Gedung Pencakar Langit
Pencakar langit umumnya adalah bangunan yang sangat tinggi.
Secara khusus, bangunan tempat tinggal dengan ketinggian lebih dari 27 meter dan bangunan sipil dengan ketinggian lebih dari 24 meter bisa disebut sebagai bangunan bertingkat tinggi.
Pencakar langit biasanya memiliki ketinggian lebih dari 300 meter, membuatnya menjadi gedung-gedung super tinggi. Ketika menara pusat dibangun pada abad ke-11, tingginya hanya empat lantai, yang merupakan gedung tinggi yang langka pada waktu itu. Dinding menara terbuat dari batu, dan setiap lantai harus mampu menopang berat dari semua lantai di atasnya. Tembok bagian bawah memiliki ketebalan 5,2 meter. Bangunan dengan dinding penahan beban dapat mencapai ketinggian lima lantai.
Namun, dinding yang paling bawah, seberapa tebal pun, tidak dapat menopang struktur yang lebih tinggi. Hanya dengan menggunakan rangka untuk menopang beban atas, bersama dengan dinding yang lebih ringan, gedung-gedung tinggi dapat dibangun. Rumah-rumah berbingkai kayu pada abad pertengahan merupakan langkah pertama menuju hal itu. Baru pada abad ke-19, ketika produksi baja meningkat dan menjadi lebih dapat diandalkan, solusi radikal pun muncul.
Bangunan penahan beban pertama dengan rangka besi terintegrasi adalah gudang perahu empat lantai yang dibangun pada tahun 1860 di Sheerness, Inggris. Dengan ketinggian 16 meter, gudang tersebut memiliki tiang-tiang besi cor dan balok-balok besi tempa dengan bentang 9 meter, yang dibuat rapat pada tempatnya. Namun, gedung pencakar langit pertama dilahirkan di Amerika Serikat.
Pencakar langit pertama dengan rangka penahan beban adalah gedung Asuransi Rumah berlantai 10 yang dibangun di Chicago pada tahun 1884-1885. Terdiri dari 6 lapis kolom besi di bagian bawah yang disambung menjadi rangka balok besi tempa, dan 4 lapis di bagian atas yang merupakan rangka baja. Sejak itu, gedung pencakar langit dengan rangka baja telah dibangun di Amerika Serikat. Menara Woolworth bergaya Goethe dengan 55 lantai di New York City, yang selesai dibangun dalam waktu tiga tahun dengan ketinggian 230 meter, menjadi gedung tertinggi di dunia saat selesai dibangun pada tahun 1913.
Kepanikan Ekonomi Besar tahun 1929 adalah periode booming konstruksi di Amerika, dan gedung pencakar langit berkembang pesat seiring dengan perekonomian Amerika. Pada tahun 1931, Empire State Building dengan 102 lantai selesai dibangun di New York City. Gedung ini kemudian bertahan sebagai gedung tertinggi di dunia selama 40 tahun dan menjadi simbol gedung pencakar langit bahkan New York.
Selesai dibangunnya Menara Sears di Chicago pada tahun 1974 menggantikan Menara Kembar World Trade Center di New York sebagai gedung tertinggi di dunia, membawa gelar nomor satu dunia kembali ke Chicago, tempat kelahiran gedung pencakar langit tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan ekonomi negara-negara berkembang di Asia telah meningkat secara bertahap, dan peringkat gedung pencakar langit super tinggi telah beralih dari dominasi Amerika ke Asia dan Amerika Serikat.
Selesai dibangun pada tahun 1998, Menara Twin Peaks di Kuala Lumpur memindahkan persaingan untuk ketinggian tertinggi di dunia dari benua Amerika ke Asia. Burj Khalifa di Dubai, yang dibuka pada tahun 2010, adalah gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Gedung Montauk, yang merupakan gedung 10 lantai pertama di Chicago yang dirancang oleh Burnham dan Rutter, termasuk dalam jenis ini. Dari sinilah istilah "gedung pencakar langit" muncul.
Gedung tertinggi di dunia saat ini adalah Menara Dubai. Menara Dubai adalah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab. Dengan total 162 lantai dan tinggi 828 meter, gedung ini merupakan gedung tertinggi yang pernah dibangun di dunia. Menara Dubai memiliki bentuk yang menyerupai bunga gurun dengan enam kelopak, memberikan efek visual yang sangat indah. Burj Khalifa dilengkapi dengan hotel dan restoran di lantai 37 dan apartemen di lantai 45 hingga 108.
Gedung tertinggi kedua di dunia adalah Menara Shanghai. Shanghai Tower terletak di Shanghai, Cina, dengan total tinggi 632 meter dan 128 lantai. Bagian luarnya berputar ke atas dan tampak seperti gitar yang diambil dari atas. Gedung tertinggi ketiga di dunia adalah Mecca Royal Clock Tower Hotel. Mecca Royal Clock Tower Hotel, sebuah kompleks bangunan di Mekah, telah memegang beberapa rekor dunia untuk menara jam tertinggi di dunia, hotel, dan tampilan jam terbesar sejak dibuka pada tahun 2011.