Manfaat Dari Bunga
Bunga termasuk salah satu bagian tumbuhan yang terlihat dari luar. Bagi tumbuhan, bunga berfungsi sebagai tempat perkembangbiakan.
Bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Pada beberapa spesies, bunga majemuk dapat dianggap awam sebagai bunga (tunggal), misalnya pada Anthurium dan bunga matahari. Satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret. Secara botani, bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.
Bunga biasanya berwarna elok dan memiliki bau yang harum. Bunga merupakan hasil dari modifikasi organ pokok daun. Bunga hanya muncul pada fase-fase tertentu yaitu pada fase dimana tumbuhan akan memulai perkembangbiakan. Tidak semua bunga bisa dimakan, namun beberapa di antaranya dapat dipadukan dengan hidangan tertentu untuk menambah aroma dan rasa. Tidak hanya menambah cita rasa, bunga yang bisa dimakan juga menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan.
Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari bunga:
1. Bumbu Masak
Selain dikonsumsi untuk kesehatan, ada beberapa jenis bunga yang bisa digunakan sebagai bumbu masak dan penambah rasa. Misalnya, kecombrang, bunga telang, cengkih, bunga lawang, dan bunga bawang.
Kecombrang dapat diolah menjadi sambal, atau dicampurkan dengan nasi menjadi nasi goreng kecombrang. Sementara itu, cengkih banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa. Bentuknya yang utuh atau bubuk dapat memberikan aroma yang kuat sekaligus hangat.
2. Untuk kesehatan
Bunga tidak hanya sebagai hiasan saja, tapi bunga juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Di mana bunga diolah sebagai obat untuk beberapa penyakit, seperti batuk, diare, pusing atau luka. Itu banyak yang dimanfaatkan oleh masyarakat dan menjadi trend. Beberapa bunga yang biasa dimanfaatkan untuk kesehatan adalah lavender, mawar, bunga melati, atau bunga telang.
3. Aromaterapi dan Pengharum
Tidak hanya warna yang menjadi manfaat dari bunga. Bunga juga menghasilkan beragam aroma yang sangat khas tergantung jenisnya. Aroma bunga melati akan sangat berbeda dengan aroma bunga mawar.
Mengutip buku Minyak Atsiri Bunga Indonesia oleh Tatang S. Julianto, bau bunga memberikan perasaan santai dan rileks sehingga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Beberapa lainnya dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.
Tak sampai di situ, aroma bunga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum, seperti parfum, sabun, shampoo, dan pengharum ruangan.
4. Tanaman Hias
Seperti yang disebutkan sebelumnya, bunga identik dengan keindahannya. Bentuk dan warnanya yang beragam memberikan nilai lebih bagi bunga. Keindahannya itu membuat bunga menjadi pilihan untuk dijadikan hiasan.
Cukup meletakkannya di dalam vas, bunga bisa membuat suatu ruangan tampak lebih indah. Bunga juga dapat dirangkai sedemikian rupa dan dipakai sebagai dekorasi acara tertentu seperti pernikahan, atau diberikan sebagai hadiah untuk orang terkasih.
Nah itulah manfaat yang diperoleh dari bunga. Semoga bermanfaat!