Fakta Menarik Singa
Bicara soal hewan predator yang paling populer di bumi, ada jajaran paus orca, hiu putih, harimau, dan tentu saja singa. Singa merupakan keluarga kucing. Singa adalah raja hutan yang mana menjadi predator darat mengerikan bagi siapa saja.
Raja Hutan aslinya adalah gelar bagi singa karena memiliki kekuatan yang mendominasi serta ditakuti hewan-hewan lain.
Selain fakta di atas, singa masih menyimpan banyak sekali hal unik yang harus kita ketahui. Berikut ini adalah rangkuman fakta menarik mengenai singa si raja hutan.
1.Singa Punya Kelebihan Yang Mengerikan
Sebagai predator yang ditakuti mangsa, singa memiliki banyak sekali kelebihan secara fisik yang membuatnya dapat berburu dengan sangat baik. Pertama, singa memiliki pendengaran yang sangat luar biasa, mereka memiliki telinga yang dapat berputar dan menyesuaikan arah suara.
Kedua, singa memiliki mata yang dapat menyerap lebih banyak cahaya dari mata kita. Ini membuatnya dapat melihat mangsa dengan lebih baik dari kejauhan atau tempat yang gelap sekalipun. Kelebihan pendengaran dan penglihatan yang digabungkan membuat singa dapat mendeteksi mangsa sejauh 1,6 km.
Selain itu, singa memiliki kecepatan berlari hingga 80 km/jam, kecepatan tertinggi ini biasanya dipakai ketika melancarkan perburuan jarak dekat. Jadi singa biasanya menguntit mangsanya terlebih dahulu dan mendekatinya secara diam-diam. Setelah jarak cukup dekat, singa akan memakai kecepatan max untuk menyerang mangsa.
2.Singa adalah hewan pemalas
Gagah, perkasa, dan punya kekuatan besar yang ditakuti hewan lain membuat kita berpikir bahwa singa adalah hewan yang aktif. Padahal faktanya singa benar-benar hewan pemalas, mereka menghabiskan lebih banyak waktu seharian untuk tidur.
Singa jantan memiliki waktu tidur yang lebih panjang dari betina, yaitu antara 18 sampai 20 jam. Sedangkan singa betina diketahui punya jam tidur sekitar 15 sampai 18 jam dalam satu hari.
3.Perenang yang handal
Mungkin kamu terkejut mengetahui bahwa singa sangat handal dalam berenang, tapi sebenarnya itu tidak aneh karena semua hewan mamalia memang bisa berenang.
Laman Animal Planet menyebut bahwa kadang singa memang harus berenang, misalnya singa yang hidup di sekitar Delta Okavango di Botwsana. Kawasan tersebut sering kali tergenang air yang cukup dalam.
4.Singa betina kadang menangkap hewan kecil hidup-hidup supaya anaknya bisa belajar berburu
Cara singa betina mengajar anaknya berburu ternyata cukup unik. Singa betina akan menangkap hewan kecil hidup-hidup, misalnya seekor impala, lalu membiarkan anak-anaknya belajar cara menangkap dan menggigit mangsa dengan benar.
Jika hewan tersebut berusaha kabur, si singa betina akan menahannya dan menjaganya tetap berada dalam jangkauan anaknya. Pada akhirnya, anak-anak singa akan belajar cara berburu dengan benar dan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup mereka di kemudian hari.
5.Lebih dari setengah makanan singa yaitu bangkai
Singa memang terkenal sebagai hewan buas yang jago berburu. Namun ternyata lebih dari setengah makanan singa justru bukan daging segar buruannya sendiri, tapi bangkai, entah bangkai hasil buruan hiena, sesama singa, atau predator lain yang hidup di Afrika.
Itulah beberapa ulasan fakta menarik tentnag hewan buas satu ini , semoga dapat membantu kamu yang inin mengetahui lebih dalam tentang hewan ini.