Gurun Pasir Putih Farafra
Gurun pasir di Afrika biasanya berwarna kuning lembut. Gurun Farafra di Mesir ini berwarna putih cemerlang, seputih salju.
Taman Nasional Gurun Putih atau White Desert National Park terletak kawasan Farafra yang punya landskap seperti berada di dunia lain. Jika dari kota metropolitan Kairo perlu beberapa jam perjalanan untuk bisa sampai ke kawasan gurun pasir putih. Adanya gurun pasir putih tersebut terbentuk akibat proses erosi dan badai pasir yang terjadi selama berabad-abad lamanya. Cuaca yang ekstrem yang berlangsung lama tersebut menghasilkan formasi batuan kalsium dengan bentuk yang unik. Jika dilihat secara keseluruhan lanskap di kawasan ini, seperti patung-patung besar dengan bentuk abstrak. Pasir putihnya juga terlihat seperti salju yang tengah membeku di kawasan gurun, dan formasi yang paling terkenal adalah Crystal Mountain.
Mengutip penjelasan dari situs resmi Egypt Tourism, bebatuan kapur yang berwarna putih di sini dipahat oleh erosi dan badai pasir selama berabad-abad, sehingga bentuknya sangat memukau. Banyak orang memilih untuk menghabiskan malam dengan berkemah di Gurun Putih. Biasanya agen tur wisata sekaligus mengajak wisatawan trekking untuk mengenal lebih dekat suku badui yang bermukim di sini. Tapi Gurun Putih tetap bisa dikunjungi dalam sehari. Saat datang turis bisa menuju dataran tinggi Twin Peaks untuk melihat lanskap Gurun Putih dari ketinggian. Pemandangan senja di Gurun Putih sangatlah memukau. Sinar matahari yang berwarna oranye bakal menerpa bebatuan dan memantulkan bayangan yang sempurna untuk fotografi. Rasanya seperti dalam lokasi syuting film 'Star Wars'.Menjelang malam, wisatawan bisa melihat pemandangan langit penuh bintang dengan jelas di sini, karena kawasan ini cukup terbebas polusi cahaya.
Warna putih di Gurun Farafra ini berasal dari kapur. Batu-batu kapur yang lapuk terkena cuaca berubah menjadi pasir halus yang berwarna putih. Gurun berpasir putih ini dikenal juga dengan nama Sahara el Beyda, yang artinya gurun putih. Sebagian batu kapur itu masih berdiri tegak. Bentuknya banyak yang unik. Ada yang berbentuk seperti jamur putih raksasa, menara, dan istana. Tanah di gurun putih ini tidak subur. Hampir tidak ada tanaman pangan yang tumbuh di gurun ini. Itu sebabnya tidak banyak orang yang menghuni gurun ini. Sebagian besar tinggal di Kota Farafra, satu-satunya kota yang berada di gurun itu. Sesekali terlihat orang-orang nomaden tinggal sementara di gurun ini.
Fenomena gurun putih ini ada di Negara Mesir, sekitar 505 kilometer sebelah barat daya Kairo dengan waktu tempuh sekitar enam jam. Gurun ini merupakan obyek wisata terkenal di Mesir selain piramida. Kota terdekat dari gurun putih adalah Farafra. Taman Nasional Gurun Putih menyajikan fenomena alam yang luar biasa. Tak hanya itu, taman nasional seluas sekitar 300 kilometer persegi ini juga menampilkan keunikan lain berupa formasi batuan kapur berwarna putih. Fenomena ini semakin sempurna karena justru angin yang bisa mengukir batu kapur itu. Embusan angin selama bertahun-tahun mampu mengukur bentuk formasi batu kapur yang ada di Gurun Putih ini. Hal itu membuat batu kapur memiliki bentuk unik. Beberapa di antaranya berbentuk seperti jamur atau es krim putih. Biasanya pengunjung berkeliling untuk menikmati keunikan gurun ini dengan safari menggunakan mobil.Berada di antara pasir putih dengan ukiran agung batuan kapur sekitarnya membuat siapa pun seolah merasa seperti berada di planet lain.
Demikian informasi mengenai gurun pasir putih farafra. Semoga bermanfaat!