Jenis Burung Terunik
Di dunia ini penuh dengan beragam spesies hewan-hewan unik dan menarik.
Setiap makhluk hidup tidak pernah bisa memilih mau diciptakan menjadi seperti apa. Termasuk hewan seperti burung, mereka juga hadir ke dunia ini dengan berbagai rupa dan bentuk. Saking beragamnya, beberapa di antara mereka sampai ada yang memiliki penampilan sangat unik nan aneh. Karena keunikan mereka tersebut, kamu pasti bakal sempat menyangka kalau mereka ini bukan burung.
Berikut ini burung terunik di dunia:
1. Cock-of-the-rock
Cock-of-the-rock adalah burung asli Amerika Selatan. Anda dapat menemukannya di daerah berbatu tropis dan subtropis. Burung-burung jantan memiliki bentuk sangat luar biasa karena di puncak kepalanya berbentuk kipas yang menonjol yang mereka butuhkan untuk menarik betina. Ketika datang untuk kawin, burung jantan mulai menampilkan bulu berwarna-warni dan membuat berbagai panggilan kawin. Setelah itu, betina menjadi mandiri, membuat sarang di daerah berbatu, dan merawat telurnya sendiri.
2. Philippine Eagle
Berbeda dengan elang Indonesia, elang Filipina memiliki corak bulu yang unik. Karena keberadaannya yang langka dan hampir punah, orang yang membunuh burung ini akan dipenjarakan hingga 12 tahun.
3. Magnificent Frigatebird
Burung yang satu ini cukup aneh karena memiliki paruh dan kantung gular yang sangat besar. Lihat saja kalau sedang terbang, burung frigat ini seolah-seolah sedang membawa sesuatu yang sangat berat berwarna merah, padahal itu adalah bagian dari tubuh mereka. Meskipun memiliki penampilan yang luar biasa nan unik, namun perilakunya tidak sebanding dengan itu, demikian dilansir Popular Mechanics. Kamu akan sering menemukan mereka membuat burung lain memuntahkan makanannya, sehingga burung ini bisa mengambilnya untuk dimakan.
4. California Condor
California Condor adalah salah satu burung terbersar di Amerika utara karena beratnya yang bisa mencapai 12 kg. Selain itu, California Condor juga menjadi burung dengan umur terlama karena mereka dapat hidup hingga 60 tahun.
5. Tawny Frogmouth
burung Tawny Frogmouth diciptakan dengan mulut seperti itu karena burung ini termasuk ke dalam klasifikasi karnivora. Seperti tikus dan kadal, itu adalah 2 hewan utama yang menjadi sasaran empuknya. Adapun strategi lainnya adalah dengan membuka mulutnya dan membiarkan serangga yang mendatangi burung ini. Biasanya, kamu bisa menemukan burung ini dengan mudah di Australia. Mereka biasa hidup di pohon-pohon lokal.
6. Superb bird-of-paradise
Ini adalah burung yang sangat kecil. Ketika berhadapan langsung, ia menyerap 99,95% sinar matahari. Mereka disebut sebagai spesies "baru" karena mereka berperilaku sangat berbeda dari burung lainnya. Tarian pacaran dan vokalisasi berbeda. Bahkan penampilan dan bentuk perempuan dibandingkan dengan laki-laki pun berbeda. Ini adalah burung yang sangat menarik yang dapat menghipnotis Anda dengan tariannya dan penampilannya yang tidak biasa.
7. Brown Pelican
Brown Pelican dapat dijumpai di Pantai Atlantik dari Nova Scotia ke muara Sungai Amazon, dan sepanjang Pantai Pasifik dari British Columbia ke Chile utara, termasuk Kepulauan Galapagos. Brown Pelican dewasa memiliki berkat sekitar 2 hingga 5 kg.
8. Golden Pheasants
Golden Pheasants berasal dari China tengah tetapi mereka juga tinggal di Inggris, barat daya Skotlandia, Spanyol, dan Prancis. Ini adalah salah satu burung paling terang dan memiliki ekor yang sangat panjang. Sangat menarik bahwa pheasant betina dapat meletakkan 9-11 telur yang menetas setelah 3 minggu. The Golden Pheasant adalah tanda keberuntungan, kemakmuran, dan nasib baik. Burung-burung ini memiliki kemampuan luar biasa untuk merasakan bahaya dan ancaman yang tidak biasa. Anda dapat melihat burung unik dan indah ini di banyak kebun binatang.
Nah itulah jenis burung terunik di dunia. Semoga bermanfaat!