Ciri-Ciri Rawa
Rawa- rawa disebut juga dengan rawa adalah daerah rendah yang tergenang air.
Rawa adalah lahan genangan air secara alamiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi, dan biologis. Di Indonesia, rawa biasanya terdapat di hutan. Umumnya, rawa dibedakan menjadi dua kelompok utama; rawa air tawar yang dapat ditemukan di pedalaman hutan, dan rawa air asin yang berada di sepanjang wilayah pantai. Dikutip dari Dinamika Hidrosfer (2018), rawa adalah dataran bertanah basah yang selalu digenangi air secara alami. Genangan itu disebabkan oleh sistem drainase (pelepasan air) yang sangat buruk dan letaknya lebih rendah dari daerah di sekelilingnya. Rawa biasanya berada di sekitar sungai atau muara sungai yang cukup besar.
Definisi yang lain dari rawa adalah semua macam tanah berlumpur yang terbuat secara alami, atau buatan manusia dengan mencampurkan air tawar dan air laut, secara permanen atau sementara, termasuk daerah laut yang dalam airnya kurang dari 6 m pada saat air surut yakni rawa dan tanah pasang surut. Rawa-rawa yang memiliki penuh nutrisi adalah gudang harta ekologis untuk kehidupan berbagai macam makhluk hidup. Rawa-rawa juga disebut "pembersih alamiah", karena rawa-rawa itu berfungsi untuk mencegah polusi atau pencemaran lingkungan alam. Dengan alasan itu, rawa-rawa memiliki nilai tinggi dalam segi ekonomi, budaya, lingkungan hidup dan lain-lain, sehingga lingkungan rawa harus tetap dijaga kelestariannya.
Rawa juga menjadi salah satu sumber air yang bisa bermanfaat bagi makhluk hidup di sekitarnya. Selain itu, air pada rawa juga mengandung tanah gambut yang memiliki tekstur basah dan lembek. Rawa biasanya dijadikan tempat hidup beberapa tumbuhan air dan tempat berkembangnya hewan. Tumbuhan yang hidup di rawa memiliki ciri khusus, seperti semanggi, enceng gondok, dan bakau. Sedangkan hewan yang biasanya hidup di rawa di antaranya adalah katak, ikan, aligator, dan masih banyak lagi.
Rawa ini mempunyai beberapa ciri khusus. Beberapa ciri khusus dari rawa antara lain:
1. Dilihat dari segi air, rawa memiliki air yang asam dan berwarna coklat, bahkan sampai kehitam- hitaman.
2. Berdasarkan tempatnya, rawa- rawa ada yang terdapat di area pedalaman daratan, namun banyak pula yang terdapat di sekitar pantai.
3. Air rawa yang berada di sekitar pantai sangat dipengaruhi oleh pasang surutnya iar laut.
4. Ketika air laut sedang pasang, maka permukaan rawa akan tergenang banyak, sementara ketika air laut surut, daerah ini akan nampak kering bahkan tidak ada air sama sekali.
5. Rawa yang berada di tepian pantai banyak ditumbuhi oleh pohon- pohon bakau, sementara rawa yang berada di pedalaman banyak ditumbuhi oleh pohon- pohon palem atau nipah.
Itulah penjelasan mengenai rawa dan ciri-ciri nya. Semoga bermanfaat!