Manfaat Lidah Buaya
Lidah buaya adalah salah satu spesies dari tanaman aloe yang dapat tumbuh di mana saja, seperti pot kecil atau di pekarangan rumah. Selain daun mint, bengkuang, dan lidah buaya adalah salah satu nama tumbuhan yang sering kita temukan sebagai salah satu bahan baku produk skin care dalam bentuk gel ataupun masker.
Masker dan gel dari bahan alami ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Manfaat tersebut tentu tak lepas dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Aloe vera gel atau masker bisa diaplikasikan langsung pada kulit atau rambut. Produk ini juga bisa dimasukkan ke dalam campuran masker atau scrub dan sangat kaya akan vitamin A, C, E, dan B12.
Inilah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahan tanaman lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit.
- Mengatasi kulit kering
Aloe vera adalah solusi terbaik untuk mengatasi kulit kering. Tanaman serbaguna ini mengandung 98% air yang membantu melembabkan, menenangkan, dan melembabkan kulit. Olahan aloe vera dapat terserap dengan mudah dikulit. Ini membuat aloe vera bisa dijadikan pelembap alami kulit. Selain itu, aloe vera gel juga bisa menyerap kelebihan minyak di kulit.
- Melembapkan kulit
Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E pada masker lidah buaya dipercaya dapat melembapkan dan menghidrasi kulit yang kering. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga diyakini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas.
Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga bisa menggunakan pelembap kulit dengan kandungan lidah buaya setelah mandi.
- Mengobati jerawat
Lidah buaya mengandung asam salisilat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengobati jerawat yang meradang. Manfaat masker lidah buaya akan lebih efektif jika digunakan pada pagi dan malam hari.
Namun, sebelum menggunakan masker lidah buaya ke jerawat yang meradang, cobalah terlebih dahulu masker tersebut pada kulit tanganmu. Hal ini karena pada kasus yang jarang terjadi, penggunaan masker lidah buaya justru dapat memperburuk kondisi kulit yang meradang.
- Cegah penuaan dini
Menggunakan aloe vera gel bisa membantu mencegah timbulnya tanda penuaan dini. Sifat antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Aloe vera gel juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.
- Cegah rambut rontok
Aloe vera gel membantu memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala. Gel ini bisa membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan. Aloe vera memiliki bahan kimia yang serupa dengan keratin yang bisa meremajakan rambut.
- Menenangkan kulit kepala yang gatal
Aloe vera gel bisa digunakan untuk mengurangi gatal di kepala. Gatal di kulit kepala bisa disebabkan oleh ketombe atau dermatitis seboroik. Asam lemak yang ditemukan di tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat mengurangi peradangan dan rasa gatal yang mengganggu.
- Membersihkan rambut berminyak
Lidah buaya membersihkan folikel rambut secara efisien. Aloe vera gel menghilangkan kelebihan sebum (minyak) dan residu dari produk rambut lainnya. Tidak seperti bahan kimia lain pada produk rambut lainnya, lidah buaya aman digunakan dan tidak membahayakan helai rambut.
Menggunakan lidah buaya adalah tepat untuk mendapatkan rambut yang terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut.
- Memperkuat dan memperbaiki helai rambut
Aloe vera mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi pada pergantian sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan rambut berkilau. Vitamin B-12 dan asam folat dalam aloe vera gel dapat mencegah rambut rontok.
Kandungan vitamin dalam lidah buaya juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari pada rambut.
- Meningkatkan pertumbuhan rambut
Memberi pijatan dengan lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Aliran darah ke kulit kepala akan meningkat membuat kerusakan dan kerontokan rambut melambat. Lidah buaya juga dipercaya menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat.
Begitulah, kulit dan rambut kita memang membutuhkan asupan vitamin E yang cukup agar tetap terjaga. Oleh sebab itu, penggunaan tanaman lidah buaya yang kaya akan vitamin E, A dan C, bisa memberikan manfaat dan dampak yang cukup signifikan. Rawatlah kulit dan rambutmu sejak saat ini agar tidak menyesalinya di kemudian hari.