Jenis Roti Populer
Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Berbeda dengan masyarakat eropa menjadikan roti sebagai makanan pokok.
Meskipun masyarakat Indonesia belum dapat mengalahkan nasi sebagai makanan pokoknya sehingga menjadikan roti sebagai camilan, tetapi banyak masyarakat Indonesia menggemari roti.
Tingginya pecinta roti di Indonesia membuat munculnya beragam varian roti. Fenomena yang dapat dilihat adalah jiwa toast. Di awal kemunculannya, jiwa toast memiliki banyak sekali penggemar karena memiliki bermacam-macam topping. Selain itu ada juga garlic bread yang sempat viral beberapa waktu lalu.
Inilah rangkuman beberapa roti populer yang dapat kamu jadikan sebagai ide bisnis. Yuk simak di bawah ini!
Muffin
Roti ini berasal dari The Black Country yaitu dari Inggris, rotinya juga begitu lembut dan biasanya disajikan dengan cara dipanggang dan mempunyai tekstur yang sangat lembut. Biasanya orang Inggris memakan roti ini dengan menambahkan madu, selai sesuai selera dan juga minuman susu untuk menemani sarapan pagi.
Roti Limpa
Roti ini berasal dari Swedia, roti limpa ini juga memiliki keunikan rasa yang agak manis karena dicampuri gula cair dan juga memiliki aroma wangi yang berasal dari biji bunga lawing dan kulit jeruk.
Baguette
Jika Indonesia terdapat roti sisir, maka negara Prancis memiliki baguette. Baguette merupakan roti khas dari negara prancis yang berbentuk panjang seperti kayu. Walaupun tekstur dari baguette keras, tapi baguette termasuk salah satu makanan populer di dunia termasuk Indonesia.
Bagel
Roti yang berasal dari Eropa Timur ini memiliki bentuk seperti donat, namun bagel memiliki ukuran yang lebih besar dari donat. Tidak hanya itu, perbedaan lainnya terletak pada cara mengolahnya. Jika donat umumnya di goreng, bagel diolah dengan cara di panggang. Roti bagel ini belum begitu populer di Indonesia. Roti bagel populer dijadikan sarapan di kota Eropa dan Amerika Serikat.
Tekstur bagel terasa agak keras ketika menggigitnya, namun saat dikunyah akan terasa kenyal dan lembut dibagian dalam roti. Pada dasarnya, roti ini berasa tawar. Roti yang diolah dari adonan tepung terigu, gandum, dan ragi ini cocok banget untuk sarapan. Untuk membuatnya lebih nikmat, biasanya roti bagel disajikan dengan cara dibelah dan diolesi keju krim dan taburan daun parsley.
Breadsticks
Roti breadstick memiliki bentuk yang panjang mirip dengan roti baguette. Namun roti ini biasanya disantap sebagai cemilan atau hidangan pembuka di restoran Italia dengan tujuan supaya pengunjung yang datang tidak bosan namun tidak kekenyangan saat menunggu makanan datang.
Bentuknya mirip dengan kue cheese stick dan memiliki tekstur yang garing dan renyah. Tidak hanya disajikan polos, roti breadsticks juga bisa disajikan dengan aneka rasa seperti wijen, bawang, atau rempah dedaunan.
Roti pita
Roti pita atau pita bread berasal dari Timur Tengah, yang berada tepatnya di Negara Yunani. Roti ini juga menjadi salah satu makanan wajib di beberapa Negara seperti Arab, Mesir, Balkan, Levant, Jazirah Arab dan Turki. Ternyata negara di pusat peradabannya roti ini memiliki jenis yang begitu khas dengan tampilan yang bulat dan pipih. Pita Bread salah satu jenis roti tanpa fermentasi. Dimasak dengan cara dipanggang kedalam tungku, sehingga menimbulkan jejak kecoklatan di beberapa bagian luar roti. Rasa dari roti pita ini sedikit renyah dibagian luarnya tetapi tetap lembut pada bagian dalamnya. Makan roti ini biasanya dimakan dengan cara menyobeknya kemudian dicocol. Roti ini juga enak disajikan dengan ditemani kuah kari atau diolah menjadi lamb souvlaki atau kebab yang berasal dari negara tempat asalnya.