Olahan Buah Plum
Selain dimakan langsung, ada beragam cara makan buah plum bagi kalian yang ingin menikmati buah bulat dengan rasa asam manis ini. Plum juga kaya akan nutrisi dan segar dimakan saat cuaca panas atau sebagai dessert.
Buah plum menawarkan beberapa vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh.
Vitamin C dan phenol yang terkandung dalam buah plum, bertindak sebagai antioksidan alami yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat efek buruk stres oksidatif, seperti yang tertulis dalam studi di Journal of Medicinal Food.
Buah plum juga dikenal memiliki manfaat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
Manfaat buah plum yang beragam ini membuat buah plum cukup terkenal dan dicari oleh mereka yang sedang berusaha menjaga kesehatan dan berat badan.
Berikut adalah berbagai macam olahan dari buah plum.
1. Plum crumble
Plum crumble adalah olahan manis buah plum yang cocok dijadikan camilan saat bersantai. Cara membuatnya juga sangat mudah. Potong buah plum menjadi ukuran yang sama besar aduk dengan gula, parutan kulit lemon, dan tepung maizena, lalu sisihkan.
Buat crumble-nya dengan mencampur gula merah, tepung, kacang almon yang sudah dihancurkan, dan butter. Aduk rata sampai tercampur dan letakkan di atas plum tadi lalu panggang.
2. Jus plum
Mengolah plum menjadi jus segar juga bisa mereduksi rasa masamnya dengan menambahkan sedikit krim kental manis atau madu di dalamnya. Begini langkah-langkahnya:
- Siapkan 2-4 buah plum segar, cuci sampai bersih dan potong menjadi beberapa bagian.
- Masukkan potongan buah plum, es batu secukupnya, 2-3 sendok teh krim kental manis atau madu ke dalam blender. Giling sampai halus dan sajikan.
3. Salad buah
Plum bisa dikombinasikan dengan jenis buah segar lainnya seperti anggur, stroberi, jeruk, apel, atau melon. Potong kecil-kecil buah plum dan buah lainnya, masukkan ke dalam mangkuk, kemudian beri dressing mustard atau madu. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 60 menit. Keluarkan salad plum dari kulkas dan nikmati selagi dingin.
4. Plum smoothies
Seperti beragam buah lainnya, cara makan buah plum juga bisa dengan menjadikannya smoothies yang nikmat dan praktis.
Selain itu, membuat smoothies buah plum juga memberikan kamu kesempatan untuk menambahkan bahan-bahan lain sebagai tambahan nutrisi dalam minuman yang dapat dikonsumsi sekaligus.
Smoothies dibuat dengan menggunakan blender, sehingga sering menjadi solusi praktis dalam memenuhi kebutuhan asupan sayur dan buah harian.
Kalian juga dapat menambahkan buah lain atau bahan lain yang menambah nilai nutrisinya, seperti yogurt polos, pisang, jeruk, lemon, jahe, madu, dan lain-lain.
5. Selai plum
Cara makan buah plum tidak hanya dalam bentuk buah saja, tetapi juga lezat dijadikan selai pelengkap roti, pancake, kue, dan lain-lain.
Membuat selai buah plum juga tidak sulit, kamu hanya perlu memanaskan buah plum, gula, sedikit air lemon, beserta air secukupnya.
Setelah beberapa saat, buah plum akan melembut dan lama-kelamaan mengental menjadi selai.
Buah plum mengandung pektin, sejenis pati yang alami terdapat dalam beberapa jenis buah dan sayuran.
Ketika dimasak dalam suhu tinggi, kemudian dicampur gula dan zat asam, zat pektin akan membentuk tekstur gel.
Karena itu, ketika membuat selai buah plum perlu ditambahkan gula dan air lemon untuk memicu pengentalan tekstur cairan.
Sebagai variasi, selai buah plum juga cocok ditambahkan ekstrak vanila, ekstrak bunga lawang (pekak), atau kayu manis.
6. Sorbet Plum
Dengan iklim tropis Indonesia, cara makan buah plum satu ini pasti akan jadi favorit di saat cuaca sedang panas.
Jika kamu punya alat pembuat es krim dan blender atau food processor, sorbet buah plum bisa dibuat dengan mudah.
Haluskan buah plum bersama gula, sejumput garam, dan sedikit air lemon, kemudian saring. Setelah itu, Moms tinggal mengolahnya dengan ice cream maker sesuai petunjuk pemakaian.
Jika tidak punya ice cream maker, tidak perlu kecewa. Kamu juga bisa langsung membekukan campuran buah plum tadi di freezer selama beberapa jam.