Manfaat Laut Bagi Manusia
Laut merupakan 71% bagian dari planet ini dan menyediakan banyak layanan bagi manusia.
Istilah ‘laut’ mengacu pada badan air asin yang menutupi sebagian besar dari permukaan bumi. Tanpa adanya laut yang melingkupi sebagian besar bumi kita, kehidupan di bumi akan sangat mustahil keberadaannya. Di Indonesia sendiri memiliki wilayah laut yang sangat luas. Bahkan Indonesia pun dijuluki sebagai negara maritime karena wilayah lautnya yang lebih luas dibandingkan wilayah darat. Laut Indonesia pun menjadi sumber tumpuan hidup bagi banyak masyarakat Indonesia. Dan tahukah anda jika kehidupan di bumi berawal dari laut? Sebagai contoh, melalui proses tertentu, berbagai partikel dari laut yaitu asam amino meleleh secara bersamaan yang merupakan proses awal pembentukan bebatuan yang menyusun bumi kita hingga sekarang ini. Percaya atau tidak, asam amino merupakan unsur yang sampai saat ini dapat kita temukan baik pada hewan, tumbuhan hingga kita, manusia.
Penting untuk memahami manfaat laut bagi kehidupan makhluk hidup supaya manusia seperti kita lebih bijak untuk bertindak dan merawat bumi. Berikut manfaat laut bagi makhluk hidup:
1. Mengurangi Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global
Manfaat laut bagi kehidupan manusia yang satu ini tidak terlihat wujudnya, tetapi hasilnya bisa dirasakan oleh manusia. Efek Rumah Kaca yang menyebabkan pemanasan global, atau meningkatnya suhu permukaan bumi salah satunya disebabkan oleh semakin banyaknya gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfir bumi, seperti ozon, metana, karbondioksida, dan banyak lagi lainnya.
2. Sumber Energi Yang Tak Terhingga Besarnya
Belum banyak digali tetapi banyak negara yang memiliki laut yang luas menyadari bahwa ada satu lagi manfaat laut bagi kehidupan manusia, yaitu sebagai sumber energi. Di beberapa negara maju, seperti Amerika Serikat dan Inggris, laut sudah dipandang sebagai sumber energi alternatif yang sangat potensial. Energi yang dihasilkan pun tidak seperti bahan bakar minyak yang akan habis dan tentunya sangat ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara dan menebarkan gas rumah kaca. Salah satu bagian laut yang mulai dilirik sebagai pembangkit energi adalah ombak. Gerak air yang diakibatkan hembusan angin ini sudah terbukti bisa diubah menjadi energi listrik. Beberapa pembangkit listrik tenaga ombak sudah dibangun di banyak negara maju dan dipergunakan untuk menghasilkan listrik yang sangat dibutuhkan manusia.
3. Jalur Transportasi
Selain darat dan udara, jalur laut adalah salah satu jalur alternative lainnya untuk membantu mobilisasi masyarakat. Bahkan di Indonesia yang tidak lain adalah negara kepulauan yang dipisahkan oleh lautan – lautan, menggunakan jalur transportasi laut sangat membantu.
4. Untuk Tempat Rekreasi
Laut dapat menjadi salah satu alternative tempat untuk rekreasi. Pemandangan di laut yang didominasi warna biru dengan angina semilir bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan penat dari aktifitas keseharian. Apalagi kita di Indonesia, banyak sekali wilayah laut Indonesia yang banyak dijadikan sebagai spot favorit untuk diving atau sekedar snorkeling atau bersantai. Bahkan banyak sekali spot laut Indonesia yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara.
5. Objek untuk penelitan
Ada berbagai biota yang hidup dan berkembang di laut. Hal tersebut juga lah yang pastinya mengundang keingintahuan dari berbagai pihak. Tak jarang, laut juga digunakan sebagai objek riset sebuah penelitian. Selain biota laut, hal lainnya yang biasa diteliti adalah aliran air, ombak, hingga tingkat salinitas air laut.
6. Lautan mengatur iklim bumi
Manfaat laut selanjutnya yaitu mengatur iklim bumi. Dalam banyak hal, laut mengatur iklim kita. Ia menyerap panas dan mengangkut air hangat dari ekuator ke kutub, dan air dingin dari kutub ke daerah tropis. Tanpa arus ini, cuaca akan menjadi ekstrim di beberapa daerah, dan lebih sedikit tempat yang dapat dihuni. Laut mengatur hujan dan kekeringan. Memegang 97% air di planet kita, hampir semua hujan yang turun di darat berasal dari laut. Lautan menyerap CO2, untuk menjaga siklus karbon, dan suhu di bumi, dalam keseimbangan. Ini seperti sistem kontrol iklim global kita.
7. Menciptakan jutaan pekerjaan
Pada tahun 2030, industri berbasis laut akan mempekerjakan lebih dari 40 juta orang di seluruh dunia, menurut perkiraan laporan OECD. Bagian terbesar dari pekerjaan tersebut kemungkinan besar berada di sektor perikanan, diikuti oleh pariwisata. Kesehatan ekonomi industri maritim secara fundamental terkait dengan kesehatan lautan secara keseluruhan, tentunya. Ekonomi laut sangat penting di negara-negara berkembang, yang merupakan rumah bagi sebagian besar dari 3 miliar orang yang bergantung pada laut untuk mata pencaharian mereka.
8. Cadangan Air Tawar Yang Sangat Besar
Manusia butuh air untuk hidup. Tanpa minum air setiap hari, manusia akan mati. Lalu, apa kaitannya dengan laut? Bukankah manusia tidak bisa dan tidak dianjurkan minum air laut yang asin? Memang betul karena hal itu akan berbahaya bagi manusia dan juga rasa haus tidak akan bisa hilang, bahkan bertambah kalau meminum air laut secara langsung. Tetapi, air laut tetaplah air. Meski aslinya asin, tetapi air laut bisa dirubah menjadi air tawar dengan proses desalinasi. Hal itu sudah dilakukan di banyak kapal yang dalam jangka waktu lama tidak akan merapat ke pelabuhan. Biasanya kapal-kapal itu akan dilengkapi dengan mesin desalinasi untuk memurnikan air laut. Memang, sekarang penggunaan air laut sebagai sumber air tawar masih terbatas, tetapi ketika jumlah manusia semakin banyak, dan sumber air tawar di daratan semakin banyak yang tercemar, suatu waktu akan banyak yang beralih ke laut sebagai sumber air. Dengan volumenya yang luar biasa besar, maka air laut merupakan suatu cadangan air tawar yang tidak terhingga besarnya kalau diperlukan.
Itulah beberapa manfaat dari laut bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!