Perbedaan Anggora dan Persia
Kucing Persia dan Anggora merupakan dua jenis kucing cantik berbulu panjang yang namanya mungkin sudah tak asing didengar.
Persia dan anggora adalah ras kucing yang berbeda. Keduanya memiliki asal, bentuk, hingga kepribadian yang berbeda pula. Apabila Anda ingin mengadopsi salah satu jenis kucing ini, penting untuk mengetahui perbedaan dari keduanya. Perbedaan kucing anggora dan Persia ada pada hampir semua bagian tubuhnya. Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk membedakannya. Meskipun kedua ras kucing ini sama-sama memiliki bulu yang lebat dan panjang, tetap kucing Anggora dan Persia nyatanya memiliki banyak perbedaan mulai dari personality, tingkat aktivitas, serta kebutuhan tubuhnya. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, kamu bisa menentukan jenis kucing mana yang paling cocok dan memang ingin dijadikan hewan peliharaan.
Berikut perbedaan kucing anggora dan persia:
1. Perbedaan bulu
Bulu kucing Persia sangat lebat dan padat. Seluruh tubuhnya tertutup bulu yang tebal mulai dari wajah sampai ekor. Bulu kucing Anggora yang tidak selebat kucing Persia. Biasanya bulu kucing Anggora hanya lebat di bagian leher dan ekornya saja.
2. Perangai
Perbedaan selanjutnya ada pada perangai kucing. Anggora dikenal sebagai kucing yang ramah dan penuh kasih sayang. Ras kucing ini juga dikenal mandiri, cerdas, serta aktif berlari dan memiliki naluri berburu. Kucing Anggora cenderung menyukai tempat tinggi, sehingga mungkin sering memanjat. Sementara itu, kucing Persia lebih manis, lembut, dan menyukai ketenangan. Jenis kucing ini juga suka mendapatkan perlakukan yang lembut. Kucing ini tidak suka melompat dan aktivitas yang dilakukan cenderung secukupnya saja.
Oleh karena karakteristik yang sudah disebutkan di atas, kucing Persia cenderung tidak suka dengan kehadiran anak-anak, terutama bila mereka mengganggu ketenangan hewan berbulu tersebut. Sementara kucing Anggora bisa hidup dengan baik bersama anak kecil. Selain itu, kucing Anggora juga lebih mudah hidup dengan hewan lain, tidak seperti kucing Persia yang tidak suka adanya gangguan dalam rutinitasnya.
3. Perbedaan asal
Kucing Persia merupakan ras kucing yang berasal dari Persia atau yang kini dikenal sebagai negara Iran. Sedangkan kucing Anggora berasal dari kota Anggora, yang sekarang menjadi kota Ankara yang ada di Turki.
4. Risiko Masalah Kesehatan
Sebagian besar kucing ras memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun, rentan terhadap masalah genetik tertentu. Baik kucing Anggora maupun kucing Persia disebut bisa mengalami gangguan pada jantung yang dikenal dengan istilah kardiomiopati hipertrofik, yaitu kondisi yang menyebabkan penebalan otot jantung. Penyakit mata juga rentan terjadi, terutama pada Persia. Sebab, mata yang besar dan menonjol pada kucing ini membuatnya rentan terhadap infeksi dan iritasi mata, dan hidungnya yang rata dan pendek dapat mengakibatkan masalah pernapasan.
5. Makanan
Kucing persia cenderung pilih-pilih makanan, akan tetapi mereka akan makan dengan baik jika menemukan makanan yang pas. Makanan persia harus tinggi akan protein, serat, serta rendah lemak. Karena kucing ini tak terlalu energik, berhati-hatilah untuk tidak memberinya makanan yang berlebihan. Hal ini karena ketidak aktifan mereka dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas. Karena wajah mereka yang datar, beberapa dari kucing persia juga mengalami kesulitan makan makanan dalam bentuk atau ukuran tertentu. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih bentuk serta struktur makanan yang pas untuk kucing persia.
Makanan kucing anggora sangat bergantung pada usia, jenis kelamin, serta tingkat aktivitasnya. Kucing anggora termasuk dalam jenis kucing yang tidak rewel tentang makanan. Perlu diingat, makan berlebihan dapat menyebabkannya obesitas. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.
Nah itulah perbedaan kucing anggora dan persia. Semoga bermanfaat!