Manfaat Matahari Bagi Alam
Matahari sendiri adalah salah satu bintang galaxy tata surya yang memiliki sumber energi.
Selain berperan sebagai pusat tata surya matahari juga memiliki banyak sekali manfaat. Energi matahari dapat menghidupi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Faktanya matahari merupakan bintang paling terang dalam tatanan tata surya, terdapat 6 penyusun lapisan matahari, yakni inti matahari, zona radiasi matahari, zona konveksi matahari, fotosfer, kromosfer dan korona. Energi matahari adalah salah satu jenis energi terbarukan atau energi yang tidak akan pernah habis, energi matahari adalah sebuah energi berbentuk bola gas yang memiliki ukuran sangat besar. Sebagai contoh terjadinya proses siang dan malam karena sinar matahari terjadi karena adanya reaksi berantai antara proton-proton penyusun matahari yang hasilnya adalah pancaran energi atau cahaya yang sangat besar.
Berikut manfaat matahari bagi alam dan juga manusia:
1. Sumber energi yang mendukung kehidupan makhluk hidup dalam bumi
Seluruh makhluk hidup di muka bumi tidak bisa hidup tanpa bantuan energi matahari. Mulai dari manusia, hewan hingga tumbuhan. Salah satu manfaat matahari untuk organisme bumi ialah vitamin D, vitamin ini dibutuhkan bagi tubuh sebagai penguat daya tahan tubuh.
2. Efek Rumah Kaca
Sebagai stimulan terjadinya pertumbuhan sekaligus peningkatan produktivitas tanaman. Pasalnya efek rumah kaca selalu diidentikkan dengan konotasi negatif namun faktanya hal ini juga memiliki manfaat bagi alam.
3. Energi Bahan Bakar
Kendaraan Penggunaan dari kendaraan tenaga surya ini sendiri masih belum banyak dimiliki sekarang ini. Hal ini disebabkan tenaga surya yang belum tersedia secara luas bagi banyak orang. Maka dari itu, cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan kendaraan ini tentu adalah dengan melakukan perubahan pada sumber listrik, dari batu bara menjadi energi terbarukan seperti matahari.
4. Pusat Tata Surya
Galaksi Bima Sakti Manfaat matahari bagi alam selanjutnya, adalah sebagai pusat tata surya, yang terdiri atas banyak bintang. Matahari memiliki massa dan gravitasi terbesar dibandingkan bintang-bintang lainnya. Inilah yang membuat planet-planet dan benda langit lainnya bergerak mengitarinya. Gravitasi matahari membuat seluruh planet tetap dalam orbit masing-masing.
5. Membantu terjadinya siklus air, angin & hujan
Siklus air, angin dan hujan terjadi karena adanya energi matahari. Mulai dari penguapan sampai terjadi hujan yang bisa dimanfaat bagi kelangsungan hidup makhluk yang tinggal di bumi.
6. Pendukung Terjadinya Siklus Fenomena Alam
Selain sebagai pemicu terjadinya pergantian musim, energi matahari juga berperan sebagai faktor pendukung terjadinya siklus fenomena alam seperti terjadinya hujan dan angin. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber daya alam tak terbatas.
7. Menyediakan oksigen untuk organisme
Manfaat energi matahari juga dapat membantu menyediakan oksigen untuk seluruh makhluk hidup. Mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan. Nah, ternyata selain dari fotosintesis, oksigen bisa muncul dari proses penguapan matahari.
8. Sumber energi yang membantu proses fotosintesis
Proses fotosintesis pada tumbuhan terjadi karena bantuan dari energi matahari. Tumbuhan yang terlihat hijau dan bagus itu berkat fotosintesis dan energi matahari yang membantu tumbuhan tersebut untuk tetap hidup.
Demikian informasi mengenai manfaat matahari bagi alam. Semoga bermanfaat!