Fakta Luar Angkasa
Terdapat beberapa fakta yang bisa saja menakutkan di luar angkasa.
Bintang-bintang yang gemerlapan di angkasa sana, seolah ingin menyadarkan kita bahwa manusia sebegitu kecilnya kita dibandingkan jagat alam semesta ini. Seringkali kita begitu disibukkan dengan urusan diri sendiri, hingga kita tak menyadari bahwa ada banyak hal di luar angkasa yang mencengangkan. Berikut ini fakta menarik mengenai luar angkasa:
1. Tidak ada yang mengetahui ada berapa banyak bintang di luar angkasa
Ukuran luar angkasa yang sangat luas membuat ilmuwan kesulitan untuk secara akurat memprediksi berapa banyak bintang yang ada di luar angkasa saat ini. Para ilmuwan dan astronom hanya memprediksi jumlah bintang yang ada di galaxy kita yaitu, galaxy Bima Sakti yakni berkisar antara 200-400 miliar bintang dan ilmuwan memperkirakan masih ada miliaran galaxy sehingga bintang-bintang di luar angkasa sulit untuk diprediksikan.
2. Angkasa memiliki bau
Astronot yang kembali dari spacewalks melaporkan bau dunia lain yang menempel pada pakaian antariksa mereka. Menurut astronot Thomas Jones, luar angkasa membawa bau ozon yang khas, tajam dan samar seperti bubuk mesiu, belerang.
3. Bintang neutron dapat berputar hingga 600 kali per detik
Bintang neutron merupakan bintang terpadat dan terkecil di alam semesta yang diketahui saat ini, meskipun radius mereka hanya sekitar 10 km (6 mil), tetapi mereka mungkin memiliki massa beberapa kali dari massa Matahari. Sehingga bintang ini dapat berputar hingga 600 kali per detik setelah mereka lahir dari ledakan bintang supernova.
4. Ada planet tempat hujan kaca
Exoplanet HD 189733b tampak seperti oasis biru yang damai dari jauh, tetapi di permukaan terdapat angin bertiup hingga 5.400 mph, dan hujan kaca cair.
5. Jejak kaki yang ada di bulan akan tetap ada di sana hingga 100 juta tahun
Bulan tidak memiliki atmosfer sehingga tidak ada angin yang mengikis permukaan dan tidak ada air untuk membersihkan jejak kaki tersebut. Artinya jejak kaki astronot Apollo, bersama dengan jejak pesawat ruang angkasa akan tetap ada di sana selama jutaan tahun.
6. Luar angkasa telah menyerang bumi dan bisa menyerang kembali
Badai geomagnetik terjadi di Bumi pada tahun 1859 ketika lontaran massa korona dari matahari menghantam planet kita. Terdapat aurora berwarna-warni yang lebih terang dari bulan dan berbagai mesin telegraf gagal dan beberapa terbakar. Jika peristiwa serupa terjadi sekarang seluruh jaringan listrik dan komunikasi kita dapat padam dalam sekejap.
7. Tidak Hening
Banyak masyarakat mungkin mengira suasana di luar angkasa sangat hening. Apalagi didukung dengan anggapan bahwa suara tidak akan merambat di luar angkasa. Namun, hal itu tidak sepenuhnya tepat. Luar angkasa nyatanya tempat yang memiliki banyak aktivitas menghasilkan bunyi. Auman luar angkasa adalah istilah untuk suara yang didengar oleh para astronot dan ilmuwan badan antariksa Amerika Serikat NASA. Hal ini diketahui pada 2009 NASA mengirim perangkat bernama ARCADE untuk mendeteksi radiasi bintang. Saat berada di atmosfer, ilmuwan menangkap gelombang radio sangat besar dan tidak diketahui asalnya. Mereka juga mendengar gemuruh yang keras.
8. Menjadi astronot bisa menjadi hal yang buruk
Menjadi astronot bisa saja menakutkan. Kulit di kaki Anda akan mengelupas, kotoran mengambang kecuali jika Anda memakai popok ruang angkasa, radiasi kosmik yang dapat menyebabkan sejumlah masalah Kesehatan, dan rasa kebosanan serta keterasingan.
Nah itulah fakta menarik tentang luar angkasa. Semoga bermanfaat!