Resep Membuat Cheesecake
Cheesecake mulai diperkenalkan oleh bangsa Yunani sekitar tahun 775 sebelum masehi. Cheesecake mulanya disajikan untuk menjamu olahragawan yang akan bertanding pada olimpiade pertama.
Kelezatan cheesecake lantas merambah ke seluruh Eropa. Hal tersebut terjadi sejak bangsa Romawi mulai menjajah Yunani. Selain berkembang lebih pesat, resep cheesecake juga mulai banyak dimodifikasi.
Ada 2 cara untuk membuat cheesecake. Yang pertama dengan cara di bake atau dipanggang dan yang satu lagi, tidak perlu dipanggang atau disebut juga dengan no bake.
Resep baked cheesecake
Bahan Crust (alas cheese cake):
250 gram biskuit Marie Regal atau Oreo
100 gram margarine yang dilelehkan
Bahan Isian Cheese Cake:
210 gram gula pasir
4 butir telur
1 kg Cream Cheese
300 gram yoghurt plain (yang kental ya)
1 sdt air jeruk lemon
2 sdt kulit jeruk lemon parut
2 sdm tepung terigu
Topping:
250 gram selai blueberry
Buah blueberry (opsional)
Cara membuat:
1. Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm olesi mentega atau margarin, jangan lupa membungkus bagian luar dengan aluminium foil supaya air tidak masuk ke dalam loyang, sisihkan.
2. Hancurkan biskuit hingga halus dengan blender atau food processor, lalu tuang butter atau margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan-tekan sampai padat. Panggang dalam oven sekitar 5-10 menit lalu angkat, sisihkan.
3. Kocok gula dan telur hingga kental. Lalu masukkan Cream Cheese dan Yoghurt Plain bergantian sambil terus dikocok. Ohya sebelumnya biarkan dulu Cream Cheese dalam suhu ruang agar menjadi lunak. Bila Cream Cheese masih terlalu dingin, sebaiknya dipotong-potong dan kocok terpisah saja sampai menjadi creamy baru dimasukkan ke dalam kocokan gula dan telur yang sudah mengembang.
4. Setelah adonan Cream Cheese ini menjadi creamy, masukkan air jeruk lemon, kulit jeruk lemon parut dan tepung. Kocok rata dengan mikser.
5. Tuangkan adonan ini ke dalam loyang, di atas adonan biskuit (crust), lalu panggang di dalam oven dengan suhu 165C dengan cara au bain marie (diletakkan di dalam loyang yang sudah diisi air) selama 90 menit. Suhu oven dijaga agar jangan terlalu panas karena bisa membuat permukaan cheese cake menjadi retak.
6. Setelah 90 menit dan permukaan cheese cake terlihat di pinggiran sudah agak mengering walaupun tengahnya masih goyang-goyang, segera matikan api dan keluarkan loyang dari oven. Dinginkan Cheese Cake beserta loyangnya di suhu kamar, hingga benar-benar dingin.
7. Setelah dingin, masukkan cheese cake ke dalam kulkas selama minimal 4 jam agar adonan menjadi padat dan setelah itu baru dikeluarkan dari loyang dan bisa diolesi topping blueberry atau lainnya sesuai selera.
Resep no bake cheesecake
Bahan:
400 gram Susu Kental Manis
500 gram cream cheese, biarkan pada suhu ruang
250 gram gram cracker atau biskuit yang dihaluskan
2 sdm gelatin yang dicampur dengan air panas
100 gr unsalted butter, lelehkan
125 gram blueberry
Sedikit sirup rasa blueberry
Cara Membuat:
• Campurkan cracker atau biskuit yang sudah dihaluskan dengan mentega yang sudah meleleh
• Taruh campuran biskuit ke pinggan, kemudian padatkan. Sisihkan.
• Campurkan susu kental manis dengan cream cheese.
• Campurkan 3/4 gelatin dengan air panas kemudian masukkan dalam campuran cream cheese dan blender
• Tuang hasil blenderan ke dalam pinggan yang sudah diberi alas biskuit
• Simpan dalam lemari es
• Sambil menunggu adonan cheesecake keras, Mama bisa menyiapkan blueberry dan sirup blueberry.
• Campurkan gelatin dengan air panas dan masukkan ke dalam campuran blueberry dan sirup
• Setelah adonan cheesecake mengeras, perlahan taruh blueberry serta sirup diatas cheesecake kemudian simpan kembali dalam lemari es
• Blueberry cheesecake sudah siap disajikan.