Pesona Vestrahorn
Dua dari gunung dan sungai yang paling disukai oleh para fotografer di Islandia adalah Gunung Kirkjufell di Semenanjung Snæfellsnes, dan Vestrahorn di dekat kota Hofen.
Vestrahorn, meskipun tidak sering menjadi tujuan tur reguler, sebenarnya mudah diakses bagi mereka yang berkendara di Islandia.
Dibandingkan dengan Gunung Kirkjufell, Vestrahorn menawarkan lebih banyak kemungkinan untuk fotografi, dengan kekayaan detailnya yang kaya dan pesonanya yang tidak terhenti. Meskipun tidak menjadi latar bagi produksi drama Amerika yang terkenal seperti "A Song of Ice and Fire: Game of Thrones," Vestrahorn juga telah muncul di layar lebar dalam film "Stardust."
Dari kota Hofen, Anda hanya perlu mengikuti Jalan No. 1 menuju arah musim dingin, dan Anda akan segera menemukan pintu masuk ke terowongan. Sebelum masuk terowongan, Anda akan melihat persimpangan yang jelas; atau dengan menggunakan sistem penempatan GPS, Anda tidak akan melewatinya. Setelah Anda berbelok ke jalan kecil, Anda akan menghadapi jalan kerikil khas Islandia. Meskipun jalannya tidak terlalu berbatu, disarankan untuk berkendara dengan hati-hati, terutama karena ada banyak tikungan dan kadang-kadang visibilitas kurang baik, membuatnya sulit untuk melihat mobil lain yang datang dari arah yang berlawanan.
Setelah melewati beberapa rumah kecil di ujung jalan, Anda akan sampai di pintu masuk ke Pantai Stokksnes, yang menawarkan pemandangan terbaik dari Vestrahorn. Jarak tempuh dari kota Hofen ke sini hanya sekitar 16 kilometer, dan Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapainya.
Vestrahorn sering kali disebut dengan nama yang sesuai dengan lokasinya - Stokksnes. Pantai pasir hitam Stokksnes menghadap langsung ke gunung, memberikan pemandangan yang memukau. Vestrahorn dan Hofen terletak di sudut tenggara Islandia. Mengapa disebut sebagai Gunung Tanjung Barat daripada Gunung Tanjung Timur? Alasannya cukup sederhana - lebih jauh ke timur dari Vestrahorn terdapat gunung sudut timur lainnya - Eystrahorn, serta gunung ketiga dalam seri Horn - Brunnhorn.
Ketiga gunung ini menonjol dengan tajam ke atas dan terletak cukup dekat satu sama lain. Vestrahorn adalah yang paling barat di antara ketiganya, sementara Eystrahorn adalah yang paling timur, sesuai dengan namanya. Fotografer terkenal seperti Iurie telah mengabadikan banyak karya indah di Vestrahorn, menunjukkan cinta mereka pada gunung ini. Vestrahorn sangat serbaguna, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari berbagai sudut dan jarak, dengan latar belakang yang berbeda-beda dari musim ke musim, seperti aurora, matahari tenggelam, salju, dan es.
Jika Anda tertarik untuk memotret refleksi, Anda akan menemukan bukanlah danau, tetapi air pasang yang mencuci pantai, atau salju yang mencair, hujan yang berkumpul, dan sebagainya. Kedalaman airnya umumnya tidak lebih dari beberapa sentimeter, jadi disarankan untuk menggunakan sepatu atau bot yang tahan air.
Jika Anda berencana untuk melakukan pemotretan dengan waktu eksposur yang panjang, pastikan untuk membawa tripod. Karena Vestrahorn cukup luas, jika Anda memiliki kemampuan, Anda dapat mengambil panorama menggunakan lensa sudut lebar. Tentu saja, mode pemotretan panorama dari ponsel juga merupakan alternatif yang sederhana dan nyaman.
Karena Vestrahorn terletak dekat dengan Jalan No. 1, Anda dapat mengunjunginya sepanjang tahun. Namun, perlu diingat bahwa pada hari-hari dengan cuaca ekstrem, area tersebut mungkin tidak dapat dicapai.
Meskipun jalannya bukanlah jalan pegunungan, mobil roda dua cukup mampu di musim panas. Namun, di musim dingin, ketika jalan dari tepi selatan ke Danau Gletser Jökulsárlón dapat menjadi licin karena salju, lebih baik menggunakan mobil roda empat. Jadi, dari bulan Desember hingga Maret atau bahkan April, disarankan untuk menggunakan mobil roda empat saat berkendara ke Vestrahorn.