Kreasi Cupcake
Cupcake merupakan sejenis roti bertekstur lembut yang diolah dengan menggunakan cetakan khusus. Biasanya olahan manis ini juga ditambahkan aneka topping yang lezat dengan warna yang berbeda-beda.
Tentunya menyajikan olahan cupcake yang lezat dan bikin penasaran. Untuk kamu yang penasaran apa saja kreasi olahan cupcake, berikut lima daftarnya.
1. Pumpkin spice latte cupcakes
Olahan menu lezat yang satu ini memadukan cita rasa yang tak biasa dan tentunya menggugah selera. Menu cupcakes ini menggunakan bahan labu di dalamnya sehingga cita rasanya memang manis dan lezat. Selain itu, penambahan buttercream yang ditaburi latte pun semakin memberikan cita rasa tersendiri.
2. Bee cupcakes
Sesuai namanya, memang olahan cupcake yang satu ini memiliki tampilan yang sangat cantik dengan warna kuningnya. Olahan manis ini ternyata terbuat dari perpaduan cokelat putih dan jeruk. Selain itu, penyajiannya yang menggunakan lebah sebagai hiasan membuat cupcake yang satu ini cantik maksimal.
3. Honey Lemon Cupcake
Apakah Smart Bakers pernah membuat minuman lemon yang dicampur madu? Bayangkan rasa itu diaplikasikan pada cupcake. Inovasi ini menghadirkan cupcake dengan cita rasa lemon yang kuat, ditambah dengan frosting dari buttercream dengan pilihan rasa honey lemon. Rasa manis yang berasal dari madu dan segar dari lemon berpadu sempurna dengan tekstur dari cupcake yang lembut.
4. Cupcake Keju
Cupcake akan semakin gurih dengan tambahan topping keju. Bikin saja cupcake dengan olesan keju krim dan keju cheddar parut. Minta bantuan si kecil untuk memarut keju dan mengoles krim keju di permukaan cupcake.
5. Matcha Cupcake
Cupcake ini memakai buttercream bearoma teh hijau. Lapisan krim tentunya akan disenangi anak. Apalagi mereka bisa membantu menghias matcha cupcake.
Sejarah Cupcake
Awalnya, cupcake dibuat dan dikembangkan di Negara Paman Sam, Amerika, di abad ke-19. Pada saat itu, dinamakan cupcake karena kue ini dibuat berdasarkan takaran yang diletakkan pada paper cup, maka jadilah sebutan cupcake. Uniknya lagi, pada zaman dulu, cupcake langsung dipanggang bersama cup atau mangkoknya. Namun, dengan perkembangan zaman dan juga dunia bakery, cupcake diletakkan terlebih dulu di loyang cup, baru dilakukan proses pemanggangan.
Sejak awal kemunculannya, cupcake sudah menjadi kue yang banyak disukai oleh pecinta bakery lho, Smart Bakers. Maka tidak heran jika sampai ada Hari Cupcake Sedunia atau World Cupcake Day yang dirayakan pada tanggal 15 Desember setiap tahunnya.
Cupcake sendiri sudah terkenal dengan bentuk kue yang imut dan bisa disantap hanya dalam sekali gigit. Namun, saat ini sudah banyak bakery shop yang membuat cupcake dengan ukuran yang lebih besar loh, Smart Bakers. Maka tidak heran, jika 1-2 buah cupcake saat ini sudah bisa menjadi pengganti Birthday Cake atau kue ulang tahun.
Umumnya, cupcake mempunyai citarasa manis yang didapatkan dari cake dan juga toping yang digunakan.Oleh karena itu, dalam urutan penyajian hidangan, cupcake dikategorikan sebagai dessert atau makanan penutup.