Cara Memakai Eye Mask
Mata adalah salah satu bagian tubuh untuk melakukan komunikasi nonverbal yang memberikan banyak kesan bagi orang lain dibandingkan dengan komunikasi lisan saja.
Beberapa penelitian mengatakan bahwa mata adalah fitur wajah manusia yang paling dilihat oleh orang lain. Oleh karena itu, wajar jika banyak orang berusaha untuk membuat mata terlihat semenarik mungkin, misalnya dengan cara menggunakan riasan mata.
Namun, masih banyak yang lupa kalau mata juga perlu untuk diberi perawatan ekstra, seperti dengan memakai masker mata atau yang biasa disebut juga dengan eye-mask.
Manfaat Eye Mask
-. Menghilangkan mata panda
Kegunaan masker mata dapat menghilangkan mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata.
Penyebab mata panda kerap dikaitkan dengan kondisi stres, kelelahan, atau kurang tidur. Pada beberapa kasus, lingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan oleh alergi atau proses penuaan dini.
Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan masker mata secara rutin untuk mengencangkan dan mencerahkan area kulit bawah mata.
-. Mencegah tanda-tanda penuaan
Manfaat eye mask selanjutnya adalah dapat mencegah tanda-tanda penuaan. Jika Anda perhatikan dengan cermat, area bawah mata menunjukkan tanda-tanda awal penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus.
Memakai eyemask dapat membantu merawat kulit halus di bawah mata plus menghidrasi. Sehingga, tanda-tanda penuaan akan tertunda dan tampilan mata menjadi lebih segar.
-. Melembapkan Area Mata
Manfaat masker mata selanjutnya adalah masker mata dapat melembapkan kulit di sekitar mata. Kulit di sekitar mata mengandung lebih sedikit kelenjar sebaceous yang membuat kulit di area ini rentan terhadap kekeringan.
Sifat melembapkan pada masker mata sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering di sekitar mata dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.
-. Mengurangi Bengkak
Manfaat eye mask untuk kulir sekitar area mata yaitu dapat mengurangi bengkak. Kamu tentu pernah mengalami bengkak di bawah mata karena kelelahan atau kurang tidur sehingga membuat tampilan wajah menjadi kusam.
Dengan mengaplikasikan masker mata di pagi hari, akan membantu mengurangi mata bengkak dan mencerahkan kulit sekitar mata.
Cara Menggunakan Eye Mask dengan Benar dan Tepat
1. Pastikan Wajah Benar-Benar Bersih
Apa pun bentuk perawatannya, kamu harus memiliki wajah yang bersih dan terbebas dari makeup, debu dan kotoran. Ketika akan menggunakan masker mata, maka area mata juga harus benar-benar bersih.
Pastikan riasan sudah terangkat sempurna, kamu perlu menggunakan eye make up remover, lalu cuci wajah seperti biasanya menggunakan cleanser atau facial foam.
2. Memakai Toner
Langkah cara memakai masker mata dengan baik adalah menggunakan toner wajah terlebih dahulu untuk mengembalikan pH kulit menjadi netral. Biasanya, setelah mencuci muka, pH kulit wajah akan menjadi lebih tinggi atau rendah karena penggunaan produk pembersih wajah. Ketidakseimbangan pH kulit cenderung membuat kulit terasa kering.
3. Baca Petunjuk Pemakaian
Cara memakai masker mata dengan bentuk patch tidak sama seperti masker mata berbentuk cream. Sebaiknya pahami petunjuk yang tertera di balik kemasan masker sebelum menggunakannya. Bisa jadi eye patch mask yang akan kamu pakai memiliki kandungan dan aturan pakai yang berbeda.
4. Cara memakai masker mata harus sesuai dengan jenisnya. Untuk jenis eye patch, Anda hanya perlu melepaskan plastik tipis yang membungkus masker (bila ada).
Kemudian, tempelkan ke area kulit bawah mata yang dekat dengan hidung. Tekan masker mata secara perlahan agar dapat menempel dengan sempurna.
Sedangkan, untuk jenis masker mata berbentuk gel atau krim, ambil produk secukupnya menggunakan jari tangan bersih. Lalu, ratakan seraya memijat kulit dengan lembut.
Lakukan pijatan dengan gerakan memutar, yaitu dari bawah mata dekat hidung, lalu ke kelopak mata.
Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata dan garis-garis halus di wajah.