Fakta Unik Angsa
Angsa termasuk salah satu hewan cantik yang juga menjadi simbol kesetiaan. Angsa ini didaulat sebagai hewan paling setia karena hanya memiliki satu pasangan dalam seumur hidupnya. Di balik sifat setia dan tubuh cantiknya angsa ini punya fakta lain yang gak kalah menarik nih buat diketahui bersama.
Mungkin banyak diantara kamu yang masih bingung membedakan antara angsa, bebek, itik, dan entok. 4 hewan tersebut memang memiliki ciri fisik yang hampir sama karena masih dalam satu kerabat. Angsa memiliki kemampuan terbang paling baik diantara yang lain.
Hewan yang memiliki nama ilmiah cygini ini di kenal sebagai lambang kesetiaan dan cinta karena ketika sepasang angsa yang sedang berciuman leher mereka akan membentuk seperti hati.Kali ini kita akan membahasa fakta-fakta menarik tentang hewan ini.
1.Angsa adalah unggas yang paling galak
Jangan sekali kali kamu mendekat dengan hewan yang satu ini apa lagi ketika dia sedang bersama anak-anaknya. Angsa tak akan segan - segan menyerang makhluk lain yang baginya terlihat mengancam.
2.Hewan yang cepat belajar
Bayi angsa kanada sangat mudah diajari. Mereka cenderung mengikuti apa saja yang bergerak, dari hewan hingga manusia, karena mengira bahwa itu adalah induk mereka.
Tingginya rasa ingin tahu ini membuat bayi angsa kanada dapat berenang hanya dalam waktu 24 jam setelah mereka menetas. Pada usia hanya satu hari, anak angsa bisa menyelam 9 sampai 12 meter di bawah air.
Anak angsa akan belajar cara terbang saat mereka berusia dua atau tiga bulan. Anak-anak angsa akan tinggal bersama induk hingga berusia sekitar satu tahun dan ikut bermigrasi. Saat anak angsa sudah mandiri, mereka akan membentuk kelompok dengan angsa muda lainnya.
3.Merupakan hewan yang setia
Angsa kanada baru akan mencari pasangan ketika mereka telah mencapai usia dua atau tiga tahun. Saat mencari pasangan, angsa menggunakan assortative mating, artinya mereka mencari angsa yang berukuran sama dengan dirinya.
Angsa kanada menghabiskan hidup dengan satu pasangan, yang bisa berlangsung dari 10 hingga 25 tahun. Saat pasangannya mati, angsa yang masih hidup akan mencoba mencari yang baru.
4.Terdapat sekitar 25.000 helai bulu dalam tubuh angsa
Tampil cantik dengan bulu putih yang menutupi sekujur tubuhnya, angsa menjadi salah satu hewan dengan bulu terbanyak. Sepanjang tubuh angsa ditutupi oleh sekitar 25.000 helai bulu. Kalau bulu ini dijadikan bola peluncur untuk bermain badminton.
5.Sayap angsa memiliki lebar 2 meter
Angsa bisa terbang dengan mudah dan gesit karena punya sayap lebar. Sayap mereka bisa berkembang hingga ukuran dua meter. Tak heran jika angsa menjadi burung terkuat dengan profil tubuhnya yang mendukung.
Angsa yang selama ini terlihat cantik ternyata tak selemah yang kita bayangkan.
6.Status konservasi
Jumlah angsa kanada terus mengalami peningkatan antara tahun 1966 dan 2015. Total populasi di Amerika Utara pada tahun 2015 adalah antara 4,2 juta hingga 5,6 juta.
Padang rumput, lapangan golf, dan taman menawarkan angsa kanada habitat yang dapat diandalkan. Jumlah angsa kanada di beberapa tempat tergolong sangat banyak sehingga beberapa komunitas mulai mempertimbangkan angsa kanada sebagai hama.
Ini karena angsa kanada memakan banyak rumput, mengotori halaman, atau bahkan mengganggu aktivitas sekitar bandara. Sekitar 2,6 juta angsa kanada juga mati karena diburu di Amerika Utara, tetapi ini tampaknya tidak mempengaruhi jumlahnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa populasi angsa kanada berada dalam jumlah aman dan tidak terancam.
Itulah beberapa fakta menarik dan unik dari hewan cantik ini.Semoga dapat menambah pengetahuan kalian.