Jenis Ubur-Ubur Berbahaya
Sebagian besar ubur-ubur memang memiliki tentakel yang menyengat guna bertahan hidup.
Hewan laut yang satu ini memang memiliki ciri fisik yang indah. Ubur-ubur memiliki tubuh yang transparan dan menyala di tengah lautan yang gelap. Sayangnya, tubuhnya yang sekilas lemah ini seringkali membuat banyak anak-anak tak menyadari bahwa ubur-ubur juga bisa berbahaya. Meski beberapa spesies ubur-ubur memang tidak berbahaya. Namun, tidak semuanya juga selemah itu. Pasalnya beberapa spesies tertentu justru sangat mematikan bagi manusia. berikut ubur-ubur berbahaya dan paling mematikan di dunia.
1. Lion's mane
Spesies ubur-ubur ini diakui sebagai yang terbesar dari jenisnya. Rentang habitatnya meliputi Pasifik Utara dan Samudra Atlantik, hingga Samudra Arktik. Memiliki diameter maksimum sebesar enam kaki lebih tujuh inci, dengan panjang terbesar yang pernah tercatat adalah 120 kaki. Panjang tentakel ubur-ubur ini bisa mencapai 100 kaki dan digunakan untuk predasi. Ubur-ubur ini sering berenang dalam kelompok besar, dan menurut kanan The New York Times, sengatan dari seekor ubur-ubur bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat bahkan alergi akibat racun berbasis protein yang dimilikinya.
2. Canonball Jellyfish
Memiliki ciri fisik yang bulat, membuat Canonball Jellyfish terlihat menggemaskan dan menarik perhatian. Dilansir dari World Atlas, ubur-ubur Canonball ini bisa ditemukan di Samudera Atlantik hingga Pasifik, dan sering tertangkap jaring nelayan. Banyak nelayan yang beranggapan bahwa Canonball Jellyfish tidak berbahaya sama sekali, karena mereka memang jarang menyengat. Namun, anggapan bahwa Canonball Jellyfish yang tidak berbahaya sebenarnya sangat keliru. Canonball Jellyfish memang jarang menyengat, tapi sekalinya menyengat mereka dapat menyebabkan serangan jantung bagi manusia.
3. Irukandji jellyfish
Jika dibandingkan dengan ubur-ubur Lion's Mane, ubur-ubur jenis Irukandji Jellyfish ini mungkin tidak ada apa-apanya, karena ukuran tubuhnya yang hanya 0,5 sentimeter dan transparan. Namun jangan salah, dilansir dari Leisure Pro, Irukandji Jellyfish merupakan spesies ubur-ubur paling mematikan di dunia. Bahkan racun Irukandji Jellyfish bisa seratus kali lebih kuat dari ular kobra. Sengatannya bahkan menyebabkan rasa sakit seperti terbakar yang bertahan selama 12 jam, kram perut, mual, muntah, hingga gangguan jantung. Seolah belum cukup, korban juga bisa mengalami gejala psikologi di mana mereka merasa akan segera meninggal. Hal yang membuat ubur-ubur ini jadi sangat berbahaya adalah ukurannya yang sangat kecil. Di lautan luas, ubur-ubur ini nyaris tidak terlihat yang membuatnya jadi sangat sulit terdeteksi.
4. Ubur-ubur kotak
Hidup di lepas pantai Darwin dan Queensland utara, ubur-ubur kotak adalah salah satu penyengat paling kuat di Australia. Menurut catatan laman Australian Geographic, ubur-ubur kotak bertanggung jawab atas 70 kematian di negara itu dengan cara melilit korbannya menggunakan tentakel sepanjang 3 meter. Serangan ubur-ubur transparan ini paling sering terjadi selama bulan-bulan musim panas dan kematian yang tercatat terjadi antara Oktober dan Mei. Ubur-ubur kotak menyuntikkan racun melalui reseptor kecil di sepanjang tentakel, sehingga tingkat keparahan sengatan berkaitan dengan jumlah tentakel yang menyentuh kulit. Selain sangat menyakitkan, racun tersebut menyerang otot-otot di sekitar paru-paru dan jantung, yang jika tidak diobati dapat menyebabkan kematian.
5. Sea nettle
Sea nettle atau Chrysaora fuscescens memiliki tentakel panjang dan tipis, dan umumnya ditemukan di daerah Chesapeake Bay di lepas Pantai Timur Amerika Serikat. Menurut laman Conservation Institute, fenomena perkembanganbiakan sea nettle biasa terjadi, dan berbahaya. Ubur-ubur ini memiliki 24 tentakel yang panjangnya dapat mencapai sejauh enam kaki. Sengatannya juga cukup beracun untuk menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, tetapi untungnya ubur-ubur ini jarang memakan korban jiwa. Beberapa spesies hewan ada yang menggunakan sea nettle sebagai transportasi menuju pantai dan kadang-kadang akan memakan potongan-potongan sea nettle sebagai camilan selama dalam perjalanan.
Nah itulah beberapa jenis ubur-ubur yang berbahaya & mematikan. Semoga bermanfaat!