Resep & Alat Membuat Cupcake
Cupcake adalah sebuah hidangan penutup yang lezat dan kaya rasa, dan cupcake cocok untuk hampir semua acara. Jenis-jenis cupcake tidak terhitung macamnya – berikut ini adalah peralatan yang kamu butuhkan dan resep untuk membuatnya.
1. Mixer
Membuat cupcakes tidak perlu menggunakan stand mixer. Cukup dengan mixer biasa atau hand mixer (versi rumah tangga). Gunakan pengocok model beater whisk (pengocok standar pada mixer). Sebaiknya di awal tahan pengocokan, gunakan mixer dengan kecepatan rendah, dimulai dengan mengocok gula dan telur, sampai semua bahan tercampur rata. Mengocok adonan dengan mixer kecepatan tinggi, hanya akan menimbulkan gelembung udara pada adonan. Hasilnya, adonan cupcake jadi terlalu mengembang dan teksturnya jadi ‘ringan’.
2. Loyang cupcake
Untuk memudahkan saat memanggang, kamu bisa gunakan loyang cupcake atau loyang muffin ukuran standar (6 dan 12 lubang) atau loyang khusus cupcake dengan diameter lubang yang lebih kecil (umumnya 24 lubang). Selain berbahan aluminium dan teflon, ada pula yang berbahan silikon.
Pastikan untuk menyesuaikan waktu panggang dan suhu oven sesuai ukuran cupcake. Untuk ukuran mini, biasanya membutuhkan waktu panggang yang lebih singkat, dibandingkan ukuran yang lebih besar.
3. Paper cup
Loyang kertas (paper cup) biasanya terbuat dari kertas tipis atau karton tebal (di bagian dalamnya dilapisi kertas minyak). Digunakan untuk menampung adonan cupcake atau muffin sebelum diletakkan di dalam loyang. Untuk yang karton tebal, kamu bisa tidak memerlukan loyang cupcake lagi.
4. Alat ukur
Layaknya standar operasional pembuatan cake lainnya, jumlah bahan yang digunakan dalam pembuatan cupcakes harus diukur dengan tepat, sesuai dengan jumlah yang tertulis pada resep.
5. Oven
Oven (baik gas, listrik, atau tangkring) adalah alat masak berupa ruang tertutup di mana panas terjebak di dalamnya untuk pemanggangan, pemanasan, dan pengeringan bahan makanan. Digunakan untuk memanggang kue (baking), memanggang makanan (grilling), atau memanggang makanan dengan sistem berputar (roasting), jika tersedia fasilitas pemutarnya.
Sebelum memasukkan adonan, jangan lupa memanaskan oven terlebih dulu agar suhu yang dibutuhkan sudah tercapai dan siap untuk memanggang. Oven yang dilengkapi fitur pengatur suhu dan waktu akan sangat membantu kamu dalam memanggang cake sesuai resep.
6. Cooling Wire
Setelah matang, letakkan cupcakes di atas cooling wire untuk menghindari penumpukan uap di dasar cupcakes yang akan membuat bagian bawahnya jadi lembap.
7. Kantung semprot dan spuit
Selain untuk memudahkan saat memasukkan adonan cupcake ke loyang atau ke dalam paper cup, alat ini juga bisa digunakan untuk menghias cupcake. Hiasan cupcake bisa menggunakan whipped cream ataupun buttercream yang sudah diberi warna sesuai selera. Pilih spuit sesuai bentuk hiasan yang diinginkan. Pastikan untuk menggunakan pewarna khusus makan, ya.
Bahan-Bahan Cupcake:
• 190 gram tepung kue (yang bukan jenis self-rising atau mengembang dengan sendirinya)
• 150 gram tepung terigu tanpa pemutih
• 400 gram gula pasir
• 1 sdm baking powder
• 3/4 sdt garam
• 4 batang butter tawar batangan
• 4 butir telur besar
• 240 ml susu murni
• 1 sdm ekstrak vanila murni
• 600 gram gula halus
• 120 ml susu
• 2 sdt ekstrak vanila
Cara membuat:
1. Panaskan oven hingga suhu 162ºC.
2. Tata kertas wadah cupcake atau paper liner membentuk barisan pada loyang - Sisihkan loyang.
3. Campurkan 190 gram tepung kue (yang bukan jenis self-rising atau mengembang dengan sendirinya), 15 gram tepung terigu tanpa pemutih, 400 gram gula pasir, 1 sdm baking powder, dan 3/4 sdt garam menjadi satu ke dalam mangkuk. Aduk bahan-bahan hingga tercampur, selama sekitar 3 menit.
4. Tambahkan 4 buah butter tawar batangan ke dalam adonan - Aduk sampai butter tersebut terlapisi tepung.
5. Tambahkan 4 telur besar ke dalam adonan, satu persatu - Tambahkan telur ke dalam adonan satu persatu sampai setiap telur tercampur merata ke dalam adonan.
6. Tambahkan 240 ml susu murni dan 1 sdm ekstrak vanila murni ke dalam adonan - Aduk bahan-bahan tersebut bersama-sama sampai semuanya benar-benar tercampur rata. Sisihkan waktu untuk mengeruk bagian bawah mangguk sehingga tak ada bahan yang tersisa.
7. Isi setiap wadah kertas cupcake dengan adonan hingga 2/3 penuh - Langkah ini akan memberi cukup ruang bagi cupcake untuk mengembang.
8. Panggang selama 17 sampai 20 menit - Setelah 15 menit, mulai tancapkan tusuk gigi pada cupcake-cupcake tersebut. Jika tusuk gigi terlihat bersih saat dicabut dari cupcake, artinya cupcake itu sudah jadi dan harus dikeluarkan dari oven. Periksa kembali setiap dua menit sampai cupcake-cupcake tersebut siap.
9. Buat hiasan kue atau frosting - Kamu bisa membuat hiasan ini saat cupcake sedang dipanggang. Untuk membuat frosting, cukup campurkan 2 batang butter yang telah dicairkan, 300 gram gula halus, 120 ml susu, dan 2 sdt ekstrak vanila menjadi satu. Kocok campuran tersebut dengan sendok pengaduk adonan sampai lembut dan masukan 300 gram gula halus yang tersisa secara bertahap, sampai adonan tersebut lembut dan kaya rasa.
10. Dinginkan cupcake - Dinginkan cupcake tadi selama kurang lebih 3 sampai 4 menit sehingga frosting tidak akan meleleh di atasnya.
11. Hias cupcake dengan frosting - Gunakan sendok makan atau sendok adonan untuk mengoleskan frosting secukupnya di atas cupcake.
12. Hidangkan - Nikmati cupcake lezat ini kapan saja ketika sudah dingin.