Manfaat Buah Nanas
Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat. Buah nanas dapat memiliki berat hingga delapan kilogram dan memiliki rasa yang manis dan asam, serta mengandung pektin seperti serat yang memberikan tekstur kenyal pada buah.
Pohon nanas adalah tanaman asli Paraguay dan namanya berasal dari bahasa Spanyol piña, yang berarti biji pinus. Ini dianggap sebagai tanaman paling signifikan secara ekonomi dalam keluarga tanaman Bromeliaceae.
Sebagian besar kekuatan penyembuhan buah ini berasal dari enzim pencerna protein yang disebut bromelain. Bromelain adalah enzim, khususnya enzim protease, yang ditemukan di batang dan buah nanas. Selain itu, nanas adalah sumber fitokimia, termasuk bioflavonoid dan tanin. Berikut manfaat nanas yang wajib Anda ketahui bagi kesehatan tubuh:
-. Kaya antioksidan
Kaya dengan nutrisi, nanas juga sarat dengan antioksidan sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif.
Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya.
Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik.
-. Mempercepat pemulihan
Mengkonsumsi nanas dapat mengurangi waktu pemulihan setelah melakukan olahraga atau bahkan setelah melakukan operasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kandungan pada nanas dapat mengurangi pembengkakan dan memar. Selain itu, protease seperti bromelain dapat mempercepat pemulihan otot setelah olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.
-. Meningkatkan kesuburan alat reproduksi
Dilansir dari Medical News Today, mengkonsumsi nanas dapat meningkatkan kesuburan alat reproduksi karena kandungan antioksidan yang menangkal radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi pada manusia. Antioksidan dalam nanas, seperti vitamin C dan beta-karoten, mineral tembaga , zinc, dan folat dapat mempengaruhi kesuburan pria dan wanita.
-. Meningkatkan imun tubuh
Berbagai kandungan vitamin, mineral, hingga enzim dalam nanas membantu anda meningkatkan imun tubuh. Penelitian yang ditulis dalam Journal of Nutrition and Metabolism menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi nanas akan berisiko lebih kecil mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.
-. Membantu turunkan berat badan
Selain olahraga, anda juga perlu memperhatikan pola makan untuk membantu turunkan berat badan, salah satunya mengonsumsi buah. Anda bisa mengonsumsi nanas untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan enzimnya yang dapat membantu membakar kalori.
Kandungan air dan serat pada nanas juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga anda tidak akan mengalami sembelit. Hal ini juga bisa membantu anda dalam proses menurunkan berat badan.