Jajanan India yang Terkenal!
India tak hanya terkenal dengan film Bollywood nya, namun negera satu ini juga terkenal akan ragam kulinernya yang otentik. Bahkan peminat makanan India bukan hanya warga lokal saja, namun banyak orang dari penjuru dunia menyukai rasa khas dari kuliner Bollywood ini.
Nggak heran jika banyak ditemukan restoran-restoran India yang tersebar ke seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Namun terkadang restoran-restoran India di luar negeri tidak menyediakan makanan khas India yang komplit. Sehingga jika kamu memiliki kesempatan untuk pergi ke India, maka pastikan kamu mencoba aneka street food khas India yang memiliki rasa khas dan otentik. Untuk itu, berikut aneka street food khas India yang terkenal dan wajib untuk dicoba. So let’s check it out guys!
1. Pani Puri
Hidangan 1 ini pernah dimasak oleh 2 kontestan Masterchef Australia pada musim “Back to Win” dalam tantangan memasak masakan jajanan pinggir jalan khas India.
Jajanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di hampir setiap daerah di India, mulai dari pedakang kaki lima hingga di restoran-restoran berbintang. Jajanan satu ini memiliki cita rasa asam-manis yang unik dan otentik. Bentuknya semacam bola-bola kopong yang kemudian dilubangi dan diisi dengan kentang atau kacang-kacangan, kemudian di celup ke dalam kuah bercita rasa asam manis dan pedas.
2. Biryani
Rasa gurih dari Biryani ini wajib kamu coba! Selain itu, masakan ini menggunakan beras beras Basamati yang ukurannya super panjang sebagai bahan utama, dan sepertinya juga pas sekali dengan perut masyarakat Indonesia yang tidak bisa lepas dari nasi. Apalagi dihidangkan dengan potongan ayam, ditaburi dengan bawang bombay goreng, serta daun corriander.
3. Chole
Chole merupakan sejenis kacang-kacangan, yang direndam semalaman supaya lunak lalu dimasak bersama berbagai macam bumbu, termasuk campuran yoghurt. Makanan ini disajikan bersama taburan jahe yang diris tipis memanjang dan daun ketumbar. Chole dapat disantap bersama Bhature yang merupakan roti khas India yang menggelembung seperti bola dan akan mengempes jika disobek.
4. Chaat
Chaat merupakan salah satu jajanan pinggir jalan khas India yang cukup populer di negeri Bollywood tersebut. Makanan ini terbuat dari kentang, buncis, roti goreng, rempah-rempah, cabai dan asam khas India. Biasanya Chaat ini disajikan dengan saus yoghurt. Kadang Chaat juga ditaburi dengan buah delima, jahe dan daun ketumbar.
5. Paratha
Memiliki tampilan yang sangat mirip dengan naan, paratha menjadi salah satu jajanan favorit warga New Delhi. Dalam penyajiannya, paratha yang telah dipanggang dalam tungku api akan disajikan dengan cocolan kuah kari sayuran atau daging. Namun tak jarang, warga setempat mengkreasikan paratha dengan topping manis seperti madu atau sirup.
6. Aloo Tikki
Aloo Tikki merupakan salah satu jajanan pinggir jalan khas India yang populer dan menjadi favorit warga setempat hingga wisatawan. Aloo Tikki sendiri terbuat dari kentang rebus yang ditumbuk dan dicampur dengan rempah-rempah khas India sehingga menciptakan cita rasa pedas dan gurih. Meski tergolong sederhana, namun kudapan satu ini selalu mampu membuat orang-orang ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.