Cara Merawat Wajah Pria
Jangan beranggapan kalau cuma perempuan yang butuh skincare. Skincare pria juga tak kalah penting, pasalnya perawatan kulit tidak mengenal jenis kelamin. Kulit pria dan wanita sama-sama harus dirawat agar tak rusak dan kehilangan fungsinya untuk melindungi organ di bawah kulit.
Buat pria dan wanita, perawatan kulit itu sama penting dan manfaatnya, yang membedakan hanyalah tahapan perawatan dan juga jenis perawatannya.
Baik perempuan maupun pria, sama-sama tetap harus menjaga kesehatan tubuh dan merawat tubuh dengan baik. Jangan pernah beranggapan bahwa pakai skincare seolah-olah kita sedang berdandan.
Tujuan utama pakai skincare adalah untuk melindungi kulitmu dari bahaya paparan sinar UV. Skin care juga bertujuan untuk mencegah timbulnya masalah kulit seperti berjerawat, kulit kering, komedo dan lainnya. Jadi jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan kulit.
Kita akan mengulas beberapa cara dan apa saja yang dibutuhkan untuk merawat wajahnya.
Cara Merawat Kulit Laki-Laki
1. Menggunakan tabir surya. Produk ini bermanfaat sebagai pelindung dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit, menibulkan garis halus, kerut, hingga bintik gelap.
2. Gunakan pelembap (moisturizer). Tujuannya untuk mencegah kulit pecah-pecah, kering, gatal, atau kusam. Sebaiknya, kalian memilih pelembap yang ringan dan bisa melindungi kulit dalam waktu yang lama.
3. Bersihkan wajah setiap hari. Kalian harus rajin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Dengan begitu keringat dan kotoran yang menempel di wajah kalian tak akan menutupi pori-pori kulit.
4. Gunakan scrub dan krim mata. Cobalah untuk menggunakan produk scrub seminggu sekali agar sel kulit mati dan infeksi yang muncul bisa terangkat. Sedangkan krim mata bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, garis, dan kerutan di sekitar mata.
Perlengkapan Skincare Untuk Pria
1. Sabun Wajah Pria
Kebanyakan pria memiliki gaya hidup yang cukup aktif dan juga sering berkeringat dibandingkan wanita, sehingga wajah kita rentan dengan jerawat.
Oleh karena itu, sabun cuci muka untuk pria biasanya selalu memiliki varian untuk kulit muka lembab dan berminyak.
Sabun muka yang bagus untuk pria adalah yang dapat mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada wajah dengan baik.
Jika kulit Anda tipe yang mudah berminyak, pilihlah sabun muka yang mengandung scrub supaya kotoran yang menyelip di pori-pori kulit bisa terangkat dengan baik.
Biasakan mencuci muka dengan sabun ini setidaknya sehari dua kali , terutama malam hari.
2.Krim Malam dan Krim Pemutih Wajah Pria
Krim pemutih dan krim malam gak hanya digunakan untuk wanita saja.
Krim kulit ini punya fungsi untuk memberikan vitamin ekstra yang berguna untuk kulit tubuh Anda, terutama kulit wajah.
Krim ini biasanya digunakan saat malam hari menjelang tidur karena kulit Anda lebih mudah menyerap kandungan tersebut dalam keadaan lelap.
Beberapa body lotion juga ada yang didesain khusus untuk digunakan malam hari.
Bagi kamu yang tipe kulitnya kering dan gampang kusam, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan krim dan body lotion tipe ini.
3.Masker Wajah untuk Pria
Sama seperti krim, masker wajah tidak hanya untuk wanita.
Kalau krim umumnya digunakan untuk kondisi kulit yang kering dan kusam, maka masker wajah pria biasanya digunakan untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah.
Selain itu, varian masker lain juga ada untuk yang meregenarasi kulit mati dan memberikan kesegaran pada wajah.
Pilihlah masker wajah yang sesuai dengan kondisi kulit.
Masker wajah biasanya juga digunakan pada malam hari. Mau digunakan sambil tidur juga tidak masalah , tetapi tidurnya jangan bergerak kesana kemari yang nanti akan merusak masker wajah Anda.
4.Face Toner
Bagi Anda yang mudah berkeringat atau sering terpapar polusi di jalan, face toner ini menjadi salah satu skincare yang sebaiknya Anda gunakan secara rutin.
Face toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulit wajah tetap lembab.
Kotoran pada wajah juga dapat terangkat saat memakai face toner, namun tetap saja Anda perlu membersihkannya dengan memakai sabun cuci muka yang tepat.
Face toner sangat mudah untuk digunakan.
Cukup tuang saja sedikit toner ke sehelai kapas, kemudian tepuk-tepuk pelan kapas tersebut pada kulit wajah . Jika kapas tersebut kotor, maka artinya banyak kotoran yang menempel pada wajah.
5.Moisturizer
Disebut juga pelembab wajah untuk pria.
Fungsinya cukup jelas ya. Jika kulit Anda tipe yang kering, maka sangat disarankan untuk menggunakan moisturizer agar kelembaban kulit selalu terjaga dengan baik.
Moisturizer juga dapat mengontrol kadar minyak berlebih, sehingga pemilik kulit lembab juga masih dapat menggunakan moisturizer.
Hanya saja, penggunaannya cukup sedikit saja dibandingkan dengan yang memiliki kulit kering.
Moisturizer ini salah satu skincare kunci untuk membuat kulit Anda terasa halus.
Itulah beberapa cara merawat dan skincare apa saja yang dibutuhkan untuk merawat wajah Anda sebagai pria.