Jalan Raya Terpanjang
Untuk menuju wilayah satu dan lainnya dengan kendaraan pribadi, Anda pasti akan melewati jalan raya.
Jalan raya menjadi infrastruktur yang sangat penting untuk mempermudah mobilisasi sehingga dapat menunjang aktivitas ekonomi dan bisnis di suatu daerah. Jalan raya tidak hanya menghubungkan dua tempat yang berjauhan, tetapi juga memangkas biaya transportasi. Beberapa negara di dunia telah memahami pentingnya keberadaan akses transportasi dengan jalan raya. Bahkan ada yang membangun jalur jalan raya dengan sangat panjang, yakni hingga lebih dari 30.000 km.
Berikut jalan raya terpanjang:
1. National Highway G010, Tiongkok
Jalan raya ini membentang dari Tongjiang di Provinsi Heilongjiang menuju Sanya di Hainan, Tiongkok. Panjangnya sekitar 5.700 kilometer. Sebagai perbandingan, jarak antara Jakarta sampai Bali adalah sekitar 1.100 km. Jadi jaraknya sekitar 5 kali lebih panjang dari Jakarta-Bali. Hingga saat ini, jalur ini menjadi salah satu jalan terpanjang di Tiongkok. Pembangunan jalan raya ini dianggap bisa mempercepat pembangunan infrastruktur di Negara Tirai Bambu itu.
2. Trans-Canada Highway
Trans-Canada Highway merupakan jalan raya utama di Kanada. Jalan ini memanjang dari barat menuju timur antara Pasifik dan pantai Atlantik 7,8 km, antara Victoria (Pulau Vancouver, British Columbia) dan St John’s (Newfoundland, Newfoundland and Labrador).
3. Pan American Highway
Pan-American Highway menghubungkan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Dilansir dari Britannica, awalnya pada 1923 jalan ini merupakan rute tunggal dengan panjang sekitar 5.390 kilometer dari Nuevo Laredo, Meksiko menuju Panama City. Jalan yang melewati Meksiko ini dibangun sepenuhnya oleh Meksiko. Sementara bagian negara lain di Amerika Tengah, pembangunan jalan mendapatkan bantuan dana dari Amerika Serikat.
Kemudian, Pan-American Highway berkembang menjadi jalan raya yang menghubungkan negara dan dua kawasan di benua Amerika. Banyak negara yang berpartisipasi dalam pembangunan jalan ini untuk memperlancar transportasi darat. Akhirnya, jalan ini membentang dari Alaska, Kanada menuju Chile, Argentina dan Brazil. Total panjang dari jalan ini sejauh 48.000 kilometer atau sekitar 41 kali lebih panjang dari Jakarta-Bali.
4. Highway 1 Australia
Highway 1 di Australia merupakan akses jalan yang melewati semua ibu kota negara bagian di negara itu. Dilansir dari WordAtlas, panjang dari Highway Australia ini adalah 14.484 km (sekitar 13 kali) dari Jakarta Bali. Melalui jalur inilah, sejumlah akses transportasi di benua itu dimanfaatkan sebagian besar warga Australia. Menurut The Sydney Morning Herald, pembangunan berawal pada 1955 dengan persetujuan awal dari berbagai wilayah bagian di Australia. Berbagai wilayah menggelontorkan dana untuk membangun jalan ini. Pemerintah federal Queensland bahkan mengeluarkan 75 juta dollar Australia untuk membangun jalur ini.
5. Ruta 40
Ruta 40 dimulai dari Cabo Vírgenes di selatan Argentina, kemudian menuju ke dataran Pantagonia yang terpencil, terus ke arah utara menuju Pegunungan Ades dan naik ke dataran tinggi Abra del Acay, sebelum akhirnya berhenti di La Quiaca.
6. Golden Quadrilateral National Highway
Golden Quadrilateral National Highway membentang dari Tongjiang di Provinsi Heilongjiang menuju Sanya di Hainan, Tiongkok dan merupakan salah satu jalan terpanjang di Tiongkok. Pembangunan jalan raya ini dipandang sebagai kunci mempercepat pembangunan infrastruktur Tiongkok.
Itulah jalan raya terpanjang yang ada di dunia. Semoga bermanfaat!