Keindahan Bunga Peony
Bunga peony merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara hingga Barat.
Bunga ini termasuk ke dalam keluarga Peoniaceae dengan varietas berbagai warna.
Bunga peony sangat mencolok dan bagus untuk dijadikan hiasan di rumah Anda.
Jadi bagaimana cara menanam peony?
1. Menanam
Tanam peony di tanah yang gembur, subur, memiliki drainase yang baik, dan bersifat basa. Sebelum tanam, lakukan desinfeksi tanah dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari, pangkas sedikit akar tanaman peony, buang akar yang sakit dan mati lalu masukkan ke dalam pot atau lubang tanam, tutup tanah dan aduk hingga tanah dan akar tanaman menjadi subur. Tanam berdekatan.
2. Penyiraman
Setelah menanam dan mengaduk tanah, sirami tanaman secara menyeluruh satu kali dan jangan biarkan air menumpuk, karena peony takut genangan air dan akarnya mudah membusuk. Jika tanah terlalu kering di musim kemarau, Anda bisa menyiram secukupnya.
Pada musim hujan dan cuaca hujan sebaiknya memperhatikan drainase, tidak perlu menyiram pada musim dingin. Setelah hari-hari hujan, lakukan pelonggaran tanah secara tepat waktu untuk mencegah penggumpalan tanah yang dapat membuat tanah tetap gembur.
3. Pemupukan
Pupuk dasar harus diberikan dalam jumlah yang cukup, tersedia pupuk kue dan pupuk kandang yang sudah busuk, dan pupuk dasar tidak boleh bersentuhan langsung dengan akar tanaman peony, tetapi dipisahkan oleh tanah.
Pupuk harus ditambahkan bersama dengan tanah budidaya di musim dingin untuk menyimpan energi agar tanaman tetap hangat selama musim dingin, dan peony yang baru ditanam terutama perlu dipupuk dengan pupuk encer.
4. Pemangkasan
Setelah peony yang baru ditanam menumbuhkan tunas baru di musim semi, sisakan sekitar 5 cabang yang kuat dan potong sisanya untuk memusatkan pasokan nutrisi dan bersiap untuk berbunga di tahun berikutnya. Selain itu, beberapa cabang yang lemah dan cabang yang tidak berbunga harus dipotong pada musim gugur dan musim dingin.
Perhatikan pelestarian panas di musim dingin, naungan dan pendinginan di musim panas, sediakan cukup cahaya di musim semi, musim gugur, dan musim dingin, drainase tepat waktu di musim hujan, tidak perlu pupuk tebal untuk bunga peony yang baru ditanam, dan pemangkasan teratur untuk menjaga tanaman sehat.
5. Waktu tanam
Jika peony ditanam pada musim semi maka sangat sulit berbunga sehingga tidak cocok ditanam pada musim semi.
Kapan waktu terbaik menanam peony?
Waktu terbaik adalah bulan September hingga Oktober di musim gugur, karena akar peony tumbuh di musim dingin dan tanaman baru dapat tumbuh di musim semi tahun berikutnya.
Tindakan pencegahan :
1. Jangan meninggalkan ruangan terlalu dingin
Tanaman peony takut dingin, dan meskipun suhu naik perlahan di musim semi, tanaman ini mungkin mengalami fenomena suhu rendah secara tiba-tiba, yang dapat dengan mudah menyebabkan pembekuan tanaman.
2. Hindari genangan air di tanah pot
Sistem akar peony berdaging dan sangat takut tergenang air. Saat menanam peony, Anda tidak boleh menyiramnya secara berlebihan, jika tidak maka peony akan mudah busuk. Saat menyiram, lebih baik menjaga tanah pot sedikit lembap daripada basah.