Jenis-Jenis Jeruk
Jeruk merupakan tanaman asli dari benua Asia khususnya dari India sampai Cina. Banyak spesies jeruk yang telah dibudidayakan di daerah subtropik.
Namun, Indonesia yang notabenya negara tropis juga ikut membudidayakan berbagai macam jeruk, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Bahkan, beberapa jenis jeruk yang dibudidayakan amat sangat terkenal, tak hanya karena manis tetapi juga rasanya menyegarkan.
Buah yang terkenal kaya akan vitamin C ini bisa dibilang merupakan buah yang paling populer karena dicintai banyak orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Jika kamu hendak membeli buah jeruk manis, cari tahu terlebih dahulu karena ragamnya cukup banyak. Pilih yang sesuai dengan seleramu.
Buah jeruk, selain mudah didapat juga ternyata sangat mudah diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis.
Kenali berbagai macam jenis jeruk yang ada!
1. Jeruk Pontianak
Jeruk Pontianak menjadi salah satu macam jeruk manis populer di Indonesia. Seperti sebutannya jeruk Pontianak, jeruk ini banyak dibudidayakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Jeruk ini memiliki cita rasa yang manis serta kandungan air yang banyak. Kulit Jeruk Pontianak berwarna hijau mengkilat kekuningan dengan permukaan yang tipis membuatnya sangat mudah dikupas.
2. Jeruk Bali
Jeruk Bali dalam Bahasa Inggris disebut Pomelo, kulit buahnya tebal dan bijinya sedikit. Ukurannya besar, bentuknya bulat atau cedong ke oval.
Daging buahnya mempunyai warna putih atau kemerah-merahan. Rasanya manis, condong kecut dan mempunyai semburat yang rasanya pahit.
3. Jeruk Bergamot
Jeruk bergamot adalah buah jeruk harum dengan warna kuning atau hijau serupa dengan jeruk nipis atau jeruk purut, tergantung dengan tingkat kematangannya.
Riset genetik ke asal muka kultivar jeruk yang masih ada menemukan bahwa jeruk bergamot adalah hibrida lemon serta jeruk pahit.
4. Jeruk Lemon
Lemon (Citrus limon) atau sitrun, adalah jenis jeruk yang berasal dari Asia Selatan namun terkenal di seluruh dunia. Bagian buah yang paling sering digunakan adalah sarinya. Selain itu, kulitnya juga dimanfaatkan.
Air lemon mengandung 5-6% asam sitrat dengan pH 2,2, sehingga rasanya asam. Kandungan asam sitratnya sedikit lebih tinggi dari sari jeruk nipis.
Sari lemon digunakan dalam berbagai makanan dan minuman, untuk menghilangkan amis pada ikan, dan mencegah oksidasi (warna kecokelatan) pada apel, pisang, dan avokad yang sudah dipotong.
Bagian terluar kulit lemon biasanya diparut untuk memberi aroma wangi pada masakan dan kue. Kulitnya bisa dipakai untuk membuat marmalade, membuat pektin, serta diekstrak untuk diambil minyaknya.
5. Jeruk Purut
Jeruk purut (Citrus hystrix) yang dalam Bahasa Inggris disebut kaffir lime atau makrut lime berasal dari Asia Tenggara dan bagian selatan Tiongkok. Nama Citrus hystrix yang berarti “jeruk landak” merujuk pada duri yang terdapat pada batang pohonnya.
Jenis jeruk ini memiliki kulit yang tebal dan keriput. Rasa sarinya sangat asam dan wangi, biasa dipakai untuk menghilangkan bau amis ikan.
Namun, dibanding buahnya, daun jeruk purut lebih sering dipakai untuk aneka masakan. Daun jeruk purut membuat hidangan wangi karena mengandung senyawa citronellol hingga 80%.
6. Jeruk Mandarin
Jenis jeruk yang kaya akan vitamin C adalah jeruk mandarin. Jeruk ini mudah ditemukan di pasar dan juga supermarket, lho!
Satu buah jeruk mandarin bisa memproduksi atau menyediakan 26% vitamin C dari referensi asupan harian yang disarankan.
Dilansir dari Indian Journal of Clinical Biochemistry, vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit, menyembuhkan luka, dan meningkatkan sistem imun tubuh.
7. Jeruk Tangelo
Penamaannya jeruk Tangelo diambil dari gabungan dari kata Tangerine dan Pomelo. Jenis jeruk ini merupakan hasil persilangan berbagai hibrida dari varietas jeruk reticulate. Karakteristik jenis jeruk ini memiliki daging yang manis dan tajam dengan sedikit rasa pahit.
8. Jeruk Tangerine
Tangerine merupakan macam jeruk manis lainnya yang bisa kamu coba. Jeruk ini berasal dari hasil persilangan antara hibrida Jeruk Mandarin. Nama jeruk ini sesuai dengan tempatnya berasal, yaitu Tangier di Maroko.
Tangerine memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk biasa dengan daging buah yang lebih manis. Rasa Tangerine yang sangat manis, membuatnya biasa digunakan sebagai berbagai macam minuman, makanan penutup, dan hidangan lainnya.
Mirip jenis jeruk lainnya, bukan hanya dagingnya saja yang memberikan segudang manfaat untuk kesehatan.
9. Jeruk Yuzu
Yuzu merupakan sejenis tanaman jeruk yang datang dari Asia Timur. Yuzu adalah hasil silangan dari Jeruk Mandarin serta citrus ichangensis.
Biasanya, buahnya memiliki kulit yang agak kasar dan kecil serta warnanya bervariasi tergantung pada tingkat kematangannya. Ukuran buahnya sekitar 5,5 cm sampai 7,5 cm.
Nah, itulah beberapa jenis buah jeruk yang ada. Namun selain dari yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak jenis jeruk yang mungkin belum pernah kamu dengar namanya. Semoga bermanfaat ya!