Arti Posisi Tidur Kucing
Seperti manusia, kucing punya posisi nyaman favorit saat tidur. Jika Anda perhatikan, kucing juga suka mengganti posisi tidurnya.
Para pecinta kucing pasti tahu bahwa kucing memiliki pesona yang manis dan juga sering menunjukkan perilaku yang membingungkan, namun menarik karena tingkah lucunya merupakan ungkapan kasih sayang mereka. Namun, masih banyak yang kita tidak ketahui tentang kucing peliharaannya. Nyatanya, bahasa tubuh atau perilaku mereka bisa mengungkapkan banyak hal tentang perasaan mereka. Sekitar 70 persen dari hidup kucing dihabiskan untuk tidur. Dilansir Sleep, waktu tidur "si pus" rata-rata bisa mencapai 15 jam, sedangkan waktu untuk istirahat secara keseluruhan bisa mencapai 20 jam sehari. Inilah yang terkadang membuat manusia iri. Yuk, kenali posisi tidur kucing dan artinya berikut ini!
1. Terlentang
Kucing suka berbaring di lantai lalu merentangkan cakarnya ke atas hingga perutnya terbuka lebar. Ternyata, kucing yang tidur terlentang adalah tanda bahwa mereka memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemiliknya. Ini adalah posisi yang cukup rentan untuk kucing, sehingga mereka hanya akan menggunakan posisi ini ketika merasa aman dengan lingkungan sekitarnya.
2. Tidur meringkuk
Meringkuk adalah salah satu posisi favorit kucing untuk tidur ataupun bersantai. Tubuhnya telungkup, kepala didekatkan ke dada, dan ekornya menekuk hingga melingkari badan. Sering kali, kucing meringkuk di saat hujan atau cuaca sedang dingin. Posisi tersebut memungkinkan mereka untuk menghangatkan tubuh dan melindungi organ dalamnya yang rapuh. Saat mereka dalam posisi ini, sebaiknya kamu tidak mengganggunya, ya. Sebab meringkuk adalah cara kucing untuk memberi "kode" agar mereka dibiarkan sendiri dan tak diganggu.
3. Dalam Kotak
Sama seperti anak-anak Anda menyukai kotak kardus yang bagus untuk dimainkan, kucing Anda juga suka tidur di dalamnya. Mereka menawarkan perlindungan kucing Anda dari elemen dan dari musuh. Ini adalah tempat tidur lain yang mengingatkan kembali pada leluhur liar mereka.
4. Menyamping
Posisi tidur kucing menyamping memiliki banyak kesamaan dengan posisi terlentang. Posisi ini biasanya dipilih oleh kucing saat tidur siang yang nyenyak. Ini bagus, karena artinya kucing merasa nyaman berada di sekitarnya dan bersama Anda.
5. Posisi seperti roti
Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan posisi tidur seperti roti? Ini adalah saat di mana kucing tidak tidur sepenuhnya. Mereka akan menekuk kaki depannya ke bawah tubuhnya namun tetap tegak dengan mata terpejam. Apa arti dari posisi tersebut? Ini adalah cara kucing untuk rileks dan menyimpan energi. Walaupun begitu, indranya tetap siaga. Jadi ketika ada ancaman mendekat atau suaramu membuka kaleng tuna, mereka akan langsung bertindak.
6. Tidur dengan mata masih menghadap ke arahmu
Pernahkah kamu melihat kucingmu perlahan tertidur namun dengan mata yang masih menghadap ke arahmu? Walaupun tampak mengantuk, mereka tidak tidur. Apalagi jika mereka tidak benar-benar menutup matanya. Dilansir Cole and Marmalade, ini adalah cara mereka untuk menghabiskan waktu namun tetap terjaga dan mengamati sekitarnya. Jika sudah berada di posisi ini, kucing bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam lamanya.
7. Posisi Perut Naik
Daerah perut adalah salah satu bagian tubuh yang paling rentan dan terlindungi dari kucing mana pun. Jadi, jika kucingmu tidur di sofa dengan perut di atas dan kaki mereka menyebar ke arah yang berbeda. Itu berarti bahwa kamu akhirnya mendapatkan kepercayaan mereka. Posisi tidur ini adalah yang paling umum di antara kucing dalam ruangan, karena kucing yang nongkrong di luar jarang memiliki perasaan kepercayaan yang kuat pada lingkungannya.
8. Posisi Menyembunyikan Wajah
Terkadang kucing tidak suka diganggu dan posisi ini adalah pertanda jelas bahwa kamu sebaiknya tidak menyentuh mereka. Jika hewan peliharaanmu mencoba menutupi kepalanya dengan pakaian atau benda lain dan terlihat sangat kesal ketika kamu menyentuhnya, berarti kucingmu mungkin menginginkan kedamaian dan ketenangan.
Nah itulah arti posisi tidur kucing yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!