Destinasi Melihat Aurora
Aurora merupakan fenomena alam yang gak bakal bisa kamu lihat setiap saat.
Aurora adalah fenomena alam berupa cahaya menyala-nyala dan menari-nari di langit malam. Penampakannya begitu indah dan memukau serta membuat takjub siapapun yang melihatnya. Fenomena aurora ini terkait dengan selubung medan magnet atau magnetosfer Bumi dan aktifitas kemunculan cahaya dari matahari. Semakin kuat dan lama cahaya aurora, dapat diperkiraan semakin kuat gangguan dari matahari yang dikenal sebagai badai matahari (solar storm). Berikut destinasi atau tempat terbaik melihat aurora di berbagai belahan dunia:
1. Yellowknife, Canada
Yellowknife adalah sebuah desa kecil di pantai utara Great Slave Lake yang dikenal sebagai surga penampakan aurora di Kanada. Selain berkat lintang utara dan polusi cahaya rendah, di kota ini disediakan tenda-tenda untuk menginap dan menyaksikan pancaran cahaya yang spektakuler. Tak hanya di desa, kamu bisa mampir ke kota di Northern Lighthouses untuk melihat aurora aktif pada malam hari. Jika kamu tertarik ke Kanada, datanglah pada pertengahan Agustus hingga akhir April.
2. Tromso, Norwegia
Pada Desember hingga Februari merupakan bulan favorit untuk berburu aurora di Norwegia. Tromso adalah tempat terbaik dan paling populer untuk menikmati aurora borealis. Bahkan saat Desember, diselanggarakan acara tahunan polar Night Half Marathon di Tromso. Tidak heran Okezoners, Tromso menjadi destinasi wisata winter favorit keluarga untuk berlibur. Selain Tromso ada juga Lyngenfjord, Norwegian Archipelago, Svalbard, Unstand, Lofoten, dan Alta yang merupakan tempat terbaik lainnya untuk melihat dan mengagumi keindahan aurora di Norwegia.
3. Georgia
Georgia merupakan negara paling selatan yang selalu tertutup laut es tiap tahunnya. Kamu bisa singgah ke sini menggunakan kapal pesiar. Tempat terbaik untuk melihat langit aurora di sekitar Kepulauan Sandwich Selatan, Georgia Selatan. Kamu bisa menyaksikannya antara Maret dan September.
4. Fairbanks, Alaska
Berniat ke Amerika Serikat untuk tujuan liburan di akhir Agustus hingga pertengahan April? Kamu harus mengunjungi Waterfowl Refuge Creamer's Field Migratory yang berjarak 3 km dari Downtown Fairbanks, tempat terbaik di AS untuk menikmati cahaya utara pada periode tersebut. Beberapa kelebihan menyaksikan aurora di sana adalah lokasi yang mudah diakses di jalan beraspal yang terawat baik, terdapat sistem ramalan aurora sendiri, dan adanya paket tur untuk membawa pengunjung yang jauh dari kota. Jika ingin menetap di kota, Creamer's Field adalah area terbuka di sisi utara kota dengan visibilitas yang hebat.
5. Argentina
Melihat aurora di Ushuaia, Argentina, butuh faktor keberuntungan yang besar. Saat suasana malam sudah mendukung, belum tentu kamu bisa melihat aurora di sana. Kamu bisa dengan mudah ke sini, karena Ushuaia memiliki bandara. Kamu bisa melihat aurora saat musim dingin Antartika, antara Maret dan September.
6. Finlandia
Spot terbaik untuk melihat aurora di Finlandia terdapat di Kakslauttanen, Muonio, Rovaniemi dan Paatsjoki Finnish Lapland. Waktu yang tepat untuk melihat aurora di Finlandia adalah pada Desember hingga Februrari, karena cahaya aurora akan berpendar sempurna di atas salju
Nah itulah destinasi melihat aurora di dunia. Semoga bermanfaat!