Manfaat Lidah Buaya
Lidah buaya dikenal sebagai "harta karun vitamin, asam amino dan mineral".
Sejak tahun 1980-an, “demam lidah buaya” muncul di dunia.
Karena memiliki beragam manfaat dalam kecantikan dan perawatan kulit. Berikut ini adalah manfaat dari lidah buaya:
1. Menunda penuaan kulit
Lendir dalam lidah buaya mengandung protein unik yang memperlambat penuaan, sehingga memiliki efek menunda penuaan kulit. Terdapat asam amino dan polisakarida pada lidah buaya yang dapat mengisi kembali kelembapan kulit yang hilang dan mengembalikan fungsi kolagen sehingga menjadikan kulit lembut, halus dan elastis.
2. Menutrisi kulit, melembapkan dan astringent
Lidah buaya tidak hanya memiliki efek menunda penuaan kulit, tetapi juga lidah buaya dapat memperbaiki masalah kulit dengan sangat baik, karena mempunyai sifat astringent, melembutkan, menutrisi, melembapkan kulit. Beberapa orang memanfaatkan lidah buaya segar langsung untuk dijadikan masker wajah dan air lidah buaya dapat membantu menghidrasi kulit, menjadi toner, pembersih sekunder, pengontrol minyak dan mengecilkan pori-pori. Namun penggunaan lidah buaya segar yang tidak tepat dapat menyebabkan alergi kulit dan dapat menyebabkan kulit kering dan kasar.
3. Mengobati peradangan kulit, anti inflamasi dan sterilisasi
Lidah buaya juga memiliki efek anti inflamasi dan bakterisida sehingga dapat menghambat peradangan dan mengatasi peradangan kulit, karena mengandung bahan sterilisasi dan detoksifikasi, serta dapat mempercepat perbaikan sel dan mengembalikan kehalusan kulit.
4. Penghilang bintik
Lidah buaya juga dapat meningkatkan metabolisme melanin, sehingga memiliki efek menghilangkan bintik. Namun, tidak semua orang cocok menggunakan lidah buaya, banyak juga yang mengalami reaksi alergi. Reaksi alergi ini akan menimbulkan dermatitis pada area yang diolesi, jadi sebelum menggunakannya cobalah terlebih dahulu pada bagian kulit yang tipis di belakang telinga, jika tidak alergi baru gunakan secara keseluruhan.