Cara Bermain Saxophone
Saxophone merupakan alat musik tiup yang membutuhkan tenaga untuk membunyikannya. Memang untuk bermain saxophone, Anda harus tahu cara-caranya. Jika tidak saxophone yang Anda tiup tidak akan berbunyi indah atau bahkan tidak ada iramanya sama sekali.
Saxophone sendiri ditemukan oleh Adolphe Sax. Pada tanggal 20 Maret 1846, saxophone oleh Adolphe didaftarkan hak patennya. Saat dikenalkan ke masyarakat jenis saxophone yang dikenalkan adalah saxophone dengan jenis C bass. Yang memperkenalkan saxophone ini adalah Hector Belioz. Di Indonesia sendiri saxophone digunakan untuk aliran musik Ska.
Band tipe-x merupakan salah satu band yang mengusung aliran Ska ini. Jika Anda mendengarkan setiap lagu Tipe-x, alunan saxophone sangat terdengar jelas. Bagi Anda yang ingin belajar saxophone, simak cara memainkan saxophone.
Tips dan Teknik Dasar agar Cepat Belajar Saxophone Otodidak
1.Teknik Memegang Saxophone.
Posisi tangan dalam memegang saxophone mesti benar – benar berada pada posisi yang tepat, supaya anda bisa lebih leluasa mencapai kunci nada ketika memainkan alat musik saxophone . Posisi jari tengah, jari telunjuk, dan jari manis, baik tangan kiri ataupun tangan kanan mesti tepat berada pada unsur permukaan katup nada.
2.Pernapasan Saxophone Yang Baik.
Seperti dalam pembelajaran sebelumnya, saya mengingatkan bahwa pernapasan yang baik tersebut menggunakan diafragmatis. Hal ini disebabkan volume udara yang didapatkan dapat lebih banyak dan kuat dikomparasikan dengan teknik pernapasan paru – paru. Hal ini bisa dikatakan hal yang sangat vital ketika kalian ingin bermain alat musik saxophone. Karena alat musik ini mengandalkan pernapasan yang baik agar suara yang dihasilkan dari alat musik ini bisa menghasilkan suara yang enak didengar.
3.Posisi Bermain Saxophone.
Tidak terdapat larangan dalam posisi bermain saxophone, namun usahakan kamu tidak terlampau tegang dan bersikap santai ketika bermain perangkat musik saxophone. Posisi bermain alat musik saxophone tidak harus berdiri atau duduk. Tapi coba lah bermain dengan rileks dan tenang agar anda tetap berkonsentrasi memainkannya.
4.Embouchure
Untuk bisa meniup saxophone dengan baik tentunya Anda harus memahami teknik dasarnya terlebih dahulu. Teknik dasar ini akan menggambarkan bagaimana formasi dari bibir, gigi, rahang dan juga otot yang ada di sekitar mulut Anda ketika Anda akan meniup saxophone. Formasi bibir, gigi, rahang dan juga otot sekitar mulut secara alamiah memang akan mampu menghasilkan suara yang baik. Namun untuk bisa menghasilkan suara yang indah diperlukan formasi yang tepat. Formasi yang kurang tepat dalam meniup saxophone ini adalah bibir bagian bawah terlalu menempel di gigi. Kesalahan kedua adalah jangan biarkan bibir bawah terlalu menekan mouthpiece. Cara meniup saxophone yang benar adalah tetap menyentuh bagian peniup saxophone atau reed namun jangan terlalu menempel.
5.Perhatikan Teknik Untuk Lidah
Selain mulut, kini Anda harus memperhatikan untuk bagian lidah. Lidah juga termasuk dalam teknik dasar bermain saxophone. Lidah berperan dalam pemberian aksen untuk mampu memberikan suara melalui mouthpiece. Jika mouthpiece diberikan udara maka suara pun akan keluar. Untuk bisa meniup saxophone dengan benar dan indah, Anda bisa meletakkan ujung lidah di bagian ujung reed. Ketika bagian ujung reed dan ujung lidah bertemu, cobalah untuk mengeluarkan kata “dah”.
Itulah tips dan trik cara bermain saxophone bagi pemula.Semoga bermanfaat.