Mercusuar Tercantik Di Dunia
Bukan hanya alat navigasi bagi kapal saja.
Banyak mercusuar di seluruh dunia telah mendapatkan reputasi sebagai pemandangan yang indah.
Dari desain tradisional yang indah hingga prestasi arsitektur yang modern. Mercusuar yang menakjubkan merupakan bagian paling populer dari garis pantai yang menghiasinya. Berikut adalah beberapa mercusuar tercantik di bumi.
1. Mercusuar Diamond Head, Hawaii, AS
Mercusuar Diamond Head di Oahu, Hawaii diperingati pada perangko AS pada tahun 2007. Mercusuar ini terletak di tepi barat daya Diamond Head, sebuah kawah tumbukan selebar 3.520 kaki (1.073 m) yang terbentuk oleh letusan gunung berapi 300.000 tahun yang lalu. Mercusuar ini telah menjaga pantai sejak tahun 1899 ketika dibangun setelah dua kapal karam.
2. Mercusuar Fanad, Irlandia Utara, Inggris
Sejak tahun 1817, Mercusuar Fanad terletak di ujung semenanjung berbatu antara Lough Swilly dan Mulroy Bay.
Di sepanjang garis pantai Irlandia Utara ini, terdapat cahaya bersinar di sepanjang garis pantai.
Namun, ide pembuatan mercusuar muncul dari keadaan yang sulit. Pada tahun 1811, HMS Saldanha tenggelam di dekat semenanjung Fanad, menewaskan 254 orang, sehingga bangunan tersebut dibangun untuk mencegah bencana di masa depan.
3. Mercusuar Low, Inggris, UK
Mercusuar ini dibangun pada tahun 1832 di tepi utara Laut Burnham-on. Dengan strukturnya yang miring dan tidak biasa serta garis-garis merah putih, mercusuar berkaki dua ini telah menjadi ciri khas garis pantai Somerset.
Ia masih aktif hingga kini, sementara tetangganya, High Lighthouse, sekitar 0,3 mil (500m) ke arah timur, kini menjadi kediaman pribadi.
4. Mercusuar Split Rock, Michigan, AS
Bertengger di atas alas berbatu di pantai utara Danau Superior, Mercusuar Split Rock adalah landmark ikonik Minnesota.
Dibangun selama badai dahsyat bulan November 1905 yang menghancurkan atau merusak parah 18 kapal di sisi barat danau, mercusuar ini diresmikan pada tahun 1910.
Saat ini, tempat ini menjadi daya tarik tersendiri, berkat menara segi delapan bata kuning yang dramatis dan lokasi puncak tebing yang tak tertandingi.
5. Mercusuar South Stack, Wales, Inggris
Terletak di pulau kecil Ynys Lawd di lepas pantai barat Anglesey, mercusuar South Stack yang terpencil hanya dapat dicapai dengan menaiki 400 anak tangga menuruni tebing dan melintasi jembatan.
Dibangun pada tahun 1809, menara berbentuk kerucut ini sebagian besar dibangun dari batu kapur yang digali dari pulau itu sendiri. Mercusuar setinggi 92 kaki (28 m) ini tampak jauh dalam bidikan udara yang menakjubkan ini.
6. Mercusuar Peggy’s Cove, Nova Scotia, Kanada
Mungkin mercusuar paling terkenal di Kanada, Mercusuar Peggy’s Cove dibangun pada tahun 1914 untuk menggantikan bangunan kayu yang dibangun pada tahun 1868. Mercusuar hanya berjarak 30 menit berkendara dari Halifax, ibu kota Nova Scotia. Jika Anda ingin datang ke sini untuk menikmati pemandangan di musim panas, Anda dapat mengikuti kunjungan yang diselenggarakan oleh Nova Scotia Lighthouse Conservation Association.