Jenis Elang Terbesar
Elang merupakan burung predator yang berasal dari keluarga Accipitridae dan bergenus Aquila.
Burung elang adalah burung yang akan membuat mu terkesima dengan penampilannya yang terlihat kuat dan kekar, apalagi jika kamu berkesempatan untuk dapat melihatnya terbang di alam bebas. Mereka adalah mahluk predator dengan tingkatan yang tinggi dalam rantai makanan. Berikut ini jenis burung elang terbesar di dunia:
1. Elang-Laut Steller
Elang yang hidup di wilayah pesisir timur laut Asia ini termasuk burung pemangsa besar dan menjadi elang laut terbesar dari semua elang laut yang masih hidup saat ini. Elang-laut steller (Haliaeetus pelagicus) mempunyai panjang tubuh sekitar 85-105 cm, berat tubuh 6,8 sampai 9 kilogram dan lebar sayap hingga 1,95 sampai 2,5 meter.
2. Elang Ekor Putih
Burung Elang dengan ekor putih ini mendiami daerah utara asia dan utara Eropa. Di sepanjang pantai Norwegia adalah populasi terbanyak dari burung ini yang ada di Eropa, tetapi ada beberapa juga yang mendiami Timur tengah, India, Cina, dan mongolia. Burung elang ini memiliki bulu yang didominasi oleh warna coklat, kecuali untuk ekornya yang memiliki warna putih yang terang. Panjang tubuhnya sekitar 66 – 94 cm, dengan berat badan sekitar, 3,1 – 6,9 kg. Burung elang ini memiliki bentangan sayap sekitar 1,78 – 2,45 meter. Makanan yang dimakan oleh burung elang ini bergantung pada musimnya, biasanya mereka ikan, binatang mamalia dan burung. Bangkai dari binatang yang berkuku juga akan menjadi pilihan makanan mereka di saat tidak ada makanan yang masih segar.
3. Elang Emas
Elang emas/golden eagle menjadi burung nasional paling terkenal, khususnya di negara-negara seperti Austria, Jerman, Albania dan Meksiko. Mereka cukup banyak ditemukan di belahan bumi utara. Di Amerika Utara sendiri, elang emas dikenal sebagai burung pemangsa paling kuat dan cepat. Sesuai namanya, burung ini memiliki warna coklat tua dan keemasan di area kepala dan lehernya. Bobot tubuhnya antara 3,1-6,2 kg. Sedangkan lebar sayapnya antara 185-220 cm. Mereka mengonsumsi mamalia kecil seperti jackrabiit, kadang juga sampai memburu kambing dan domba.
4. Elang Haast
Elang haast (Harpagornis moorei) adalah burung elang endemik asal Selandia Baru, yang keberadaannya telah punah. Elang haas't juga memiliki nama lain dan dikenal sebagai Elang Harpagornis. Tercatat elang haas't menjadi elang terbesar yang pernah hidup di dunia, dengan berat mencapai 17,8 kg dan lebar sayap sepanjang 3 meter. Mengutip dari laman New Zealand Birds Online, elang haast telah punah sekitar 500-600 tahun yang lalu. Dulu mereka hidup di pulau-pulau selatan Selandia Baru dan menjadi predator yang sangat ganas di ekosistemnya.
5. Elang Ekor Baji Australia
Elang ekor baji adalah elang terbesar di Australia dan salah satu yang terbesar di Dunia. Habitat asli mereka berada di Australia dan Papua Nugini. Elang ini dikenal juga dengan nama Bunjil atau Eaglehawk. Mereka memiliki lebar sayap mencapai 2,3 meter, berat 3,2 hingga 5,3 kg dan bobot tubuh betina biasanya lebih berat daripada jantan. Sesuai namanya, mereka memiliki ekor berbentuk baji atau segitiga dan menjadi satu-satunya elang dengan bentuk ekor baji. Burung pemangsa ini menjadi lambang negara bagian Australia, wilayah Utara dan South Wales dan juga sebagai maskot tim sepak bola Australia, The West Coast Eagles.
6. Elang Harpy
Elang yang beberapa waktu lalu sempat viral ini merupakan burung pemangsa asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Mereka dikenal sangat kuat dan menjadi salah satu elang terbesar di dunia. Cakar elang harpy berukuran sekitar 3-4 inci, dimana ukurannya sama seperti cakar beruang Grizzly dan kakinya bisa setebal pergelangan tangan manusia. Lebar sayap elang harpy bisa mencapai 2 meter dan berat tubuh anatara 4-9 kg. Elang harpy adalah hewan nasional dan lambang negara Panama. Elang kuat ini, memangsa monyet, sloth, tupai dan lainya. Karena elang harpy juga hidup di hutan Amazon, sehingga mereka berbagi peran sebagai pemuncak rantai makanan bersama jaguar dan anaconda.
7. Elang Gundul Amerika
Burung Elang botak ini mendiami daerah Canada, Amerika Serikat termasuk Alaska, dan juga terdapat di Mexico sebelah utara. Mereka mendiami tempat yang jarang dari gangguan manusia, biasanya mendiami daerah yang basah tepi pantai, danau dan juga sungai. Burung Elang memiliki ciri khas dari warna kepala dan ekornya yang memiliki bulu berwarna putih bersinar. Sedangkan untuk kaki dan sayapnya burung ini memiliki warna coklat gelap serta memiliki paruh dan kaki yang berwarna kuning. Burung elang ini memiliki panjang sekitar 70 -102 cm dengan berat di kisaran 3 – 6,3 kg, dan bentangan sayap sekitar 1,8 sampai dengan 2,3 meter. Makanan utama dari burung elang ini adalah ikan. Selain itu juga, mereka biasa memakan burung dan binatang mamalia lainnya.
Itu dia elang terbesar di dunia. Semoga bermanfaat!