Mengenal Gunung Es
Gunung es (iceberg) adalah suatu bongkahan besar es air tawar yang telah terpecah dari gletser dan mengambang di perairan terbuka.
Iceberg atau gunung es adalah potongan es yang terbentuk di darat dan mengapung di laut atau danau. Gunung es memiliki berbagai bentuk dan ukuran, dari bongkahan seukuran truk hingga pulau es seukuran negara kecil. Tidak heran, Titanic pun bisa mengalami kebocoran dan karam saat menabrak gunung es. Tetapi, istilah iceberg secara khusus untuk menyebut gunung es mengacu pada bongkahan es yang lebih besar dari 5 meter (16 kaki). Menurut National Snow and Ice Data Center Amerika Serikat, Atlantik Utara dan perairan dingin di sekitar Antartika adalah rumah bagi sebagian besar iceberg di Bumi.
Iceberg merupakan gletser yang patah dan masuk ke dalam perairan. Gletser merupakan bekuan dari salju. Salju ini menumpuk dan memadat selama ribuan tahun sehingga membentuk gunung es yang tinggi. Sebanyak 90 persen iceberg berasal dari Greenland bagian barat. Sedangkan sisanya berasal dari Kanada bagian Arktik. Ketika memasuki laut lepas, iceberg akan mengapung dan perlahan akan pecah menjadi bongkahan yang lebih kecil. Saat memasuki perairan yang lebih hangat, seperti Davis Strait dan Laut Labrador, maka iceberg akan mencair sepenuhnya. Oleh karena itu, iceberg jarang mengapung lebih dari satu tahun.
Gunung es terbesar yang tercatat adalah tabel gunung es Antartika dari lebih dari 31.000 kilometer persegi (12.000 mil persegi) [335 97 kilometer (208 mil dengan 60)] terlihat 150 mil (240 km) sebelah barat dari Pulau Scott, di Samudra Pasifik Selatan, oleh USS Glacier pada tanggal 12 November 1956. Gunung es ini lebih besar dari Belgia. Ketika sepotong es gunung es mencair, itu membuat suara mendesis yang disebut "Bergie Seltzer ". Bunyi ini dibuat ketika antarmuka air-es mencapai kompresi gelembung udara terperangkap di dalam es. Karena ini terjadi, masing-masing semburan gelembung, membuat suara muncul. Gelembung berisi udara terperangkap dalam lapisan salju sangat awal dalam sejarah es, yang akhirnya mendapat terkubur dengan kedalaman tertentu (hingga beberapa kilometer) dan bertekanan karena berubah menjadi Firn kemudian menjadi es glasial. Lapisan es, 260 km (100), patah dari Petermann Glacier di bagian utara Greenland pada 5 Agustus 2010, dianggap sebagai gunung es Arktik terbesar sejak tahun 1962.Sekitar sebulan kemudian, gunung es ini dibagi menjadi dua bagian setelah menabrak pulau Joe di Selat Nares sebelah Greenland. Pada bulan Juni 2011, fragmen besar Petermann Ice Kepulauan diamati di lepas pantai Labrador.
Iceberg sangat berbahaya bagi perahu yang berlayar di sekitar kutub utara dan kutub selatan. Penyebabnya adalah iceberg tidak ada di peta. Bongkahan es ini hanya mengapung di laut dan bisa muncul di mana saja. Selain itu, iceberg selalu jauh lebih besar dari apa yang terlihat di permukaan. Sebanyak 90 persen besar iceberg terendam di bawah air laut. Jika iceberg terbesar yang telah dibahas di atas memiliki ukuran sebesar itu di atas permukaan laut, apakah kamu bisa membayangkan ukuran aslinya yang terendam di bawah air laut? Salah satu peristiwa kapal yang menabrak iceberg yang terkenal dalam sejarah adalah Titanic, yang telah didokumentasikan di dalam sebuah film. Titanic adalah kapal pesiar yang berlayar ke Samudera Atlantik bagian utara pada 15 April 1912. Kapal ini bersinggungan di bagian samping sehingga menyebabkan kapal berlubang dan karam dalam waktu tiga jam. Hal ini memicu beberapa negara bekerja sama agar peristiwa yang sama tidak berulang. Mereka mendirikan International Ice Patrol.
Demikian informasi mengenai gunung es. Semoga bermanfaat!