Alasan Perilaku Aneh Kucing
Tingkah laku kucing terkadang terlihat lucu dan menggemaskan. Tapi tak jarang kucing juga berperilaku menyebalkan.
Sebagai pemilik, kita tentu memahami perilaku kucing. Jika ada perubahan, kita akan sangat mudah mengetahuinya. Kucing bisa saja tiba-tiba bertingkah aneh dan tak seperti biasanya. Perilaku ini, bisa saja berupa nakal, konyol, atau serius. Perubahan perilaku ini bisa menjadi peringatan adanya hal yang sedang dirasakan oleh Si kucing.
Berikut contoh perilaku kucing yang alasannya mungkin tidak disadari oleh pemiliknya:
1. Aktif di malam hari
Kucing pada dasarnya adalah hewan nocturnal atau aktif di malam hari. Bahkan meskipun kucing ikut tidur bersama pemiliknya, hewan tersebut bisa terbangun beberapa kali untuk bermain, makan, dan berjalan-jalan. Bila pemilik mulai merasa frustasi menghadapi kucingnya yang aktif di malam hari, cobalah membuat hewan peliharaannya lelah. Ajak kucing bermain seaktif mungkin sebelum waktu tidur pemilik. Atau bisa juga memberi kucing makan karena dapat membuatnya mengantuk.
2. Tiba-tiba menggigit atau mencakar seseorang yang membelainya
Menurut pakar kucing, Arden Moore, kucing tiba-tiba menggigit atau mencakar itu merupakan tanda ia menginginkan Anda untuk berhenti membelai. Dr. John Bradshaw, yang juga seorang pakar kucing, juga menyatakan sebelum menggigit atau mencakar, sebenarnya kucing sudah mengeluarkan tanda kalau dia tak mau lagi dibelai. Yakni dengan mengibaskan ekor, menaikkan telinga, melebarkan pupil, serta mengencangkan otot. Kucing juga akan menggigit jika dia dibelai di area yang tak disukainya. Kebanyakan kucing suka dibelai di kepala, serta membenci belaian di perut atau dekat ekor.
3. Suka menjatuhkan barang dari atas meja
Meski dalam beberapa kasus sebenarnya kucing memang ceroboh, namun seringkali kucing mencari perhatian si pemilik dengan menjatuhkan barang. Bahkan, terkadang kucing melihat hal ini sebagai hiburan buat dia, karena si kucing mempelajari bahwa hal ini seperti permainan yang menyenangkan bagi dia maupun pemilik.
4. Buang kotoran sembarangan
Pemilik kucing mungkin merasa heran mengapa kucing membuang kotoran sembarangan padahal sudah disediakan tempat khusus. Coba tengok kembali tempat kotorannya. Mungkin saja masih ada kotoran yang belum dibersihkan sehingga kucing enggan membuang kotoran di tempatnya. Kucing menjaga dirinya sebersih mungkin dan membenci kotak kotoran yang kotor. Sebagai solusi, siapkan dua kotak kotoran. Bersihkan kotak kotoran secara rutin setiap hari dengan air hangat. Selain itu, tempatkan kotak kotoran di lokasi yang tenang dan terbuka. Dengan begitu, apabila kotak kotorannya terisi, kucing bisa membuang kotorannya di tempat yang satunya lagi dan bukannya di halaman rumah.
5. Kucing sangat suka kotak
Kucing sangat menyukai kotakkarena kotak adalah tempat kucing untuk mereduksi stres yang ia alami. Kotak adalah tempat yang tepat juga untuk berlindung dan sebuah spot yang tepat untuk mengobservasi berbagai hal di sekitarnya. Perbedaan kotak yang dipilih kucing sebagai pelindungnya, seperti pemilihan kotak lebih kecil daripada kotak yang besar, adalah hal yang sampai saat ini jadi misteri.
6. Kucing menyukai komputer atau laptop?
Seringkali ketika bekerja, si kitty tiba-tiba datang untuk mengganggu pekerjaan Anda yang menumpuk di komputer. Namun jangan salah pengertian dengan mengira dia mencari perhatian. Menurut penelitian, ada dua hal yang membuat kucing tertarik ke komputer atau laptop. Yakni kehangatan yang dipancarkan komputer, serta tekstur keyboard yang menarik buat kaki kucing.
7. Mengeluarkan cakar Saat masih kecil, kucing akan merangsang aliran ASI dengan mengeluarkan cakarnya untuk menggaruk di area sekitar puting induknya ketika menyusu. Mengeluarkan cakar membantu aliran susu ke puting induk kucing sehingga anak kucing dapat mengonsumsi lebih banyak susu. Sedangkan bila kucing dewasa mengeluarkan cakarnya, maka itu pertanda hewan tersebut merasa nyaman dan bahagia, atau ingin menunjukkan kekuasaannya.
8. Kucing seringkali kaget dan ketakutan sendiri
Hal ini ternyata terjadi ketika kucing frustasi karena dia tak ada aktivitas. Dia melampiaskan kekesalannya ini dengan berlari-lari tak jelas seakan-akan dia ketakutan. Namun bukan berarti dia tak benar-benar ketakutan. Sedikit pergerakan saja yang mengganggu dia, bahkan hanya debu, bisa membuat dia terkaget dan lari tak beraturan.
Itulah alasan perilaku aneh kucing yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!