Taman Bunga Tulip
Taman bunga memiliki daya tarik tersendiri layaknya magnet yang dapat menarik minat banyak orang untuk mengunjunginya.
Bunga Tulip berasal dari daratan Asia Tengah, tepatnya negara Kazakhstan. Awalnya tanaman bunga dengan beragam warna ini tumbuh liar di areal pegunungan Pamir, pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Namun kini beberapa negara telah mengklaim dirinya sebagai negeri tulip dengan taman bunga tulip yang megah di antaranya adalah Belanda, bahkan disebut sebagai bunga nasional Iran dan Turki.Warna-warni bunga tulip yang menghampar dipercaya dapat membuat hati menjadi tenang dan tenteram. Apalagi ketika anda tengah stres karena rutinitas yang padat, berkunjung ke kebun bunga dan menikmati indahnya warna-warni bunga tulip dapat menyegarkan pikiran yang penat. Sayangnya tulip mekar tidak begitu lama, bahkan beberapa spesies hanya mekar antara 3-7 hari di musim semi.
Berikut ini taman bunga tulip yang ada di dunia:
1. Dam Square, Belanda
Taman bunga Tulip di Belanda tak hanya di Keukenhof saja melainkan juga ada di Dam Square, Amsterdam. Biasanya winter membuat seluruh Eropa penuh dengan salju. Namun berbeda dengan Dam Square dimana pada bulan Januari, pemandangan Dam Square justru terlihat cantik karena bunga Tulip yang bermekaran.
2. Emirgan Park
Taman ini merupakan taman terbesar yang terletak di Istanbul. Karenanya, taman ini juga merupakan salah satu tempat paling populer untuk menyaksikan hamparan bunga tulip. Di sini, bunga tulip warna-warni tumbuh dengan subur dan tersusun rapi.
Emirgan Park adalah tempat paling tepat untuk berburu foto. Di sini, kamu dapat menjadikan hamparan tulip sebagai latar berfoto yang cantik. Foto yang kamu ambil di taman ini tidak akan gagal karena hamparan tulip yang sangat luas tumbuh di sepanjang taman ini.
3. Kiso Sansen Tulip Festival, Kaizu – Jepang
Selanjutnya juga masih ada di Jepang yaitu di Kiso Sansen Tulip Festival. Taman bunga ini merupakan taman kota yang berada di Kota Kaizu dan menjadi taman kota yang terbesar di Jepang. Disini anda akan disuguhi hamparan rumput dan hamparan bunga Tulip yang ditata secara apik. Terdapat lebih dari 200 ribu bunga Tulip yang ada di taman ini. Yang khas dari taman ini adalah dimana bunga Tulip ditata layaknya air yang mengalir. Terdapat juga terdapat berbagai fasilitas lain sehingga anda bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk berwisata bersama keluarga.
4. Commissioners Park, Veneu Canadian Tulip Festival, Kanada
Commissioners Park adalah tempat penyelenggaraan Canadian Tulip Festival ini. Terletak di Kota Ottawa, para pengunjung akan disuguhkan lebih dari 250.000 tanaman dari 60 varietas bunga tulip. Deretan unik dari bunga tersebut akan menghampar di lahan sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Taman ini terletak di sepanjang bagian Dows Lake yang indah di Terusan Rideau, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang melintasi pusat kota Ottawa.
5. Yildiz Park
Jika kamu datang ke Yildiz Park pada saat festival tulip tahunan, kamu akan melihat barisan bunga tulip yang tumbuh dengan rapi. Walau hamparan tulip di sini tidak seluas di Emirgan Park dan Gulhane Park, kamu tetap dapat menikmati indahnya tulip di sini.
6. Shanghai Flower Port, China
Lokasi taman bunga ini terbilang cukup jauh perkotaan, namun anda tak perlu khawatir karena di sekitar taman bunga ini terdapat penginapan dengan tarif yang terjangkau. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada bulan Maret – April karena dibulan inilah tempat ini akan dipenuhi dengan bunga bermekaran. Sehingga dalam sekejap akan berubah layaknya taman bunga Tulip yang ada di Belanda.
7. Agassiz Tulip Festival, Kanada
Sebenarnya Aggassiz Tulip Festival merupakan taman bunga Tulip pada umumnya. Taman seluas 40 hektar ini ditanami dengan 30 jenis bunga Tulip. Namun yang membuat taman bunga ini spesial adalah pemandangan yang ada disekitarnya. Terdapat area yang tertutup salju ditambah dengan hamparan bunga Tulip yang semakin mempercantik pemandangan alam yang ada.
8. Skagit Valley Tulip Festival, Washington – AS
Festival ini dikatakan sebagai festival yang paling besar yang ada di Washington karena selalu berhasil menarik jutaan orang untuk datang. Biasanya festival Tulip ini digelar setiap musim semi yaitu pada bulan April. Skagit Valley Tulip Festival memang berada diadakan setiap bulan April. Namun bukan berarti hanya bisa dikunjungi saat musim semi saja karena taman bunga ini menawarkan keindahan yang ada sepanjang tahun. Tempat ini menawarkan suasana pedesaan yang kental sehingga bagi yang menginginkan suasana tenang, maka tempat ini.bisa menjadi pilihannya. Di lahan seluas 350 hektar ini ditumbuhi ratusan bunga tulip yang tertata sangat rapi sehingga ketika musim semi tiba, hamparan bunga Tulip akan memanjakan pandangan mata anda.
Nah itulah taman bunga tulip terindah yang ada di beberapa negara. Semoga bermanfaat!