Tips Cuci Baju
Mama suka tidak pede karena warna pakaian memudar? Atau jadi mau nggak mau beli pakaian baru untuk ke kantor karena warnanya cepat kusam? Meskipun sepele, namun Mama harus tahu bagaimana tips mencuci pakaian agar warnanya tidak mudah pudar dan bikin pakaian jadi kusam.
Mencuci pakaian merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membuat baju yang kita kenakan tampak bersih dan wangi serta telihat seperti baru. Namun seringkali mencuci pakaian justru malah membuat warna baju luntur dan memudar. Hal ini tentu menjadi masalah karena akan membuat tampilan baju menjadi usang dan tidak menarik lagi. Berikut cara mencuci baju yang benar agar warna baju awet dan tidak mudah pudar.
Perhatikan Instruksi Pada Label Baju
Label yang terdapat pada baju berisi petunjuk atau instruksi bagaimana cara mencuci baju tersebut dengan tepat. Jika biasanya Anda tidak memerhatikan label pada baju Anda, mulai sekarang tidak ada salahnya Anda membaca label atau tag yang terdapat pada baju.
Cuci dengan Suhu Air Normal
Mencuci baju dengan suhu tinggi dapat merusak serat kain dan warna baju. Sebaiknya Anda mencuci baju dengan air dingin atau air yang bersuhu normal.
Balik pakaian
Mungkin Mama sudah pernah mendengar tips yang satu ini dari sejak zaman baheula. Namun, sebenarnya ini terbukti ampuh, lho. Yap, salah satu tips mencuci pakaian agar tidak mudah pudar selanjutnya adalah dengan membalik pakaian.
Maksudnya, Mama harus memastikan bahwa bagian dalam baju menjadi di luar. Adanya gesekan saat proses mencuci ternyata dapat menyebabkan warna pakaian Mama menjadi lebih cepat pudar.
Pisahkan pakaian berwarna
Untuk pakaian dengan warna gelap seperti hitam, maroon dan coklat, sebaiknya Mama bisa gabungkan dalam satu kali pencucian.Usahakan jangan sampai ada yang terselip ya Ma.
Dengan kata lain pisahkan pakaian berwarna putih sebelum mencucinya. Pakaian putih seperti kaos oblong, kaos kaki, dan celana dalam yang sering dicuci dalam air panas itu ternyata dapat mempercepat kepudaran.
Pilih detergen dan pewangi yang tepat
Tidak semua detergen dan pewangi pakaian dapat mempertahankan kualitas pakaian. Sebaiknya cermatlah dalam memilih produk yang kandungannya aman untuk pakaian ya. Pilihlah produk yang akan membuat pakaian tak hanya harum dan higienis saja. Lebih baik pakai pewangi pakaian yang diformulasikan dengan kandungan khusus yang aman untuk pakaian agar tetap lembut serta wangi. Oh ya, Jika menggunakan mesin cuci, pastikan Mama mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada detergen dan mesin cuci.