Fakta Tentang Kuda Laut
Kuda laut (Hippocampus ssp) adalah salah satu hewan air yang masuk kelompok hippocampus serta golongan syngnathidae.
Ia adalah ikan kecil yang kepalanya mirip kuda. Ikan ini memiliki setidaknya 25 spesies dan biasa ditemukan di perairan pantai tropis dan beriklim sedang, berenang tegak di antara rumput laut dan tanaman lainnya.
Keunikan hewan ini, kuda laut berkembang biak dengan cara ovovivipar, serta yang 'melahirkan' adalah pihak jantan. Hal tersebut dikarenakan kuda laut betina akan meletakkan telur-telurnya ke dalam kantung perut jantan sehingga membuat sang jantan tampak hamil.
Hewan ini menggunakan sirip di punggungnya untuk maju secara perlahan. Untuk bergerak ke atas dan ke bawah, hewan ini menyesuaikan volume udara di kantung renang yang ada di dalam tubuhnya.
Pelat kecil berduri menutupi tubuh sampai ekornya yang melengkung dan fleksibel. Ekornya dapat menangkap benda-benda, berguna ketika hewan ini ingin menambatkan diri pada tumbuh-tumbuhan.
Inilah fakta-fakta unik seputar kuda laut, hewan air yang paling setia, dirangkum dari berbagai sumber.
-. Kuda laut merupakan perenang yang buruk dan hanya dapat bergerak vertikal
Meskipun termasuk hewan air laut, akan tetapi kuda laut termasuk hewan yang tidak mampu berenang dengan baik. Kuda laut adalah perenang yang buruk di laut, karena kecepatan berenangnya sangat lambat.
Lambatnya kuda laut dalam berenang ini bukan tanpa alasan, karena dipengaruhi oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak.
Bentuk tubuhnya yang tegak, menjadikan kuda laut hanya bisa bergerak secara vertikal, tidak horisontal sebagaimana gerak ikan pada umumnya.
-. Mempunyai penglihatan yang baik
Penglihatan kuda laut tergolong sangat baik. Uniknya, masing-masing mata bisa bekerja sendiri-sendiri, lo.
Misalnya, ketika salah satu mata kuda laut melihat ke depan, mata satunya bisa melihat ke belakang secara bersamaan.
Dengan mata yang menpunyai keahlian seperti itu, kuda laut bisa berburu makanan dan menghindari pemangsa dengan baik.
-. Kuda laut hewan paling rakus, karena tidak mempunyai perut
Kuda laut dapat dikatakan sebagai hewan air yang palng rakus. Di dalam urusan makanan, hewan ini mampu memakan sekitar tiga ribu artemia di air setiap harinya.
Kemampuan makan kuda laut yang terbilang cukup banyak untuk ukuran tubuhnya yang relatif kecil dikarenakan hewan tersebut memiliki kemampuan mencerna makanan yang sangat cepat.
Kemampuan mencerna makanan yang luar biasa ini, membuat makanan yang dimakan oleh kuda laut, seolah hanya sekedar lewat.
-. Hewan setia
Pasangan hewan ini bermonogami, bertahan dengan satu pasangan untuk jangka waktu yang lama. Tetap berkomitmen pada satu pasangan memungkinkan hewan ini melewati beberapa siklus reproduksi selama setiap musim kawin.
Setiap pagi, pasangan hewan ini terlibat dalam "tarian ritual" untuk saling menyapa, bergerak melalui urutan liku-liku yang rumit dan berirama selama beberapa menit hingga berjam-jam.
Seperti manusia, hewan ini dapat menjadwalkan waktu kencan untuk menganalisis kecocokan satu sama lain. Keduanya mengaitkan tubuh satu sama lain untuk memperkuat "ikatan romantis" memastikan siklus reproduksi dan memverifikasi setiap hari bahwa pasangan mereka masih berkomitmen kuat.
-. Kuda laut jantan yang melahirkan anak-anaknya
Kuda laut merupakan satu-satunya hewan air yang jantannya mengandung. Periode kehamilannya bervariasi antara 6-10 minggu, tergantung kondisinya masing-masing.
Sebenarnya sama seperti kebanyak jenis hewan, kuda laut betina yang mengeluarkan telur dan jantan yang membuahinya, akan tetapi skemanya berbeda pada kuda laut.
Proses pembuahan dilakukan oleh kuda laut jantan tepat setelah kuda laut betina memasukan telurnya ke dalam bagian kantung depan kuda laut jantan.
Sekali pembuahan menghasilkan ribuan telur, sehingga pada saat dilahirkan jumlah kuda laut kecil bisa mencapai ribuan.