Jenis-Jenis Mangga
Ternyata, ada banyak jenis buah mangga yang dijual di pasaran. Agar tak bingung saat memilih, mari cari tahu perbedaannya! Buah yang punya banyak penggemar ini memang selalu mengundang selera orang untuk menyantapnya.
Apalagi di dalam buah dengan daging berwarna kuning ini mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk tubuh serta memperlancar proses pencernaan. Jenis mangga sangat beragam, mulai dari yang manis, sedikit asam, bertekstur lembut, sampai yang mempunyai serat.
Jenis Buah Mangga
1. Mangga Harum Manis
Jenis ini mempunyai rasa yang manis dengan aroma yang harum, sesuai dengan namanya.
Tidak heran itu mengapa jenis harum manis adalah salah satu yang paling banyak diincar masyarakat.
Ini memiliki bentuk yang lonjong dan ujungnya runcing. Dagingnya empuk dan sangat lembut ketika disantap.
Di beberapa daerah di Indonesia, jenis harum manis sering disebut juga dengan mangga gadung.
2. Mangga Gedong
Mangga Gedong Gincu merupakan salah satu mangga yang memiliki banyak penggemar, tidak heran karena ketika mangga ini matang rasanya sangat manis sehingga sangat nikmat untuk dimakan secara langsung ataupun dijadikan olahan lainnya. Ukurannya tidak terlalu besar dengan bentuk yang hampir bulat dengan sedikit lonjong. Warna kulit buah ini hijau dan berganti kekuningan ketika sudah masak, biasanya petani memanen Mangga Gedong Gincu ketika kematangan 80% sehingga masih tersisa warna hijau pada kulitnya.
3. Mangga Manalagi
Jenis mangga manis dan menyegarkan yang pertama adalah mangga manalagi yang berasal dari Jawa Timur, lebih tepatnya berasal dari wilayah Probolinggo. Buah mangga ini cenderung memiliki ukuran yang kecil dan sedang dengan kulit luar berwarna hijau dan tebal.
Mangga manalagi memiliki daging buah yang tebal dan padat dengan rasa yang sangat manis. Tak heran bila kemudian jenis mangga ini menjadi favorit semua orang.
Mangga jenis ini bisa tumbuh dengan baik saat ditanam di dataran rendah dengan ketinggian maksimal 300 mdpl serta tingkat curah hujan sekitar 750-2.250 mm per tahun.
4. Mangga Apel
Seperti namanya, bentuk buah mangga ini memiliki kemiripan seperti buah apel. Aromanya yang wangi dan memiliki rasa masam membuat buah ini juga digemari.
Biasanya jenis satu ini paling nikmat jika dibuat rujak karena rasa masamnya menyegarkan.
Namun kini, di Indonesia sudah banyak petani yang membudidayakan jenis ini dengan cita rasa manis.
5. Mangga Indramayu
Jenis yang satu ini mempunyai daging buah yang cukup tebal dan punya rasa yang manis.
Tidak seperti jenis lain, mangga Indramayu teksturnya kering dan sering dijuluki juga dengan mangga pelem cengkir.
Ciri lain yang membedakan jenis buah satu ini dengan yang lainnya, yakni aromanya cukup menyengat, daging buah manis, sedikit berair, dan berserat.
6. Mangga Golek
Mangga golek ini asalnya dari Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, kata golek artinya mencari.
Dalam artian, setelah seseorang mencicipinya, maka mereka akan mencarinya lagi.
Bentuknya sedikit memanjang dan terdapat bintik-bintik putih kehijauan dan akan berubah menjadi cokelat setelah menua.
Tekstur dagingnya tebal, empuk, dan berwarna jingga cerah.
7. Mangga Kweni
Sering disebut juga mangga kuini. Aromanya sangat khas dan berbeda dari jenis lainnya. Bentuk buahnya lonjong, dengan ujung yang membulat.
Daging buah jenis kweni cenderung berwarna kuning dengan tekstur berserat, banyak mengandung air, serta rasanya manis segar.
8. Mangga Alpukat
Disebut mangga alpukat karena bentuknya terlihat seperti buah alpukat.
Ciri lainnya adalah bijinya gampang dibuang dengan cara mengiris dagingnya secara melingkar, sama seperti saat Moms menikmati alpukat.
Daging buahnya pun akan mudah disantap dengan cara dikerok menggunakan sendok. Hal ini karena daging buahnya memiliki tekstur yang sangat lembut.
Untuk diketahui, jenis ini berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur dan merupakan hasil perkawinan silang antara buah mangga gadung dengan mangga madu.
9. Mangga Madu
Sepintas mangga madu terlihat sangat mirip dengan mangga gadung, kecuali keseluruhan kulitnya berwarna kuning cerah saat matang. Seperti namanya mangga ini memiliki rasa yang manis bagaikan madu meskipun daging buahnya masih berwarna putih.
Mangga jenis ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan mangga manalagi. Mangga madu tidak hanya ada di Indoensia, ada pula yang berasal dari luar negeri seperti dari India, Thailand, Hawaii, Florida dan Afrika Selatan.
10. Mangga Lalijiwo
Jenis mangga yang manis dan menyegarkan berikutnya adalah mangga lalijiwo yang memiliki ketinggian pohon sekitar 8 m dengan lebar tajuk mencapai 9 meter. Memiliki daun yang cukup lebat, percabangan yang banyak, dan buah setiap pohon juga banyak. Warna daun hijau tua berbentuk lonjong dan meruncing pada pangkal dan ujungnya, dengan panjang daun sekitar 20 cm.
Buah mangga lalijiwo memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, rata-rata hanya 20 gram. Bentuk buah cenderung membulat pada bagian ujungnya, dengan panjang 7 cm, berparuh dan berlekuk sedikit. Ketika sudah matang daging buah akan berwarna kuning tua dengan rasa yang manis.
11. Mangga Garifta
Mangga Garifta merupakan varietas baru hasil dari penelitian yang dilakukan para ahli di desa Cukurgondang, Pasuruan. Mangga ini memiliki empat jenis yaitu Garifta Merah, Garifta Kuning, Garifta Orange dan Garifta Gading. Disebut kualitas unggul karena diklaim lebih manis dibandingkan dengan jenis mangga lain, selain itu tampilan luarnya cukup menggoda dengan warna sesuai jenisnya. Untuk saat ini, varietas mangga ini hanya dapat di budidayakan di desa asalnya untuk tetap menjaga kualitas tersebut karena karakteristik tanah dan cuaca yang dapat mempengaruhi rasa dari buah mangga ini.