dengan kucing manis Anda.
6. Lemas saat digendong
Kebanyakan kucing Ragdoll akan melumpuh saat digendong, layaknya pasrah dan tidak berdaya. Diduga kebiasaan ini diturunkan secara genetik dari induk pertama Ragdoll yang pernah tertabrak mobil.
7. Memiliki Karakter Seperti Anak Anjing
Kucing Ragdoll memiliki julukan kucing “puppy like”. Hal ini disebabkan kucing Ragdoll memiliki karakter serupa dengan anak anjing. Kucing Ragdoll terlihat nyaman berada di dekat dengan pemiliknya. Kucing Ragdoll senang menunggu pemiliknya pulang di depan pintu, mengikuti, duduk berdekatan, hingga tidur bersama pemiliknya. Inilah alasan yang membuat kucing ragdoll disebut mirip seperti anak anjing.
8. Seekor Ragdoll Memegang Rekor Dunia sebagai Kucing Janus Tertua
Kucing Janus, atau kucing yang lahir dengan dua wajah, tersebabkan oleh cacat bawaan yang sangat langka yang orang sebut diprosopia. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, rekor kucing Janus tertua pada dunia terpegang oleh Ragdolls bernama Frankie dan Louie, atau orang kenal sebagai Frankenlouie. Frank dan Louie, yang hidup sampai usia 15 tahun, memiliki satu otak, dua mata (mata tengah tidak berfungsi), dua hidung, dan dua mulut. Pemiliknya menyelamatkannya dan membantunya agar hidup panjang, bahagia, dan sehat.
Nah itulah 8 fakta menarik tentang kucing ragdoll. Semoga bermanfaat!