Kosmetik untuk Pemula
Saat ini, ada begitu banyak produk kecantikan yang bisa didapatkan dengan mudah. Dengan adanya tren belanja online, kini siapapun bisa membeli berbagai produk kosmetik wajah yang diinginkan hanya dari rumah.
Terlebih bagi anak perempuan yang mulai memasuki masa remaja maupun bagi mereka yang masih pemula sekalipun akan merasa bingung dengan banyaknya jenis kosmetik dengan berbagai brand ternama. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik, ada baiknya untuk mengetahui jenis dan kegunaan kosmetik itu sendiri.
1. Foundation
Produk yang juga disebut sebagai alas bedak ini menjadi jenis kosmetik tahap awal alam pengaplikasian makeup. Bentuk foundation ini beragam, ada yang cair maupun padat. Teksturnya cenderung kental dan pekat sehingga mampu menutupi kekurangan pada wajah, seperti menyamarkan noda bekas jerawat.
Selain itu, foundation juga dapat meratakan warna kulit dan membuat makeup lebih tahan lama. Nah, pada umumnya foundation ini digunakan saat ingin pergi ke acara formal atau pesta. Kalau untuk sekedar pergi dengan teman, sepertinya penggunaan foundation tidak terlalu diperlukan.
2. Bedak (Powder)
Mengenali jenis jenis kosmetik merupakan salah satu hal terpenting bagi seseorang yang ingin merias wajah. Hal tersebut dikarenakan, semua jenis kosmetik memiliki fungsi dan manfaat masing-masing. Jadi jika salah dalam mengaplikasikan kosmetik, maka hasilnya tidak akan memuaskan. Salah satu jenis kosmetik yang sangat penting dalam merias wajah adalah bedak.
Bedak atau yang biasa disebut powder merupakan campuran homogen dari berbagai macam bahan-bahan yang aman dan yang tidak larut dalam air. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur secara merata lalu disaring secara berulang-ulang. Setelah melalui proses penyaringan, maka akan menghasilkan serbuk serbuk yang sangat halus. Sebelum dikemas, serbuk tersebut ditambah pewarna dan juga parfum.
Semua kaum wanita pasti menginginkan bedak yang baik dan cocok di wajah. Ada beberapa syarat-syarat bedak yang baik digunakan untuk kulit wajah antara lain bedak tersebut mampu menutupi cacat-cacat yang ada di wajah, dapat melekat dengan baik pada kulit, dapat melicinkan kulit dan mampu memantulkan sinar ultraviolet.
3. Perona Pipi (Blush On)
Agar wajah terlihat lebih cantik, maka seseorang harus menggunakan blush on saat merias wajah. Hal tersebut dikarenakan, blush on berfungsi untuk mengoreksi wajah, jadi wajah akan terlihat lebih cantik, segar dan berdimensi. Saat ini perona pipi atau yang sering disebut dengan blush on tersedia dalam bentuk compact powder, loose, fat-based make up, krim dan jel.
Untuk blush on yang berbentuk compact powder saat ini memang sangat populer karena sangat mudah melekat di pipi dan tidak beterbangan saat dipakai. Blush on yang berbentuk loose atau serbuk merupakan bentuk blush on yang paling sederhana dan mudah pemakaiannya.
Sedangkan blush on yang berbentuk krim merupakan blush on yang mempunyai sifat menolak air, jadi nantinya krim blush on tidak akan luntur saat terkena air. Perlu diketahui bahwa blush on yang berbentuk krim dapat membentuk lapisan tipis yang merata pada permukaan kulit wajah. Sehingga nantinya wajah akan terlihat cantik dan akan tampak lebih alami.
4. Pensil Alis (Eyebrow Pencil)
Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik dan menarik? Pastinya, setiap wanita hampir selalu menginginkannya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menata alis.
Bentuk alis harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Contohnya apabila seseorang memiliki wajah bulat, disarankan untuk membuat alis yang tebal dan melengkung mengitari bola mata bagian atas agar tampak rapi dan proporsional.
Untuk mereka yang memiliki bentuk wajah kotak, sebaiknya membuat alis tipis-tipis agar memberikan kesan manis pada wajah.
5. Eyeliner
Bila ingin menampilkan kesan yang serius, kalian bisa menggunakan eyeliner untuk mempertegas garis-garis mata.
6. Lipstik
Lipstik merupakan produk kosmetik andalan bagi para wanita untuk merias bibir agar terlihat lebih menarik. Beberapa warna yang sering digunakan adalah pink, merah, orange, cora, brown, peach, hingga ungu bisa membuat penampilan semakin cantik bersinar.
Saat ini, ada begitu banyak varian jenis lipstik, seperti lip cream, lip tint, lip balm, lip liner, lip gloss, dan juga lip primer.
7. Concealer
Concealer memiliki tekstur yang lebih kental dan padat, sehingga bisa digunakan untuk menyamarkan berbagai masalah wajah, seperti jerawat, bekas luka, pori-pori kulit, hingga masalah lingkar hitam di bawah mata.
Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang jenis jenis kosmetik dekoratif yang sering digunakan dalam merias wajah. Agar mendapatkan riasan wajah yang cantik, maka dibutuhkan produk kosmetik yang tentunya bagus dan berkualitas. berhati-hatilah saat memilih produk kosmetik, karena saat ini banyak produk kosmetik yang berbahaya.