Memilih Sofa yang Nyaman
Jika sekarang saatnya untuk membeli sofa baru, ada beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan untuk membeli sofa yang tepat.
Hal pertama yang perlu diingat adalah desain, yang harus sesuai dengan dekorasi ruang tamu Anda. Itu juga harus sesuai dengan keinginan Anda dan tentu saja, kenyamanan. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan kualitas sofa. Ini akan berpengaruh pada tergantung pada ketahanan dan kekuatan sofa.
Sofa jadi salah satu elemen penting pada sebuah ruang tamu. Tak hanya berfungsi untuk menjamu para tamu yang datang, sofa juga akan mempercantik tampilan ruang tamu Anda. Itu sebabnya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih sofa. Nah, mengingat usia pemakaian yang cukup lama dan harganya yang tak murah, Anda tentu perlu jeli dalam memilih sofa terbaik, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk perbaikan sofa atau membeli sofa baru setiap tahun.
Ada beberapa tips memilih sofa yang perlu Anda ketahui. Agar bisa mendapatkan sofa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ulasannya.
Ruang Penempatan
Tips memilih sofa yang pertama sebelum membeli, Anda harus tentukan dulu di ruang mana sofa tersebut akan diletakkan. Apakah untuk ruang tamu, ruang keluarga atau ruang kerja. Beda tempat, tentu beda bentuk yang bisa Anda pilih. Misalkan saja untuk ruang tamu, tentunya sofa yang manis dan elegan dipilih sebagai pemanis ruangan dan bisa menampung cukup banyak orang. Sehingga sofa sejajar, sofa yang ditata setengah lingkaran, atau sofa berbentuk menyudut lebih cocok untuk ruang tamu.
Untuk ruang keluarga tentunya Anda harus memilihkan sofa yang kokoh dan nyaman karena sebagian besar aktivitas keluarga dilakukan disini. Jangan lupa pilih bantalan untuk sofa ruang keluarga. Sedangkan untuk ruang kerja yang harus berbagi dengan meja kerja, pilihlah sofa yang lebih kecil untuk dua orang saja.
Pemilihan Material yang Baik
Pemilihan material yang baik jadi tips memilih sofa berikutnya yang perlu Anda tahu. Sofa biasanya terbuat dari berbagai material, mulai dari fabric, nilon, atau kulit imitasi. Sofa yang terbuat dari material kulit umumnya punya kualitas yang baik dan banderol harga yang cukup tinggi.
Namun, jika Anda ingin membeli sofa terbaik dengan bujet yang terbatas, sofa yang menggunakan material fabric bisa jadi pilihan yang tepat. Tak hanya lebih murah dibanding kulit, sofa yang terbuat dari fabric juga lebih nyaman saat digunakan karena lebih sejuk.
Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu memperhatikan isi dari sofa yang hendak Anda beli. Pastikan Anda memilih isi sofa atau busa yang tidak mudah kempis sehingga awet digunakan untuk jangka waktu yang lama.
Ukuran Sofa
Tips memilih sofa yang berikutnya yaitu menyesuaikan besar sofa, meja, dan kursi pendampingnya dengan ukuran ruang tamu.
Jika ruang tamu Anda sempit, maka pilihlah sofa yang tidak terlalu besar. Jangan sampai area ruang tamu menjadi sempit dan menyulitkan orang-orang untuk berlalu lalang.
Jenis Kerangka
Ini adalah kunci sofa awet dan tahan lama. Konstruksi kerangka sofa pada umumnya memakai kayu asli yang telah dikeringkan agar tidak lembab. Ada pula yang terbuat dari plywood, yaitu papan berlembar-lembar yang dissusun hampir menyerupai kayu asli. Memang playwood tidak sekuat kayu jati. Oleh sebab itu harga sofa dengan konstruksi kerangka plywood harganya jauh lebih murah.
Ada pula sofa dengan konstruksi besi. Meskipun kuat, namun konstruksi kerangka besi untuk sofa memiliki kelemahan. Besi tidak bisa dibentuk dengan mudah seperti kayu yang mudah dipahat. Hasilnya sofa dengan konstruksi kayu tidak banyak variasi dan modelnya.
Periksa Ketinggian Sofa
Tips memilih sofa yang berikutnya adalah memeriksa ketinggian dan kedalaman sofa yang Anda incar. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencobanya dan mendudukinya langsung. Pastikan bahwa telapak kaki Anda bisa menyentuh lantai dan tidak menggantung saat duduk di sofa incaran.
Selain itu, kedalaman sofa juga harus bisa menampung seluruh badan Anda. Pastikan bahwa sofa ini cocok dengan tubuh Anda, ya.
Jadikan sofa sebagai focal point
Jika Anda memiliki sofa yang bisa menjadi fokus di ruangan Anda, maka pilihlah yang mengikuti tren. Pilih sofa yang memperindah tampilan rumah dengan detail yang menarik, dan warna yang lembut.
Namun, jangan lupakan keutamaannya yakni kenyamanan. Sesuaikan juga dengan ruangan dan bujet yang Anda miliki.