Jenis Burung Kolibri
Burung Kolibri merupakan istilah yang disebutkan oleh para kicau mania dari nama burung-madu.
Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang terkenal karena memiliki ragam jenis, warna serta suaranya indah. Kepopulerannya tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga sampai ke mancanegara dan seluruh dunia. Jenis burung kolibri pun bermacam-macam. Kolibri adalah burung kecil dengan memiliki panjang antara 6,4 cm dan mempunyai warna beragam yang cemerlang serta kicauan nan merdu. Dimana burung ini sebagian besar banyak hidup wilayah Amerika Utara dan Selatan. Untuk seekor kolibri ini sendiri mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan. Sehingga warna tersebut dapat memantulkan dan memancarkan cahaya berwarna-warni dan bisa berubah ketika burung ini bergerak seperti minyak pada air. Terdapat lebih dari 300 jenis spesies burung kolibri yang hidup di wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Padahal untuk kolibri jenis Sword Billed sendiri hidup di daerah bagian barat hutan pegunungan Andes.
Berikut ini jenis burung kolibri:
1. King Konin
King Konin atau bernama lain burung madu bakau memiliki nama latin Leptocoma Calcostetha. Kolibri jenis ini berhabitat di hutan mangrove tepi hutan, rawa rawa serta tersebar luas sampai ketinggian 250 mdpl.
Ciri-ciri dari king konin jantan yaitu memiliki ukuran sedang sekitar 13 cm serta berwarna kehitaman pada bagian tubuh, dada berwarna ungu, memiliki setrip kumis dan pada bagian dada atas atau tenggorokan berwarna tembaga gelap mengkilap. Sedangkan yang berkelamin betina pada bagian tenggorokan keputih-putihan, punggung berwarna zaitun, berwarna abu-abu pada bagian kepala, perut berwarna kuning dan penutup ekor bagian bawah berwarna putih.
2. Kolibri Manggar/Kolibri Kelapa
Jenis burung kolibri Manggar atau yang juga dikenal dengan kolibri kelap dengan nama latin Anthreptes malacensis ini merupakan salah satu burung pemakan madu/nektar yang memiliki penampilan yang lumayan cantik. Ukuran dari burung kolibri Manggar ini yaitu termasuk kedalam burung kolibri yang berukuran sedang yaitu 13 cm.
Selain memiliki penampilan yang tidak kalah menawan dibandingkan dengan jenis kolibri pada umumnya, ternyata suara burung kolibri manggar inipun memiliki suara kicauan yang bisa dibilang merdu dan bervariasi. Perbedaan burung kolibri manggar ini dengan jenis kolibri pada umunya yaitu bisa dilihat dari ukuran paruhnya, ukuran paruh burung kolibri manggar ini lebih besar dan lebih sedikit pendek dibandinfkan dengan paruh burung koibri yang lain. Dilihat dari suara burung kolibri kelapa yang sangat lantang dan nyaring ini jadi suar burung kolibri manggar ini sangat cocok dijadikan suara masteran burung kicau lainya.
3. Kolibri Ekor Merah
Kalau di Indonesia sendiri memiliki sebagian spesies burung madu endemik dan non-endemik yang tersebar pada sebagian wilayah. Salah satu jenis burung madu ini yaitu burung madu ekor merah, dimana yang memiliki nama latin (Aethopyga temminckii). Untuk jenis dari burung madu yang berekor panjang dengan memiliki warna merah mencolok ini berasal dari wilayah pulau Sumatera dan Kalimantan. Bukan hanya memiliki penampilan yang indah dan menawan, melainkan ciri khas dari burung madu ekor merah ini pun mempunyai suara kicauan yang bisa didengar dengan sangat tajam. Burung ini boleh kita peroleh dari hutan terbuka, misalnya di perbukitan, gunung dan di daerah hutan tropis dan subtropis maupun di daerah dataran rendah yang lembab. Tentunya yang memiliki ketinggian antara 1800 m. Untuk wilayah penyebarannya sendiri terdapat di wilayah pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan di sebelah selatan barat Thailand. Burung madu ekor merah memiliki ukuran tubuh yang kecil (antara 13 cm).
4. Kolibri Black Sunbird
Jenis Kolibri Black Sunbird ini termasuk kedalam jenis burung kicau yang berukuran kecil yang hanya berukuran sekitar 11 cm saja. Kolibri Black Sunbird ini merupakan burung jenis pemakan nektar yang paling dicari oleh pecinta burung diindonesia, mengapa demikian? Karna jenis pemakan nektar yang satu ini termasuk kedalam burung yang langka, dan memiliki keunikannya sendiri.
5. Kolibri Wulung / Muncang
Burung kolibri wulung memiliki nama latin Anthreptes singalensis. Jenis ini sangat dikenal sebagai burung petarung, karena mempunyai mental yang sangat bagus. Ukuran tubuh jenis wulung tergolong kecil hanya 10cm saja. Untuk kolibri wulung jantan memiliki ciri khas warna bagian mahkota dan bagian atas tubuh hijau tua dan mengkilap, bagian pipi yang berwarna merah, bagian leher dan dada berwarna coklat. Berdeda dengan yang jantan, untuk betina memiliki warna tubuh hijau zaitun dan memiliki warna yang lebih pucat dari pada warna tubuh pejantan. Habitat dari burung kolibri jenis ini adalah di kaki gunung dan suka berpindah-pindah untuk menuju tempat yang lebih tinggi. Hidupnya bergerombol dan suka makanan serangga kecil, ulat dan madu seperti jenis lainnya.
6. Kolibri Matari
Burung madu matari merupakan burung endemik asli di Indonesia pada wilayah timur. Ciri khas dari burung madu matari ini adalah bentuk fisiknya yang tampak indah dan menawan. Pada umumnya untuk habitat burung madu matari ini dibuat sebagai tempat untuk menetap dan berkembang biak yang terletak di hutan. Jenis burung madu matari ini memang sangat menyenangi nektar yang diambilnya dari putik bunga. Selain itu, burung madu ini juga menyukai daerah-daerah yang rimbun dengan dipenuhi oleh bunga maupun buah-buahan.
7. Kolibri Merak
Jenis burung Kolibri Merak ini biasa juga disebut dengan nama burung Kolibri gunung. Diambil dari habitatnya yang bisa anda temui di pegunungan dan dataran tinggi. Burung Kolibri Merak ini merupakan burung endemik pulau jawa yang hanya dapat ditemukan ditanah jawa dan tidak dapat ditemui di daerah-daerah lain. Untuk ukuran tubuhnya burung kolibri Merak atau gunung ini memiliki ukuran yang sedang hanya berukuran 13 cm. Dan untuk makananya sama seperti jenis jenis burung kolibri yang lain yaitu memakan nektar dan serangga kecil seperti laba-laba dan ulat kecil.
8. Kolibri Sangihe
Jenis kolibri sangihe merupakan asli dari kepulauan sangihe Sulawesi Utara, dan hanya dapat ditemukan di gunung Sahendaruman. Makanan sama dengan jenis-jenis kolibri lainnya yaitu nektar bunga dan binatang avertebrata yang sering dijumpai di daun. Postur tergolong sedang yaitu 12 cm tidak jauh beda dengan jenis kolibri gunung.
Nah itulah beberapa jenis burung kolibri yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!