Manfaat Membersihkan Wajah
Wajah merupakan bagian tubuh yang paling mudah terkena berbagai jenis kotoran dan polusi. Hal tersebutlah yang membuat wajah mudah berjerawat atau kusam.
Terkadang, padatnya aktivitas dan tubuh yang terlalu lelah membuat Anda melewatkan tahap membersihkan wajah alias cuci muka. Apakah kebiasaan ini buruk? Bisa jadi tidak bagi mereka yang kurang menyayangi kulitnya, tapi tentu saja hal ini menjadi kebiasaan buruk bagi mereka yang menyayangi kulitnya. Di bawah ini akan kita ulas manfaat dari mencuci wajah.
1.Membersihkan wajah malam hari membuat produk anti aging bekerja
Sekadar informasi, aliran darah nokturnal di kulit lebih tinggi. Ketika aliran darah meningkat, begitu juga penyerapan dan penetrasi kandungan skin care. Jadi, jika tidak mencuci wajah, Anda tidak dapat menerapkan kandungan perawatan kulit yang akan membantu melawan penuaan, jerawat, dan berbagai masalah kulit. Itu sama saja dengan Anda melewatkan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baik untuk kulit dan bangun tidur dengan kulit yang lebih halus, lembut, dan bersih.
2.Kulit menjadi halus
Pembersih bisa menjadi penyebab kulit mengelupas. Pembersih juga benar-benar akan menghilangkan minyak alami kulitmu, membuat kulitmu kering dan gatal.
Jika Anda menyadari bahwa kulitmu terasa kencang atau terlihat kemerahan, Anda ingin menyisihkan pembersih untuk sementara waktu dan menggunakan air saja.
3.Lebih sedikit jerawat
Anda mungkin berpikir pembersih membantumu mengurangi minyak di wajahmu, menariknya justru sebaliknya.
Saat kulitmu mengalami dehidrasi, secara otomatis akan menghasilkan lebih banyak minyak. Akibatnya, kulitmu pecah-pecah dan pori-pori membesar.
Sebaliknya, air dingin dikatakan bisa mengurangi produksi sebum (minyak) dan bahkan mengurangi peradangan.
4.Kulit terlihat lebih muda
Air dingin mengencangkan kulitmu dan memperlambat proses penuaan. Pastikan Anda tidak menggunakan air panas karena bisa merusak kulit dan menyebabkan lebih banyak masalah.
Sabun dan pembersih yang umumnya bersifat basa (pH antara 9-11) mengikis kulitmu dan menyebabkan hilangnya elastisitas. Pada akhirnya, Anda berakhir dengan kerutan.
5.Tidak mendapatkan reaksi alergi
Tentu sulit untuk menemukan pembersih yang tepat untuk kulit sensitif dan rentan alergi. Sayangnya, hanya ada satu cara untuk mengetahui apakah itu cocok untukmu, ujilah terlebih dahulu pada kulitmu.
Beberapa pembersih bisa menyebabkan luka bakar kimia dan reaksi alergi, dan Anda mungkin tidak segera mengalami reaksi, itu terjadi seiring waktu.
5.Kulitmu pecah-pecah
Riasan dan produk kecantikan lainnya bisa berdampak negatif pada kulitmu dan memperburuk kondisi yang ada.
Saat Anda beralih ke air, Anda membiarkan kulitmu beristirahat dan melakukan tugasnya tanpa bantuan eksternal dari krim atau pelembab.
6.Mengecilkan Pori
Melewatkan pembersih wajah pada malam hari dapat memperbesar pori. Anda perlu menyadari, sebum atau minyak berlebih, sel kulit mati, dan polusi sudah menempel di wajah setelah seharian beraktivitas. Belum lagi makeup. Pembersih akan mengemulsi semua ini dan menghilangkannya dari permukaan kulit. Ketika makeup dibiarkan begitu saja, produk ini akan meresap jauh ke dalam kulit, sehingga menyumbat pori-pori. Dennis juga menambahkan, saat kadar kolagen mulai menurun karena penuaan, pori-pori tidak mudah kembali begitu membesar. Hal yang paling buruk dalam membiarkan makeup dapat menyebabkan peradangan yang dapat merusak kolagen.
Itulah manfaat dari membersihkan wajah yang bisa kalian dapatkan jika dilakukan secara rutin.Semoga bermanfaat.