10 Suaka Burung
Suaka burung adalah tempat terbaik untuk mengamati burung.
Suaka burung tidak hanya menjadi rumah bagi berbagai jenis burung.
Tetapi juga habitat bagi spesies yang terancam punah. Ada begitu banyak suaka burung yang bagus di seluruh dunia
di mana Anda dapat merasakan kombinasi sempurna antara alam dan kehidupan.
Berikut terdapat sepuluh suaka burung paling terkenal di dunia.
1. Taman Burung Kuala Lumpur
Terletak di Kuala Lumpur, Malaysia, Taman Burung Kuala Lumpur adalah salah satu taman burung terbesar di Asia, yang menyediakan perlindungan bagi lebih dari 3.000 burung dan 200 spesies burung. Tempat ini adalah tujuan wisata terkenal
di Malaysia, dan tempat ini menerima sekitar 200.000 wisatawan setiap tahunnya.
2. Taman Weltvogel Walsrode
Suaka burung ini dianggap sebagai taman burung terbesar di dunia untuk burung di darat, dan memiliki banyak burung yang tidak akan Anda lihat di suaka burung lainnya. Pengunjung dapat bertemu dengan burung-burung tersebut dan memberi makan di habitat aslinya tanpa adanya hambatan buatan.
3. Suaka Burung Nasional Juja
Suaka Burung Nasional Juja terletak di bagian tenggara Sungai Senegal di Senegal. Ini adalah habitat lahan basah yang sangat terkenal bagi burung yang bermigrasi, dan suaka burung ini telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia.
4. Suaka Burung Bharatpur
Suaka Burung Bharatpur di Bharatpur, Rajasthan, India, adalah suaka burung buatan yang merupakan salah satu suaka burung paling kaya di dunia.
Suaka Burung Bharatpur adalah daya tarik wisata utama di Rajasthan, tempat ribuan spesies yang sangat terancam punah dan langka datang berkunjung di musim dingin.
5. Taman Burung Jurong
Taman Burung Jurong adalah salah satu surga burung terbesar di Asia, dengan lebih dari 5.000 burung dari 400 spesies berbeda. Seluas 20 hektar, taman ini memiliki banyak atraksi unik dan menarik sehingga banyak wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya.
6. Suaka Burung Nal Sarovar
Suaka Burung Nal Sarovar terletak dekat Ahmedabad di Gujarat, India. Suaka burung ini memiliki luas 120,82 kilometer persegi dan merupakan suaka burung terbesar di India. Di musim dingin, tempat ini menarik lebih dari 225 spesies burung untuk tinggal di sini.
7. Suaka Burung Bac Lieu
Suaka Burung Bac Lieu merupakan salah satu atraksi ekowisata paling menarik di kawasan Delta Mekong. Tempat ini kaya akan flora dan fauna serta burung-burung cantik.
Burung biasanya berkumpul di sini saat musim hujan sehingga membuat tempat ini sangat menarik bagi wisatawan.
8. Suaka Burung Migrasi Harry Gibbons
Suaka Burung Migrasi Harry Gibbons adalah suaka burung yang bermigrasi di wilayah Kivalik di Nunavut, Kanada.
Terletak di Pulau Southampton Selatan, di wilayah Sungai Boas, tempat ini mencakup area seluas 1.224 kilometer persegi dan merupakan suaka burung penting di Kanada.
9. Suaka Burung Sultanpur
Suaka Burung Sultanpur terletak 50 kilometer dari Delhi, ibu kota India. Ini adalah taman nasional dan suaka burung yang sangat terkenal yang terletak di Haryana, 15 kilometer dari Gurgaon.
Suaka Burung Sultanpur adalah tempat yang sempurna bagi para pengamat burung, di mana sejumlah besar burung yang bermigrasi datang ke sini selama musim dingin.
10. Suaka Burung Titu Ghana
Suaka Burung Titu Ghana terletak di pulau-pulau kecil di negara bagian Karnataka, India, yang menurut ahli burung terkenal Dr. Salim Ali mungkin merupakan tempat bersarang yang penting bagi burung.
Pada tahun 1940, mereka membujuk Raja Woodyara dari Mysore untuk mendeklarasikan kawasan tersebut sebagai suaka margasatwa.