Fakta Menarik Panna Cotta
Italia memiliki menu dessert yang cukup terkenal. Nama hidangannya ialah panna cotta.
Panna cotta adalah hidangan penutup Italia dari krim manis yang dikentalkan dengan gelatin dan dibentuk. Krim dapat diaromatisasi dengan kopi, vanila, atau perasa lainnya. Nama panna cotta tidak disebutkan dalam buku masak Italia sebelum tahun 1960-an,,[1][2] namun nama ini sering dikutip sebagai makanan penutup tradisional di wilayah utara Italia, Piemonte. Satu cerita yang belum diverifikasi mengatakan bahwa itu ditemukan oleh seorang wanita Hongaria di Langhe pada awal 1900-an.
Dilansir dari The Kitchn, panna cotta adalah dessert lembut khas Italia yang mirip dengan puding di Indonesia. Beberapa orang menyebut panna cotta sebagai cooked cream atau krim yang dimasaknya. Sebab, bahan utama panna cotta ialah susu dan krim. Selain itu ada pula gelatin yang digunakan sebagai bahan pengentalnya. Mengutip laman Ehow, penggunaan gelatin inilah yang membuat panna cotta berbeda dengan puding. Pasalnya, puding sendiri biasa dikentalkan menggunakan telur atau tepung maizena. Terkadang, ada pula yang menambahkan bubuk agar-agar untuk mengentalkan puding.
Panna cotta memiliki rasa khas vanila dengan tekstur yang sangat lembut. Saat dimakan, panna cotta terasa lumer dan pecah di mulut. Dalam penyajiannya, panna cotta biasa dihidangkan di dalam gelas atau dicetak di atas piring. Untuk pelengkapnya, panna cotta diberi siraman saus manis dan aneka buah-buahan. Sesekali, kamu dapat membuat panna cotta sendiri di rumah. Cara membuat panna cotta cukup sederhana. Namun baiknya perhatikan penggunaan gelatinnya karena bahan tersebut merupakan kunci supaya panna cotta set atau jadi.
Berikut ini fakta dari Panna cotta:
1. Sekilas memiliki kemiripan dengan dessert sejenisnya
Dari penampilannya kita mungkin akan menilai bahwa panna cotta ini tak berbeda dengan custard, flan atau crème brûlée. Namun sesungguhnya mereka merupakan jenis yang sangat berbeda. Panna cotta dibuat tanpa menggunakan kuning telur dan punya konsistensi yang sangat lembut.
2. Panna cotta sangat mudah dibuat di rumah
Nah, kalau kamu pengen mencicipi panna cotta tapi gak mau keluar rumah demi mengehmat budget, coba buat panna cotta sendiri di rumah aja guys! Dessert ini mudah banget lho buat diracik sendiri. Kamu membutuhkan krim kental, susu segar, gula dan gelatin. Gelatin yang kamu gunakan bisa berbentuk lembaran ataupun gelatin bubuk. Sebelum dimasak gelatin yang masih berbentuk lembaran bisa kamu rendam dulu dalam air, lalu panaskan susu segar, krim kental dan gula. Setelah gelatin lunak masukan ke dalam adonan yang dipanaskan. Aduk sebentar hingga semua tercampur rata lalu angkat. Cetak di wadah dan simpan di lemari es hingga padat lalu sajikan dengan topping sesuai selera kalian.
3. Panna cotta bisa dikreasikan dengan varian rasa gurih
Siapa bilang panna cotta hanya cocok bagi kamu para pecinta manis? Meskipun bernama dessert namun panna cotta juga bisa diciptakan dengan lain versi, yaitu variasi rasa gurih. Kamu hanya perlu menghilangkan komposisi gula agar panna cotta terasa netral. Panna cotta gurih bisa disajikan bersama salad, bacon, atau dikreasikan bersama puree sayur yang dicampur dalam adonan panna cotaa sebelum dicetak.
Nah itulah fakta menarik dari panna cotta. Semoga bermanfaat!