Manfaat Buah Alpukat
Ada banyak manfaat alpukat untuk kesehatan. Manfaat alpukat diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah berwarna hijau ini. Selain bernutrisi, buah alpukat juga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.
Buah alpukat dikenal dengan kandungan lemak baiknya, yakni lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.
Buah berwarna hijau ini juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu mencegah beragam jenis penyakit.
Berikut manfaat buah alpukat yang telah kita rangkum:
- Menjaga kesehatan mata
Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia yang ada di jaringan mata. Mereka memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV.
Berdasarkan penelitian Silvio Buscemi, dkk. dalam jurnal “Nutrients”, lutein adalah karotenoid dengan sifat anti-inflamasi. Lutein diketahui dapat meningkatkan atau bahkan mencegah penyakit makula terkait usia yang menyebabkan kebutaan dan gangguan penglihatan. Sedangkan zeaxanthin membantu membangun perisai pigmen berwarna kuning untuk melindungi sel-sel mata dari efek berbahaya akibat sumber cahaya tertentu, seperti matahari.
- Menyehatkan jantung
Manfaat buah alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah untuk kesehatan jantung. Alpukat adalah makanan berlemak tinggi, dengan 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya salah satu makanan nabati paling berlemak yang ada.
Tapi alpukat tidak hanya mengandung lemak. Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat atau asam lemak tak jenuh tunggal yang juga jadi komponen utama minyak zaitun, minyak untuk berbagai jenis pengobatan penyakit.
- Menurunkan kolesterol
Dari data USDA, dalam setiap 100 gram alpukat terdapat 76 miligram sterol tumbuhan alami yang disebut beta sitosterol. Merujuk pada publikasi Maurice M. Best, dkk. dalam “AHA Journals”, beta sitosterol membantu menurunkan kolesterol.
Peneliti mencatat kadar kolesterol plasma dan hati yang jauh lebih rendah akibat beta sitosterol. Akibatnya, terjadi penurunan signifikan dalam insiden aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain di dalam dan di dinding arteri. Studi tersebut menyimpulkan, beta sitosterol bekerja dengan mengganggu penyerapan kolesterol pada makanan dan empedu.
- Mencegah Osteoporosis
Alpukat juga kaya akan kalsium, vitamin D, dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Manfaat alpukat dengan ketiga asupan nutrisi tersebut adalah untuk mencegah anda terkena osteoporosis. Bagi anda yang tidak terlalu menyukai susu, alpukat dapat menjadi pengganti asupan nutrisi-nutrisi tersebut untuk menjaga kepadatan tulang.
- Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin
Alpukat juga baik untuk ibu hamil dan janin. Selain kaya akan folat, alpukat juga kaya kandungan serat, yang dibutuhkan bagi para wanita yang sedang hamil muda. Manfaat alpukat untuk kesehatan ibu hamil bahkan dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir akibat perubahan hormonal yang umum terjadi saat hamil.
- Menurunkan Risiko Depresi
Manfaat alpukat ini dipengaruhi oleh kandungan folatnya. Makanan yang mengandung folat tinggi bisa mengurangi risiko Depresi. Ini karena folat bisa mencegah penumpukan homosistein, yakni zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan transportasi nutrisi ke otak. Seseorang dengan kelebihan homosistein dalam tubuh dapat mengalami gangguan produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang mengatur suasana hati, tidur, serta nafsu makan.
- Detoksifikasi Tubuh
Manfaat alpukat yang tinggi serat dapat meningkatkan pergerakan usus sehingga pembuangan racun dapat dilakukan setiap hari, melalui empedu dan feses. Meningkatkan konsumsi serat dalam alpukat dapat mengendalikan sistem kekebalan tubuh dan peradangan. Selain itu, alpukat juga mengandung zat yang memiliki aktivitas antimikroba, terutama Escherichia coli, bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan.
- Mengurangi berat badan
Meski berlemak, salah satu manfaat buah alpukat adalah untuk mengurangi berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat dalam menu makanannya merasa 23% lebih kenyang dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan lagi selama 5 jam berikutnya.
Manfaat dari buah alpukat juga tinggi serat dan sangat rendah karbohidrat, dua atribut yang juga membantu menurunkan berat badan, setidaknya dalam konteks diet sehat berbasis makanan.
- Meningkatkan Kesehatan Otak
Alpukat mengandung vitamin E yang dapat membantu melindungi anda dari penyakit Alzheimer, perlambatan dalam kemampuan berpikir dan mengingat. Manfaat alpukat untuk kesehatan ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin E. Antioksidan bisa melawan kerusakan sel yang terjadi akibat paparan polusi dan radiasi sinar matahari.
- Mencegah dan Mengatasi Sembelit
Sembelit bisa terjadi karena kekurangan asupan serat atau kurang minum air putih. Oleh karena itu, untuk mencegah atau mengatasi sembelit, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat yang salah satunya adalah alpkukat. Untuk memaksimalkan manfaat buah alpukat untuk sembelit, Anda juga dianjurkan minum air putih yang cukup dan rutin berolahraga.