Tips Memilih Kursi Kerja
Kursi kantor merupakan salah satu instrumen penting di ruangan kantor dan merupakan salah satu titik dimana kamu menghabiskan waktu paling lama ketika bekerja. Faktor kenyamanan di ruang kerja menjadi sangat penting karena dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif.
Pemilihan kursi pada kantormenjadi salah satu faktor penting dalam mendesain sebuah ruang kantor. Oleh karena itu, kamu harus bisa memilih kursi kantor yang paling baik agar nyaman selama berada di kantor. Pemilihan kursi kantor tidak bisa sembarangan, kursi kantor yang baik bisa mencegah nyeri punggung.
Satu studi mengatakan kalau sekitar 17.5% produktivitas karyawan meningkat saat mereka memakai kursi kantor yang ergonomis. Bukan sekedar itu saja, karyawan yang menggunakan kursi kantor ergonomis juga mengalami penurunan masalah otot serta tulang.
Nah, buat kamu yang masih kebingungan alam memilih kursi kantor yang baik, berikut akan kita ulas tips memilih kursi kantor yang tepat untuk tubuh yang sehat.
1.Pilih kursi dengan sandaran punggung yang mengikuti lekuk tubuh
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pilih kursi kerja dengan sandaran punggung yang memiliki daya pegas sehingga dapat mengikuti lekuk tubuh Anda. Kursi ini dapat membantu menopang tubuh dan membuat Anda merasa lebih nyaman ketika bersandar di kursi.
Selain itu, dengan kursi kerja seperti ini, Anda tidak akan mudah merasa lelah dan juga bisa meminimalisasi risiko sakit punggung.
2.Gunakan kursi dengan sandaran kepala
Mungkin banyak kursi kerja yang tidak memiliki sandaran kepala, tetapi Anda harus mempertimbangkan hal ini demi kesehatan leher Anda. Duduk seharian saat bekerja dapat membuat otot-otot leher terasa tegang sehingga membutuhkan istirahat.
Dengan kursi kerja seperti ini, Anda dapat menyandarkan kepala dan leher Anda untuk mengistirahatkannya.
3.Pilih yang memiliki sandaran lengan
Saat bekerja, Anda juga pasti akan banyak menggunakan tangan untuk beraktivitas. Tentu, ini akan membuat lengan Anda mudah lelah. Dengan kursi kerja yang punya sandaran lengan, Anda dapat mengistirahatkan tangan yang pegal atau kelelahan.
4.Lebar dan kedalaman kursi
Kursi harus memiliki lebar dan kedalaman yang cukup untuk menopang berat badan serta pergerakkan penggunanya dengan nyaman. Umumnya, lebar kursi haruslah berkisar 43-50 sentimeter. Sedangkan kedalaman kursi (dari depan ke belakang) juga harus seimbang sehingga kamu dapat duduk dengan menyandarkan punggung ke sandaran kursi kerja secara nyaman.
5.Material kursi
Material kursi kerja juga penting dipertimbangkan. Pilih material yang memiliki bantalan pada bagian kursi dan punggungnya sehingga nyaman diduduki dalam waktu lama. Selain itu, lapisan kainnya juga harus yang empuk serta menyerap keringat.
6.Pilih Kursi Kantor yang Memiliki Roda
Kursi kantor yang memiliki roda lebih fleksibel dan memudahkan dalam mobilitas. Jadi, kamu dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain di ruangan yang sama tanpa harus bangun dari kursi.
Nah, itu dia sejumlah tips memilih kursi kantor yang ideal agar memudahkan kamu dalam mencari kursi kantor yang ergonomis dan berkualitas.Semoga bermanfaat!