Mengenal Kelinci Rex
Kelinci rex adalah salah satu jenis kelinci asal Perancis dan sudah dikenal mulai tahun 1919.
Kelinci rex adalah salah satu jenis kelinci asal Perancis dan sudah dikenal mulai tahun 1919. Mulanya, kelinci ini merupakan keturunan kelinci liar yang dibudidaya oleh seorang petani. Lalu, mula dikenal bahkan dipelihara oleh banyak orang sampai terkenal di daerah Eropa. Hal yang menarik dari kelinci ini adalah bulunya yang cantik dan menggemaskan.
Pada akhir dekade kedua abad ke-20 – 1919 tepatnya, lahirlah seekor anak dari kelinci abu-abu liar yang memiliki penampakan bulu mantel mewah seperti beludru. Selain itu kelinci ini memiliki bulu pelindung dua kali lebih tebal dari kelinci lainnya. Sebuah program breeding dengan cepat dibentuk untuk ‘memperbaiki’ mutasi genetik ini dan mengembangkan garis kelinci yang memiliki mantel yang sangat lembut dan tebal ini. Gen resesif yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan bulu luar yang tidak biasa menyebabkan bulu tumbuh ke luar daripada berbaring rata, sementara rambut pelindung luar sama panjang dengan lapisan bawah, menciptakan mantel bulu yang 2 kali lebih tebal daripada kelinci biasa.
Kelinci Rex pertama kali ditampilkan di depan umum di Paris pada tahun 1924 dan telah diakui sebagai trah standar sejak 1925 di banyak bagian Eropa. Breed ini masuk ke AS setelah Paris International Rabbit Show pada tahun 1924 dan dengan cepat memantapkan dirinya sebagai salah satu ras kelinci peliharaan yang paling populer. Pada kelinci Rex, bulunya selalu tebal. Saat ini, Rex dipelihara sebagai hewan pendamping dan sebagai kelinci pertunjukkan. Kelinci Rex juga bisa dipelihara untuk diambil daging dan bulu.
Selain itu, sebagai kelinci hias kelinci ini juga sebagai kelinci pedaging karena bobotnya yang terbilang cukup berat. Walaupun sebagai kelinci hias tetapi kelinci ini tidak memiliki bulu yang panjang dan lebat melainkan memiliki bulu yang pendek dan halus seperti beludru merah yang mewah sehingga sering disebut sebagai kelinci karpet. Oleh sebab itu, kelinci ini biasa disebut kelinci rex karpet.
Adapun ciri-ciri kelinci Rex ini adalah sebagai berikut:
- Memiliki bulu halus, mirip beludru sehingga banyak yang menyebutnya kelinci karpet jika warnanya beludru kemerahan.
- Berbulu pendek
- Memiliki variasi warna beragam, antara lain; putih, hitam, merah, biru, dan ada juga yang kombinasi.
- Memiliki telinga yang lebar dan tegak
- Bobot kelinci sekitar 3,6 – 5 kg untuk yang berukuran standar
- Sementara kelinci mini rex yang berukuran mini berbobot antara 1,4 – 2 kg.
Kelinci Rex umumnya kelinci yang patuh yang tidak keberatan diambil dan dibelai, terutama jika itu oleh pemiliknya yang sering membiarkan mereka keluar dari kandang untuk menjelajahi lingkungan mereka. Seperti halnya hewan peliharaan, ia akan tumbuh melekat pada anggota keluarga yang menghabiskan waktu paling banyak dengan mereka dan memberi makan mereka yang paling sering, tetapi umumnya tidak akan takut pada siapa pun yang mengambilnya dengan perawatan dan memelihara mereka.
Demikian informasi mengenai kelinci rex. Semoga bermanfaat!